Gadget Smartphone

Apa Sih Kelebihan Android Nougat?

Kelebihan Android Nougat[Sumber: Wikimedia]

Gadgetren – Android Nougat merupakan sistem operasi Android yang banyak digunakan di ponsel-ponsel yag baru dirilis ke pasaran. Lalu apa saja kira-kira kelebihannya?

Dikenalkan pada tahun 2016, Android Nougat dikenalkan dengan mengusung banyak fitur baru, yang berjumlah kurang lebih 250. Termasuk di antaranya adalah 72 imoji baru, peningkatan Quick Setting Control, peningkatan fitur  Doze, Direct Reply, Quick Switch, Multi Window dan lain sebagainya.

Di lain sisi, Android Oreo memang telah resmi dirilis, akan tetapi implementasinya tentu membutuhkan waktu yang lumayan lama. Sistem Android terbaru biasanya harus melewati beberapa tahapan agar sampai ke perusahaan pengembang ponsel Android, apalagi sampai ke tangan para konsumen.

Oleh karena itu, Android Nougat menjadi pilihan tepat untuk digunakan pada ponsel-ponsel baru yang mulai datang ke pasaran. Selain itu, Android Nougat memiliki beberapa kelebihan jika dibandingkan dengan Android-Android sebelumnya.

Menurut pengalaman saya menggunakan sistem Android ini, beberapa kelebihan tersebut adalah

Lebih Produktif

Kemunculan Android Nougat mengenalkan peningkatan sebuah fitur yang akan memudahkan pengguna berpindah dari aplikasi satu dengan aplikasi lain, fitur ini adalah Quick Switch. Dengan fitur Quick Switch, pengguna dapat beralih dari aplikasi satu dengan aplikasi lain tanpa perlu menutup aplikasi sebelumnya, sehingga produktifitas pengguna akan meningkat ke penggunaan yang lebih maksimal.

Selain fitur Quick Swith, fitur Multi-Window juga akan meningkatkan produktifitas yang kita lakukan. Fitur ini akan memberikan kemudahan bagi pengguna untuk mengakses beberapa aplikasi secara bersamaan. Sebagai contoh, menyalin artikel dari browser tentu akan lebih mudah, karena kita dapat membuka browser dan aplikasi editor teks secara bersamaan tanpa perlu beralih dari satu aplikasi browser ke aplikasi editor teks.

Lebih Aman dan Personal

Keamanan dan privasi menjadi sebuah hal yang penting dalam pengembangan sistem Android Nougat. Sistem ini di bekali dengan berlapis-lapis keamanan yang kuat, serta enkripsi yang akan meningkatkan kerahasiaan data privasi penggunanya.

Secara otomatis, Android Nougat akan selalu memperbarui sistem keamanan yang dimilikinya, karena Android ini dilengkapi dengan fitur Seamless Update. Seamless Update akan memudahkan pengguna untuk melakukan sinkronisasi dengan perlengkapan keamanan terbaru.

Selain itu, Android Nougat dilengkapi dengan fitur File-based Encryption, sehingga Android akan memberikan proteksi dan isolasi data individu yang lebih baik pada perangkat. Google juga memberikan fitur Direct Boot, dimana sistem akan mengamankan proses sebelum pengguna membuka password-nya.

Lebih Hemat Baterai

Android Nougat dilengkapi dengan peningkatan fitur Doze yang tentunya dapat mengoptimalkan penggunaan daya, sehingga Android akan lebih hemat baterai. Dengan fitur ini, Android juga akan menekan penggunaan daya oleh aplikasi untuk menggunakan daya yang paling rendah.

Tinggalkan Komentar