Tips dan Trik

Apa itu Live Location Tracking pada WhatsApp? Dan Bagaimana Cara Menggunakannya?

live location tracking whatsapp header[Sumber: MaxPixel]

Gadgetren – Sudah tahukah Gadgeter bahwa WhatsApp telah merilis sebuah fitur baru, yang mana dengan fitur tersebut Gadgeter dapat saling berbagi lokasi secara live dalam waktu tertentu? Fitur baru dengan julukan “live location tracking” tersebut merupakan fitur yang baru dikenalkan pada tanggal 17 Oktober 2017 kemarin. Bagaimana cara menggunakannya ya?

Perkembangan teknologi GPS (Global Positioning System) mulai banyak dimanfaatkan oleh perusahaan-perusahaan teknologi. GPS merupakan sebuah sistem yang dikembangkan oleh Departemen Pertahanan Amerika.

Semula, sistem yang dapat digunakan untuk mengetahui lokasi dengan bantuan penyelarasan sinyal dari satelit ini hanya digunakan oleh kalangan militer. Namun, setelah dirilis ke publik, GPS kini ditanamkan pada perangkat-perangkat yang membutukan informasi lokasi atau keberadaan suatu perangkat.

Sebut saja GPS Tracker atau Tracking contohnya. Perangkat yang termasuk ke dalam perangkat AVL (Automated Vehicle Location) ini telah menjamur di dunia industri otomotif. Berbeda dengan teknologi yang digunakan oleh militer, GPS Tracker tidak hanya memanfaatkan teknologi GPS, namun juga mengkombinasikannya dengan teknologi GSM untuk menemukan lokasi kendaraan.

Teknologi GPS Tracker ini lah yang kemudian dibawa oleh manufaktur perangkat mobile ke dalam pengembangan perangkat-perangkat ponsel masa kini. GPS seolah menjadi salah satu fitur wajib dimiliki oleh ponsel-ponsel baru, bahkan ada yang dikombinasikan dengan sistem pencarian lokasi GLONASS yang dikembangkan oleh Rusia.

Dengan adanya teknologi GPS dalam ponsel genggam, kini Gadgeter tentu mendapat keleluasaan untuk saling berbagi lokasi, atau mencari lokasi sebuah tempat yang belum pernah dikunjungi. Tidak hanya dari segi penggunannya, penyedia layanan berbasis aplikasi pun mulai ikut andil dalam memanfaatkan teknologi ini.

Sebagai contoh, banyak aplikasi perpesanan, termasuk di dalamnya WhatsApp, telah lama dibekali kemampuan untuk berbagi lokasi sehingga lawan bicara dapat dengan mudah menemukan lokasi yang kita bagikan.

WhatsApp Live Tracking Aplikasi

Lalu sekarang, di zaman yang serba “live”, WhatsApp menghadirkan fitur berbagi lokasi yang dapat dilakukan secara langsung. Dengan fitur ini, Gadgeter dapat membagikan lokasi terkini secara real-time dalam kurun waktu tertentu.

Jika Gadgeter termasuk orang yang suka membagikan perjalanan atau sedang berada dalam pengawasan, fitur Live Location Tracking akan memenjadi cara sederhana untuk melaporkan tempat dimana Anda sedang berada.

Gadgeter dapat mengatur berapa lama akan membagikan lokasi terkini sehingga fitur ini akan berjalan secara otomatis. Tapi jika di tengah-tengah live location tracking Gadgeter ingin menghentikannya, Gadgeter tetap masih bisa menghentikan fitur ini secara manual.

Untuk urusan keamanan, Fitur berbagi lokasi terkini atau live location tracking ini akan dienkripsi secara end-to-end oleh aplikasi WhatsApp. Selain itu, Gadgeter dapat mengatur sendiri kepada siapa saja akan berbagi lokasi secara “live” tersebut.

Baca Juga: Sudahkah kamu tahu cirinya kalau ternyata akun WhatsApp kamu diblokir teman

Cara Menggunakan Fitur Live Location Tracking

Gadgeter tertarik untuk menggunakan fitur ini? Jika iya, Gadgeter hanya perlu memiliki akun aktif dan aplikasi WhatsApp terbaru untuk menggunakan fitur ini. Selain itu, Gadgeter dapat mengikuti langkah berikut ini.

  1. Buka aplikasi WhatsApp, kemudian buka salah satu chat, baik itu chat dengan personal maupun grup, yang ingin anda bagi.
  2. Tekan tombol Lampirkan, lalu pilih Lokasi, dan pilih menu baru “Bagikan Lokasi Terkini”
  3. Atur berapa lama Gadgeter Akan membagikan lokasi terkini, dan ketuk Kirim.

Yang perlu diperhatikan, Fitur Live Location Tracking akan tersedia pada aplikasi WhatsApp berbasis Android maupun iOS namun masih dalam tahap implementasi. WhatsApp menyatakan bahwa fitur ini akan diimplementasikan dalam kurun waktu beberapa minggu kedepan.

Tinggalkan Komentar