Smartphone

5 Kekurangan OPPO F5 yang Jadi Alasan Kenapa Jangan Beli

Kekurangan OPPO F5 header

Gadgetren – Baru-baru ini OPPO secara resmi telah meluncurkan smartphone Selfie Expert andalan terbarunya yang bernama F5.

Perangkat yang satu ini memiliki fitur unggulan pada kamera depan 20 MP dengan aperture f/2.0 dan kecerdasan buatan yang dapat mengarahkan penggunanya untuk dapat mengambil foto dengan bagus. Bahkan bisa menghasilkan foto selfie berefek bokeh (background blur).

Sedangkan kamera belakangnya memiliki kamera belakang 16 MP dengan aperture f/1.8 dan LED Flash yang dapat menghasilkan foto dengan baik. Untuk layarnya memiliki lebar 6 inci dengan resolusi Full HD+ (2.160 x 1.080 piksel), berteknologi IPS, dan beraspek rasio 18 : 9 yang memenuhi bagian depannya.

Dari sektor hardware, OPPO F5 sendiri telah dibekali dengan chipset MediaTek MT6763T Helio P23 Octa-core berkecepatan 2,5 GHz, RAM dengan pilihan 4 GB atau 6 GB, dan penyimpanan internal dengan pilihan 32 GB atau 64 GB yang dapat ditambahkan microSD.

Namun dengan fitur dan spesifikasi hardware yang baik ini, terdapat beberapa alasan bagi Gadgeter untuk jangan membeli OPPO F5. Untuk itu, Gadgeter dapat melihat daftar alasannya sebagai berikut ini :

Kekurangan OPPO F5

1. Baterai tidak bisa dilepas

Sebagai smartpone masa kini, OPPO F5 dibekali dengan baterai non-removable atau tidak dilepas. Bisa dibilang baterai ini menyatu dengan bodinya sehingga hanya service center yang diizinkan untuk mengganti baterainya.

Hal ini akan menjadi bermasalah ketika OPPO F5 mengalami hang sehingga baterai tidak dilepas untuk mematikannya. Selain itu, apabila baterai sudah mulai menurun kemampuannya maka Gadgeter harus ke service center untuk menggantinya.

2. Tidak ada fitur Fast Charging

VOOC merupakan salah satu teknologi fast charging yang dikembangkan oleh OPPO. Namun untuk menekan budget atau harga penjualan F5 di berbagai negara, OPPO lebih memilih tidak menyematkan fitur Fast Charging sehingga bisa dibilang untuk pengisian daya baterai memakan waktu yang lama.

3. Harganya mahal

Dengan spesifikasi hardware dan fitur yang ditawarkan oleh F5 ini seharusnya mempunyai harga yang lebih murah lagi dari yang ditawarkan saat ini. Bahkan seharusnya harga OPPO F5 dengan RAM 4 GB mampu dijual dengan harga Rp 3 juta. Namun kita ketahui bersama bahwa smartphone OPPO mahal karena biaya pemasarannya yang sangat besar.

Baca Juga: Membandingkan antara OPPO F5 dengan Xiaomi Mi A1

4. Belum port USB Type-C

Sebagai smartphone yang lahir tahun 2017, OPPO F5 seharusnya sudah mendukung port USB Type-C. Namun OPPO tetap mempertahankan port yang sudah lama digunakan, yakni microUSB. Padahal USB Type-C merupakan standar baru pada smartphone.

5. Tidak Tahan Air dan Debu

Dengan harga yang ditawarkan pada OPPO F5 seharusnya sudah bisa memiliki fitur tahan air maupun debu karena kita ketahui bersama bahwa Samsung Galaxy A3 (2017) yang memiliki harga Rp 4 juta saja sudah mampu tahan terhadap air dan debu.


Seperti itu lah 5 kekurangan OPPO F5 yang bisa menjadi alasan kenapa kamu harus mempertimbangkan kembali untuk membeli OPPO F5. Namun, kalau kamu tidak terlalu mementingkan salah satu hal tersebut, maka smartphone satu ini terbilang cukup mumpuni untuk kamu yang gemar foto ria khususnya selfie.

Leave a Comment