ASUS TUF Gaming FX507
Berita

Dua Kamera Belakang Samsung Galaxy Note 8 Hasilkan Foto yang Optimal dan Menarik

Samsung Galaxy Note 8 Workshop Header

Pada bulan September 2017 silam, Samsung secara resmi telah meluncurkan smartphone flagship terbarunya yang bernama Samsung Galaxy Note 8.

Produk yang satu ini hadir dengan segudang fitur dan spesifikasi hardware yang mumpuni. Samsung Galaxy Note 8 sendiri memiliki S-Pen yang disempurnakan dan memungkinkan penggunanya dapat menulis di atas layar layaknya seperti di atas kertas.

Berbeda dengan generasi sebelumnya, Samsung Galaxy Note 8 ini telah dibekali dengan dua kamera utama yang beresolusi 12 MP berlensa telephoto dengan aperture f/2.4 dan 12 MP berlensa wide-angle dengan aperture f/1.7 yang dapat menghasilkan foto bagus dan mampu melakukan 2x optical zoom.

Bahkan dua kamera utamanya ini dapat menghasilkan foto bokeh (background blur) secara instan berkat hadirnya fitur portrait mode. Sementara itu, hasil bokehnya sendiri masih bisa diatur ketika foto telah diambil.

Dari sektor hardware, Samsung Galaxy Note 8 yang hadir ke Indonesia menggunakan chipset Exynos 8895 Octa-core berkecepatan 2,3 GHz, RAM 6 GB, dan storage internal 64 GB yang masih dapat ditambahkan microSD.

Hari ini Samsung secara resmi mengadakan workshop yang bertajuk “Smartphone Photography Made Easy”. Dalam acara tersebut, media diajak untuk mencoba langsung mengabadikan foto dengan Samsung Galaxy Note 8. Sebelum mengabadikan momen tersebut, acara ini dimulai dengan pemaparan dari Oscar Motuloh selaku senior fotografer dan David Soong selaku fotografer sekaligus pendiri dari Axioo Photography.

Samsung Galaxy Note 8 Workshop

Dalam penjelasannya, Oscar Motuloh mengatakan bahwa Industri foto terus berevolusi. Tak hanya dari sisi fotografi, namun diikuti juga dengan perkembangan perangkat untuk mengambil foto itu sendiri. Fotografi merupakan perpaduan dari menangkap gambar dan berbagi momen. Dengan adanya smartphone, kedua hal tersebut dapat terjadi pada saat bersamaan.

Selain itu, Oscar menambahkan bahwa kamera smartphone mampu mengurangi jeda waktu antara pengambilan dan pengiriman foto. Smartphone dapat mengurangi proses pengambilan, pengeditan dan pengiriman foto berdefinisi tinggi dalam waktu singkat. Memotret menjadi semakin mudah dan praktis berkat kamera smartphone.

Terakhir, Oscar mengatakan bahwa Galaxy Note8 memiliki kamera smartphone terbaik di kelasnya melalui dua kamera belakang 12MP, dengan Optical Image Stabilization (OIS) pada lensa wide-angle dan lensa telephoto. Fitur Live Focus dari Galaxy Note8 membantu pengguna untuk menciptakan hasil foto layaknya seorang profesional sehingga dapat menghasilkan konten berkualitas, serta memberikan pengguna kemampuan untuk mengatur efek bokeh secara langsung pada preview mode, bahkan setelah foto diambil.

David Soong pun ikut menambahkan bahwa Fungsi kamera smartphone telah mengalami pergeseran, yang sebelumnya hanya untuk keperluan personal saat ini juga bisa difungsikan untuk mendukung kegiatan fotografi profesional, termasuk smartphone photography.

Sementara itu, David juga mengatakan bahwa hasil foto menggunakan kamera Galaxy Note8 memiliki kualitas yang sangat baik sehingga memotret ataupun merekam momen menjadi lebih mudah. Lensa wide-angle dan telephoto pada Galaxy Note8 memudahkan pengguna untuk mengambil gambar sekaligus dan menghasilkan dua gambar. Hasil kedua foto tersebut dapat disimpan, satu foto close-up dari lensa telephoto dan satu foto sudut lebar yang memperlihatkan seluruh latar belakang foto dengan lensa wide-angle.

Selanjutnya, dibentuklah 1 tim yang terdiri dari 2 orang untuk mencoba mengabadikan momen dalam foto dengan menggunakan Samsung Galaxy Note 8. Kebetulan, saya masuk dalam 1A dan berkesempatan mengambil foto di daerah Taman Menteng.

Setiap tim diberikan waktu 15 menit untuk mencari gambar dengan tema yang menggabungkan profesi, arsitektur, dan lingkungan. Saya pun mencoba mengabadikan momen menggunakan fitur Live Focus dari Galaxy Note 8 untuk menghasilkan foto yang memiliki background blur. Bisa dibilang hasil fotonya pun cukup menarik.

Tak lupa, panitia pun menginstruksikan untuk memberikan caption foto dengan menggunakan Samsung Notes yang bisa diketik maupun menggunakan S-Pen layaknya menulis di kertas. Bisa dibilang workshop ini memberikan beberapa ilmu menarik untuk mengambil foto menggunakan Samsung Galaxy Note 8 dan smartphone. Untuk harga Galaxy Note 8 di Indoneia sendiri mencapai Rp 12.999.000. Kamu tertarik membelinya?

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar