Smartphone

Perbedaan Android Marshmallow dengan Nougat Yang Harus Kamu Ketahui

perbedaan android marshmallow dan nougat Header[Sumber: Pexels]

Gadgetren – Android versi berapa yang berjalan di ponselmu? Tahu apa perbedaannya dengan versi lainnya? Nah, jika Gadgeter belum tau, berikut ini perbedaan antara Android Marshmallow dengan Nougat.

Untuk membandingkan kelebihan ponsel satu dengan yang lain, versi Android menjadi salah satu faktor yang dapat dibandingkan. Versi Android yang digunakan juga dapat menunjukkan kelebihan dari perangkat ponsel yang dibandingkan.

Versi Android yang digunakan akan memengaruhi bagaimana sistem yang akan berjalan di ponsel. Semakin baru, maka semakin banyak fitur atau kelebihan yang diusung dari perangkat tersebut.

Meski Android 8 Oreo telah dirilis, kebanyakan perangkat baru masih menjalankan versi sebelumnya yaitu Android Nougat. Versi android dengan angka 7 ini merupakan salah satu versi yang mulai memberikan fitur yang cukup menarik bagi saya.

Namun, walaupun mulai banyak digunakan di perangkat baru, Android Nougat masih belum cukup mendominasi, masih banyak versi perangkat yang menggunakan Android Marshmallow maupun versi yang lebih lama.
Lalu, apa bedanya Android Nougat dengan Android Marshmallow atau Android versi yang lebih jadul?

Terdapat beberapa perbedaan yang cukup mencolok dari kedua versi Android yang dibandingkan. Dikembangkan lebih akhir, Android Nougat menawarkan segudang fitur utilitas yang lebih banyak. Berikut ini beberapa perbedaan fitur Android Marshmallow dengan Nougat:

Baca Juga: Android Oreo hadirkan perubahan tampilan desain launcher

Multi-Windows

Menjadi versi yang lebih baru, Android Nougat menawarkan fitur yang akan memudahkan pengguna membuka aplikasi secara bersaman. Layaknya sistem komputer, Gadgeter dapat membuka beberapa aplikasi di layar terpisah, seperti membuka aplikasi browser dengan office untuk membuat tulisan atau lainnya.

Direct Reply

Android Nougat juga menawarkan fitur yang akan memudahkan Gadgeter untuk membalas pesan, tanpa perlu membuka aplikasi perpesanan yang digunakan. Gadgeter kini dapat membalas pesan dengan mengeklik tombol reply yang ada pada notifikasi, tanpa perlu masuk ke aplikasi pesan. Fitur ini dapat digunakan untuk aplikasi SMS ataupun Whatsapp.

Bundled Notification

Pengguna versi Android Nougat juga tak perlu takut dengan adanya notifikasi yang banyak dan bertumpuk-tumpuk. Android versi 7 ini memiliki fitur Bundled Notification yang akan mengumpulkan pemberitahuan menjadi satu tempat.

Berbeda dengan versi sebelumnya, Bundled Notification ini akan membuka seluruh notifikasi tanpa perlu membuka aplikasi jika Gadgeter mengetuknya. Notifikasi hanya akan diperinci, sebanyak notifikasi yang telah masuk ke perangkat.

Quick Settings

Android Nougat memiliki Quick Settings yang lebih baik dibandingkan versi Marshmallow. Android Nougat menawarkan Quick Settings yang lebih lengkap jika dibandingkan sebelumnya. Selain itu, Gadgeter dapat mengelola tombol apa yang ingin disematkan di panel Quick Settings.

Baca Juga: Android tanding sama iPhone, mana yang lebih pantas untuk kamu?

Tinggalkan Komentar