Tips dan Trik

VOOC Flash Charge – Fitur Fast Charging Anti Mainstream dari Oppo

Oppo VOOC Flash Charge Featured

Gadgetren – Semakin kesini, semakin banyak perangkat yang menawarkan fitur Fast Charging untuk menunjang mobilitasnya. Berbeda dengan fitur Fast Charging lainnya, Oppo mengenalkan VOOC Flash Charge.

VOOC (Voltage Open Loop Multi-step Constant-Current Charging) adalah teknologi pengisian daya yang sangat cepat yang diklaim dapat mengisi baterai dari kosong hingga 75% kapasitasnya dalam waktu kurang dari 30 menit. Jika dibandingkan dengan pengisian daya normal, teknologi yang disebut teknologi Flash Charge ini dapat mengisi empat kali lebih cepat.

Sistem yang digunakan dalam teknologi VOOC Flash Charge sangat berbeda jauh dengan sistem pengisian daya cepat yang ditawarkan oleh teknologi Fast Charging milik Qualcomm. Jika teknologi pengisian cepat yang dikenalkan oleh Qualcomm mengusung pengisian dengan peningkatan tegangannya, VOOC Flash Charge menawarkan pengisian daya dengan peningkatan arus yang lebih besar dibandingkan arus pengisian USB 2.0.

Pada pengisian dengan menggunakan USB 2.0 biasanya arus yang beroperasi saat pengisian daya berkisar 2A. Sedangkan pada teknologi VOOC Flash Charge, arus akan ditingkatkan menjadi dua kali lipat, yaitu menjadi sebesar 4A dengan tegangan operasi 5V. Oleh karena transfer arus yang cukup besar ini, Oppo menggunakan adapter dan kabel khusus untuk menggunakan teknologi Flash Charge andalannya.

Yang cukup menarik, berbeda dengan teknologi Fast Charging, VOOC Flash Charge dapat bekerja dengan menjaga suhu tetap dingin meskipun melakukan transfer arus yang cukup besar,baik di adapter maupun pada perangkat ponsel yang sedang diisi dayanya. Selain meningkatkan kecepatan tranfer dayanya, VOOC Flash Charge dilengkapi dengan segudang keamanan.

Oppo menuliskan di laman web miliknya bahwa sistem VOOC Flash Charge dilengkapi dengan lima lapis keamanan. Pertama, Oppo menanamkan penguji tegangan di dalam adapter miliknya. Lapisan kedua, Oppo mengungkapkan bahwa terdapat sistem pengenalan VOOC di dalam adapternya. Papa ketiga, Oppo juga menanamkan sistem pengenalan VOOC di dalam perangkat ponselnya.

Lapis keempat, Oppo juga menanamkan penguji tegangan di dalam ponsel yang mendukung sistem pengisian daya Flash Charge ini. Dan yang terakhir, Oppo memasang sekering di dalam ponsel untuk mengantisipasi lonjakan arus yang dapat membahayakan perangkat maupun penggunanya.

Teknologi Flash Charge ini tidak hanya dikembangkan dalam bentuk adapter saja, terdapat dua produk Oppo lain yang dapat digunakan untuk melakukan pengisian VOOC Flash Charge. Kedua produk tersebut adalah VOOC Power Bank dan VOOC Car Charger, yang tentunya dapat lebih meningkatkan mobilisasi dari perangkat Oppo.

Namun, sayangnya tidak semua perangkat buatan Oppo dapat menjajal fitur yang sangat berguna ini. Hanya perangkat Oppo F3, Oppo F1 Plus, Oppo R7s, Oppo R7 Plus, Oppo R7, Oppo R5, Oppo N3, Oppo Find 7,dan Oppo Find 7a saja yang dapat mencicipi teknologi pengisian VOOC Flash Charge.

Leave a Comment