Featured Mading

10 Aplikasi untuk Traveling yang Wajib Kamu Instal – Bagian 1

10 Aplikasi untuk Traveling yang Wajib Kamu Instal - header[ilustrasi oleh Free-Photo]

Dengan kemajuan teknologi dan tiket pesawat yang semakin murah, kini jalan-jalan ke luar provinsi atau bahkan luar negeri bukanlah hal yang aneh.

Nah, jika Gadgeter senang traveling, handphone kamu bisa jadi sahabat kamu lho selama traveling. Ada banyak aplikasi aplikasi yang dapat kamu gunakan untuk membantu perjalananmu selama traveling mulai dari booking pesawat hingga mencari tempat-tempat eksotis.

Dari sekian banyak aplikasi seputar traveling yang beredar, tentu tidak semuanya cocok dan bermanfaat untuk kamu. Nah, ada beberapa aplikasi traveling yang menurut tim Gadgetren wajib Gadgeter pasang di handphone.

Traveloka / Tiket

Traveloka

Jika Gadgeter ingin jalan-jalan ke luar kota atau ke luar negeri, sudah pasti harus berurusan dengan yang namanya booking tiket pesawat atau hotel.

Nah, kini untuk melakukan hal tersebut tidak perlu repot lagi datang ke agen travel karena kamu bisa melakukannya melalui aplikasi.

Ada 2 aplikasi populer yang bisa kamu gunakan yaitu Traveloka dan Tiket. Kedua aplikasi tersebut sama-sama merupakan buatan anak bangsa Indonesia.

Masing-masing memiliki kelebihan pribadi seperti Traveloka dengan fitur penjadwalan ulang pesawat dengan mudah dan Tiket dengan fitur penyewaan mobil.

Pembayaran tiket di kedua aplikasi tersebut bisa dilakukan dengan berbagai macam cara seperti internet banking, transfer antar bank, kartu kredit, dan bahkan untuk Traveloka bisa dibayar melalui Alfamart atau Indomaret.

Kamu bisa memilih salah satu atau malah menggunakan dua-duanya sekaligus karena kadang salah satu aplikasi menyediakan promo perjalanan yang menarik yang pas dengan tujuan dan budget kamu.

Dari sisi fitur, saya pribadi lebih senang menggunakan Traveloka karena ada fitur Price Alerts di mana kamu bisa mendapatkan pemberitahuan jika ada tiket pesawat yang sesuai dengan budget kamu.

Traveloka: [Download untuk Android] [Download untuk iPhone]
Tiket: [Download untuk Android] [Download untuk iPhone]

Tiketux

Tiketux

Untuk mencapai beberapa kota di Indonesia dengan jarak pendek, akan lebih praktis jika menggunakan shuttle travel seperti contohnya dari Jakarta ke Bandung.

Sayangnya, penyedia layanan shuttle travel biasanya tidak menyediakan fitur pemesanan tiket secara online yang memadai.

Nah oleh karena itu kamu bisa menggunakan aplikasi Tiketux untuk pemesanan berbagai layanan shuttle travel. Tiketux saat ini melayani pemesanan tiket shuttle travel untuk beberapa area di pulau Jawa dan Kalimantan.

Proses pemesanan shuttle travel di Tiketux pun tidak sulit, kamu bisa menentukan keperluan travel seperti waktu pemberangkatan hingga lokasi tempat duduk. Pembayaran bisa dilakukan dengan transfer antar bank, internet banking, kartu kredit, dan melalui Indomaret.

Selain menyediakan fitur booking shuttle travel, Tiketux juga dapat membantu pemesanan bis untuk jarak jauh. Saat ini Tiketux sudah bekerja sama dengan bis Kramat Djati dan melayani perjalanan di daerah Sumatera, Jawa, dan Bali.

Sama seperti aplikasi travel lainnya, Tiketux juga sering mengadakan promo untuk membuat biaya perjalananmu menjadi lebih murah.

[Download untuk Android]

TripAdvisor

TripAdvisor

Jika bingung mencari tempat yang bagus di suatu area atau ingin mengetahui apakah hotel yang akan kamu pesan benar-benar bagus, TripAdvisor menyediakan data tersebut.

TripAdvisor adalah tempat di mana disediakan berbagai ulasan tentang berbagai tempat di dunia mulai dari hotel, restoran, tempat rekreasi, hingga kafe.

Ulasan tersebut bisa dijadikan bahan pertimbangan ketika Gadgeter ingin mengunjungi suatu tempat atau memesan hotel.

TripAdvisor sangat bermanfaat ketika kamu bepergian ke luar negeri atau ke tempat yang ramai turis di Indonesia seperti Bali. Kamu bisa mencari ulasan berdasarkan tipe traveler juga seperti traveler keluarga, pasangan, sendirian, atau pebisnis.

Panduan jalan-jalan pun bisa kamu temukan di sini sehingga kamu tidak perlu repot-repot membuat rencana perjalanan sendiri. Jika kamu lebih senang belanja ada panduannya, jika senang ke tempat tempat terpencil pun ada panduannya.

Sayangnya, data TripAdvisor biasanya kurang lengkap jika area atau tempatnya bukan tempat turis yang biasa dikunjungi oleh wisatawan mancanegara. Ada juga sebetulnya fitur pemesanan di TripAdvisor namun kurang cocok untuk digunakan di Indonesia.

[Download untuk Android] [Download untuk iPhone]

Zomato

Zomato

Mirip seperti TripAdvisor, Zomato pun adalah sebuah aplikasi di mana kamu bisa menemukan berbagai ulasan namun bedanya adalah Zomato fokus di ulasan seputar makanan seperti restoran dan kafe.

Kamu bisa mencari tempat makan sesuai preferensi tersendiri mulai dari area tempat makan, tempat makan yang murah, bahkan hingga yang berjenis kaki lima.

Setiap tempat makanan diberi rating dari 1-5 sehingga kamu dapat mencari tempat makan yang enak.

Zomato memiliki berbagai data tempat makan untuk berbagai negara seperti Indonesia, Singapura, Australia, India, hingga Inggris. Namun begitu di Indonesia saat ini Zomato baru hanya mencakup beberapa kota besar seperti JaBoDeTaBek, Bandung, dan kota-kota di pulau Bali.

Yang paling saya sukai dari Zomato adalah kita dapat melihat menu dari mayoritas tempat makan yang ada di Zomato. Dengan ini kita bisa bersiap-siap lebih awal tentang makanan yang ingin dibeli serta total harganya.

[Download untuk Android] [Download untuk iPhone]

Flightradar24

Flightradar24

Jika Gadgeter bepergian dengan menggunakan pesawat dan ingin melihat apakah pesawatmu akan delay atau sudah sejauh mana dari bandara, aplikasi Flightradar24 ini bisa kamu gunakan.

Berbagai informasi tentang pesawat mulai dari riwayat perjalanan hingga apakah pesawatnya sering delay dapat kamu temukan di sini. Kamu tinggal memasukkan nomor penerbangan pesawatmu di Flightradar24.

Jika kamu sedang menunggu di bandara dan entah kenapa pesawatmu belum datang juga, kamu bisa mengeceknya di aplikasi ini.

Dari situ kamu bisa melihat masih ada di mana pesawatnya. Cara ini kadang lebih efektif dibanding bertanya ke petugas penerbangan yang biasanya sering memberikan jawaban ambigu ketik apesawat delay.

[Download untuk Android] [Download untuk iPhone]

~

Sementara, itulah lima dari sepuluh aplikasi yang wajib kamu instal di ponselmu. Tunggu artikel berikutnya untuk 5 aplikasi berikutnya.

Leave a Comment