Mading

10 Aplikasi untuk Traveling yang Wajib Kamu Instal – Bagian 2

aplikasi wajib traveling part 2 header

Semakin canggihnya gadget dan aplikasi, kini traveling ke berbagai daerah menjadi semakin mudah mulai dari booking hotel hingga mencari teman.

Ada banyak aplikasi yang bisa digunakan oleh para traveler saat ini. Namun dari sekian banyak aplikasi tersebut, ada beberapa aplikasi traveling yang menonjol dan patut untuk kamu coba.

Pada artikel bagian pertama, sudah dijelaskan 5 aplikasi yang wajib diinstal oleh para traveler yaitu Traveloka / Tiket, Tiketux, TripAdvisor, Zomato, dan Flighradar24. Sebagai lanjutannya, berikut adalah 5 aplikasi lainnya yang patut diinstal jika kamu senang traveling.

TripIt

Tripit

Membuat rencana perjalanan itu gampang-gampang susah. Jika traveling kamu hanya sehari mungkin tidak akan susah namun jika berhari-hari dan apalagi di luar negeri, membuat rencana perjalanan akan semakin memakan waktu.

Nah, untuk membantu traveler dalam membuat rencana perjalanan, ada aplikasi menarik bisa digunakan yaitu TripIt.

Melalui aplikasi ini kamu dapat mencatat rencana perjalananmu dan canggihnya aplikasi ini juga dapat otomatis membuat rencana perjalananmu berdasarkan email booking pesawat atau hotel.

Kamu juga bisa menyimpan berbagai informasi dokumen penting seputar traveling di aplikasi ini secara digital seperti paspor dan visa. Rencanan perjalanan yang sudah kamu buat pun bisa disinkronisasikan denga kalender digitalmu dan dibagikan ke orang lain.

Jika kamu tipikal traveler yang senang membuat detail rencana perjalanan, aplikasi ini sangat cocok untukmu. Kalaupun kamu hanya lebih suka mencatat hal-hal yang penting saja seperti jam keberangkatan pesawat dan hotel, aplikasi ini juga cocok digunakan.

[Download untuk Android] [Download untuk iPhone]

Google Translate

Google Translate

Kebanyakan orang hanya memahami 1 atau 2 bahasa saja sehingga akan menyulitkan jika ingin traveling ke suatu daerah yang menggunakan bahasa berbeda.

Untungnya di zaman sekarang kendala bahasa dapat diatasi dengan mudah menggunakan aplikasi Google Translate.

Google Translate saat ini sudah mendukung translasi untuk puluhan bahasa mulai dari Bahasa Indonesia, Inggris, Jepang, bahkan hingga bahasa Uzbekistan. Translasinya pun bisa dilakukan secara offline dengan mengunduhnya terlebih dahulu.

Ada 2 fitur yang sangat bermanfaat untuk translasi di aplikasi ini yaitu fitur translasi menggunakan kamera dan mikrofon. Dengan dua fitur tersebut kamu hanya perlu mengarahkan kamera ke sebuah tulisan atau berbicara bahasa tersebut untuk kemudian secara otomatis ditranslasikan.

[Download untuk Android] [Download untuk iPhone]

Google Maps

Google Maps

Jika kamu menggunakan smartphone berbasis Android, kemungkinan besar aplikasi Google Maps sudah terinstal di ponsel kamu.

Jika belum, maka aplikasi ini wajib kamu instal agar kamu tidak nyasar ketika ingin mengunjungi area yang tidak dikenal dan dengan mudah mencari berbagai tempat di dunia.

Google Maps selain dapat membantu kamu mencari sebuah lokasi juga dapat memperlihatkan kira-kira berapa lama perjalanan ke lokasi tersebut dan bahkan kamu pun dapat melihat apakah jalanan sedang dalam situasi macet atau tidak.

Di beberapa area seperti mal-mal besar di Jakarta, Google Maps sudah dapat memperlihatkan peta area mal tersebut.  Kamu juga bisa membagi lokasimu saat ini ke orang-orang yang kamu inginkan seperti keluarga sehingga mereka dapat secara live mengetahui posisimu.

Satu fitur yang sangat bermanfaat dari Google Maps ketika kamu sedang bepergian ke luar negeri atau ke daerah yang minim internet adalah fitur peta offline. Dengan peta offline ini kamu akan tetap dapat melihat peta suatu daerah tanpa harus terkoneksi ke internet.

[Download untuk Android] [Download untuk iPhone]

Skype

Skype

Ketika bepergian jauh untuk waktu yang lama, pasti ada masanya kangen dengan orang-orang di area tinggal ntah itu teman atau keluarga.

Dengan menggunakan Skype, kamu akan masih bisa berkomunikasi dengan mereka baik melalui teks, audio, atau video.

Ada yang membuat beda Skype dengan aplikasi chatting biasa seperti WhatsApp yaitu dengan Skype kamu dapat menelpon telepon rumah atau ponsel yang tidak terhubung dengan internet.

Ini sangat bermanfaat jika kamu ingin menelpon orang yang tidak memiliki akses ke internet yang mana biasanya adalah orang tua.

Biaya menelpon jenis tersebut menggunakan Skype pun jauh lebih murah dibandingkan menggunakan operator seluler sehingga kamu bisa melakukan panggilan telepon untuk waktu yang lama dengan tenang. Untuk layanan lainnya seperti chat, video call, dan audio call ke tujuan yang ada koneksi internet dapat dilakukan secara gratis.

[Download untuk Android] [Download untuk iPhone]

CouchSurfing

CouchSurfing

Ingin berkenalan dengan penduduk lokal? Atau ingin menginap di rumah penduduk lokal dengan gratis? CouchSurfing adalah jawabannya. Aplikasi berbasis komunitas ini mengumpulan berbagai peminat traveling untuk saling membantu.

Ada banyak orang yang dengan senang hati membuka pintu rumahnya untuk kamu inapi selama traveling kamu secara gratis di aplikasi ini. Namun karena gratis tersebut, aturan sopan santun lokal atau yang punya rumah berlaku untukmu.

Komunitas para pengguna aplikasi CouchSurfing pun aktif mengadakan berbagai acara untuk para traveler. Acara-acara tersebut bisa menjadi momen yang pas untuk berkenalan dengan traveler lain maupun orang lokal.

[Download untuk Android] [Download untuk iPhone]

Leave a Comment