ASUS TUF Gaming FX507
Laptop / PC Tekno

4 Laptop Gaming Murah Berspesifikasi Wah Seharga 10 Jutaan

Daftar Laptop Gaming dengan Harga 10 Jutaan[Sumber: Pexels]

Gadgetren – Untuk bermain game, pengguna laptop memerlukan spesfikasi yang sangat mumpuni. Tidak hanya dalam satu sisi hardware yang berspesifikasi tinggi, namun harus semua hardware.

Video game merupakan program yang membutuhkan komputasi yang sangat tinggi untuk melakukan prosesnya, terutama game berkualitas HD. Bahkan, setiap penerbit game biasanya menyertakan sistem minimum agar game dapat berjalan dengan lancar di laptop yang terinstal.

Sebagai permainan yang berinteraksi dengan antarmuka gambar dengan penggunanya, dari mulai grafis yang tentunya tak hanya membutuhkan pemroses grafis yang ecek-ecek hingga prosesor yang harus mampu bekerja dengan cepat, game yang muncul belakangan ini menuntut pengguna untuk mengupgrade perangkatnya dengan hardware yang berspesifikasi tinggi.

Tidak hanya itu, kekuatan RAM juga sangat berpengaruh dengan kualitas permainan yang akan dihasilkan, karena game bersistem minimum tinggi tentu memerlukan ruang yang cukup besar untuk menyimpan data-data acak miliknya agar dapat diakses oleh pemroses.

Tidak jarang, untuk mendapatkan laptop berspesifikasi gaming ini, pengguna harus menyiapkan dana yang sangat banyak. Hal ini dikarenakan setiap komponen yang bersepsifikasi tinggi menawarkan harga yang tinggi juga, sehingga jika ditotal menjadi sebuah laptop gaming dapat menguras kantong calon pembeli.

Melihat fakta-fakta tersebut, tidak sedikit orang memilih enggan untuk membeli laptop dengan kemampuan yang ditujukan untuk bermain game tersebut. Namun, sebenarnya tidak semua laptop gaming dihargai cukup tinggi, karena sebenarnya jika diperhatikan lebih seksama beberapa laptop kelas menengah pun memiliki spesifikasi yang masuk dalam kriteria untuk bermain game.

Berikut ini beberapa laptop yang menawarkan spesifikasi yang cukup mumpuni untuk melibas game berat sekalipun dengan rentang harga sekitar Rp 10 jutaan:

ASUS X550VX – DM701

Salah satu laptop harga miring namun berspesifikasi game adalah ASUS X550VX – DM701. Dibandrol dengan harga yang cukup terjangkau, yaitu sekitar 10 jutaan, laptop ini sudah dilengkapi dengan prosesor Intel Core i7 – 7700HQ dengan clock yang dapat dipercepat hingga 3,8 GHz.

Dan untuk  menunjang performa grafisnya, laptop ini juga sudah dilengkapi dengan NVIDIA GTX950MX di bagian pemroses grafisnya. Sebagai penunjang kualitas komputasi tingginya, laptop ASUS X550VX – DM701 juga telah dilengkapi dengan RAM berkapasitas 8 GB. Yang lebih menarik, Anda akan memperoleh garansi hingga dua tahun jika membeli laptop ini.

ProsesorIntel Core i7 – 7700HQ
GrafisNVIDIA GTX950MX
RAM8 GB
Memori Internal1 TB HDD
Layar15,6 inci FHD
OS
HargaRp 10.999.000,-

Acer V5 – 591G – 725T

Sedikit menarik dibandingkan seri ASUS sebelumnya, perangkat buatan Acer ini menawarkan spesifikasi prosesor Intel Core i7 – 6700HQ yang hanya dapat dipacu hingga 3,5 GHz, namun dilengkapi dengan keyboard yang sudah memiliki backlight tunggal dan sistem operasi Windows 10 dalam paket penjualannya.

Untuk urusan grafis dan RAM, Acer V5 ini memiliki spesifikasi yang sebanding dengan ASUS X550VX – DM701 , dengan kartu grafis NVIDIA GTX950 dan kapasitas RAM 8 GHz juga. Dijual dengan harga yang sama dengan ASUS X550VX – DM701, Acer V5 – 591G – 725T dapat menjadi alternatif yang cukup mumpuni, namun dengan garansi hanya 1 tahun.

ProsesorIntel Core i7 – 6700HQ
GrafisNVIDIA GTX950
RAM8 GB
Memori Internal1 TB HDD
Layar15,6 inci FHD
OSWindows 10
HargaRp 10.999.000,-

HP 14 – BP029

Laptop Grafis buatan HP ini juga dapat menjadi alternatif saat Anda sedang mencari laptop untuk bermain game. Dibekali dengan prosesor Intel Core i7 – 7500U yang dapat dipercepat sampai dengan 3,5 GHz, laptop HP 14 – BP029 menawarkan ukuran layar yang cukup kecil dibandingkan laptop sebelumnya, yaitu hanya 14 inci.

Berbeda juga dengan dua laptop sebelumnya, laptop buatan HP ini menggunakan pemroses grafis buatan AMD di dalamnya dengan menggunakan seri AMD Radeon 530. Dengan spsesifikasi yang berada di bawah kedua laptop sebelumnya pada beberapa sisi, laptop ini dibanderol dengan harga Rp 9,8 jutaan saja.

ProsesorIntel Core i7 – 7500U
GrafisRadeon 530
RAM8 GB
Memori Internal1 TB HDD
Layar14 inci FHD
OS
HargaRp 9.799.000,-

 


Berikut di atas adalah tiga laptop dengan harga sekitar 10 jutaan namun memiliki spesifikasi yang cukup mumpuni untuk digunakan untuk bermain game berat sekalipun. Saya rasa ada laptop lain yang dapat menjadi pilihan Anda, namun melihat dari prosesor, kapasitas RAM, dan jenis kartu grafis yang diusung, ketiga laptop tersebut adalah laptop dengan spesifikasi yang tidak bisa diremehkan.

Kombinasi prosesor Intel Core i7, RAM berkapasitas 8 GB, dan kartu grafis kelas tinggi tentu dapat menghasilkan komputasi yang cukup tinggi. Namun tentu, perhatikan juga spesifikasi minimum game sebelum menginstalnya ke dalam laptop-laptop apapun yang Anda beli.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar