Berita

Xiaomi dan Huawei Kalah! Ini Raja Perusahaan Smartphone di Tiongkok Saat Ini

OPPO F3 Plus Header New

Xiaomi merupakan salah satu vendor asal Tiongkok yang terkenal memiliki penggemar (Mi Fans) setia dan loyal.

Bisa dibilang penjualan smartphone Xiaomi banyak dibantu oleh Mi Fans dibandingkan iklan yang dibuatnya. Selain itu, penjualannya sendiri dibantu dengan smartphone berspesifikasi hardware menarik, namun harganya terjangkau.

Kini vendor Xiaomi telah menduduki peringkat kelima dunia pada Q2 tahun 2017 yang berhasil mengalahkan kedudukan vivo. Selanjutnya, Huawei telah beralih dari posisi kedua dengan mengalahkan Apple di bulan Juni dan Juni 2017 silam dalam penjualan smartphone.

OPPO Raja Cina Counterpoint[Sumber : Gizmochina]

Namun apakah Xiaomi dan Huawei mampu bersaing di negerinya sendiri? Untuk menjawabnya, baru-baru ini perusahaan riset yang bernama Counterpoint baru saja merilis laporan mengenai daftar 5 besar perusahaan smartphone yang menguasai Tiongkok di Q3 2017.

Terlihat OPPO yang mempunyai smartphone Selfie Expert dengan kamera depan beresolusi depan berhasil menjadi raja di negeri tirai bambu pada Q3 2017 dengan market share yang mencapai 18,9% dan mengalami pertumbuhan dari Q3 2016 dengan market share 16,5%.

Meskipun Huawei merupakan perusahaan smartphone peringkat kedua dunia saat ini, sayangnya di negerinya sendiri harus rela berada di posisi kedua dengan market share 18,6% pada Q3 2017 yang hanya berbeda dengan 0,3% dengan OPPO.

Sementara itu, saudara OPPO yang bernama Vivo menempel ketat Huawei dengan perolehan market share yang sama mencapai 18,6%. Untuk Xiaomi yang memiliki penggemar setia (Mi Fans) harus rela berada di posisi keempat dengan market share mencapai 13,8% pada Q3 2017.

Walaupun keempat perusahaan smartphone teratas berasal dari Tiongkok, namun Apple yang berasal dari Amerika Serikat berhasil masuk ke posisi kelima dengan perolehan market share 10% pada Q3 2017. Selain itu, apabila melakukan perbandingan mengenai market share dari Q3 2016 dan Q3 2017 maka terlihat kelima perusahaan ini telah berhasil melakukan peningkatan penjualan yang luar biasa.

Sayangnya Samsung, ASUS, Lenovo, dan Motorola harus rela masuk ke dalam kategori “Other” dengan peroleh market share total 17,5% pada Q3 2017. Tentu saja, market share ini kecil karena nilainya gabungan dari berbagai vendor.

Kemungkinan besar akan terjadi perubahan lagi untuk peringkat 5 perusahaan smartphone teratas di Tiongkok pada Q4 2017. Untuk itu, mari kita tunggu saja laporan selanjutnya yang akan hadir dalam beberapa bulan ke depan. Menurut Gadgeter, apakah pantas OPPO menjadi raja di Tiongkok?

[Sumber : Gizmochina]

Leave a Comment