Berita

2 Cara Screenshot Vivo Y81 yang Cepat dan Mudah

Vivo Y81 Header

Gadgetren – Pada pertengahan tahun 2018, Vivo secara resmi telah meluncurkan smartphone dengan harga terjangkaunya yang bernama Vivo Y81. Perangkat yang satu ini memiliki spesifikasi hardware yang cukup menarik.

Selain itu, Vivo Y81 ini dilengkapi dengan layar 6,22 inci yang beresolusi HD+ (1520 x 720 piksel), berteknologi IPS, dan beraspek rasio 19:9 yang memenuhi bagian depannya. Poni atau notch seperti iPhone X telah hadir pada bagian atas layarnya.

Berkat layarnya yang menjadi penuh, maka tombol fisik Home sudah tidak hadir pada bagian depannya sehingga kombinasi tombol screenshot pun telah berbeda. Untuk itu, bagi Gadgeter yang penasaran dengan cara screenshot Vivo Y81 maka dapat melihat tutorialnya sebagai berikut ini.

Cara Screenshot Vivo Y81

1. Kombinasi Tombol Fisik

  1. Pertama, Gadgeter dapat menentukan area yang akan di-screenshot pada Vivo Y81
  2. Setelah ditentukan areanya maka Gadgeter dapat langsung menekan tombol power dan volume bawah secara bersamaan dalam beberapa detik
  3. Setelah suara shutter terdengar dan layar berkedip maka screenshot berhasil diambil
  4. Nantinya hasil screenshot dapat dilihat di menu notifikasi atau aplikasi Gallery

Bisa dibilang menggunakan tombol fisik untuk melakukan kombinasi screenshot ini merupakan yang paling cepat dan mudah karena Gadgeter tidak perlu sama sekali untuk melakukan pengaturan di dalam Vivo Y81.

2. Menggunakan S-Capture

  1. Pertama, Gadgeter dapat mencari area yang akan di-screenshot pada smartphone
  2. Selanjutnya, Gadgeter dapat melakukan swipe atau menyapu dengan jari dari bagian bawah layar Vivo Y81 hingga ke tengah
  3. Nantinya akan muncul menu Control Center dan Gadgeter dapat memiliki S-Capture
  4. Pada menu S-Capture ini Gadgeter bisa menentukan jenis screenshot mulai dari Screen Recording,
  5. Rectangular, Funny Screenshot, hingga Long Screenshot
  6. Untuk yang standar, saya menggunakan Rectangular
  7. Selanjutnya, Gadgeter dapat memilih besarnya area yang akan di-screenshot
  8. Setelah suara shutter terdengar dan layar berkedip maka screenshot berhasil dilakukan
  9. Kemudian, Gadgeter dapat melihat hasil screenshot di aplikasi Gallery atau menu notifikasi

Untuk screenshot dengan S-Capture ini lebih menarik dibandingkan dengan kombinasi tombol karena memungkinkan Gadgeter untuk melakukan screenshot dengan beragam bentuk yang menarik. Namun kelemahannya, Gadgeter harus mengakses dan menu pada layar terlebih dahulu.

Tentu saja Gadgeter bebas untuk melakukan screenshot dengan memilih salah satu cara ini. Bahkan dapat ditentukan sesuai kebutuhannya agar hasil screenshot dapat jelas dilihat dan digunakan untuk kebutuhan dokumentasi.

Sekilas, Vivo Y81 ini telah dibekali dengan chipset MediaTek Helio P22 Octa-core 2 GHz, RAM dengan pilihan 3 GB atau 4 GB, dan storage internal 32 GB yang dapat ditambahkan microSd hingga kapasitas 256 GB.

Tinggalkan Komentar