ASUS TUF Gaming FX507
Berita

iPhone X vs iPhone 8 vs iPhone 8 Plus, Apa Bedanya Sih?

iPhone X 8 Plus Header

Gadgetren – Apple akhirnya memperkenalkan iPhone terbaru mereka dengan satu model tambahan sebagai peringatan 10 tahun kemunculan iPhone.

iPhone 8, iPhone 8 Plus, dan iPhone X sudah cukup ditunggu – tunggu kehadirannya oleh sebagian orang. Namun pastinya kamu mungkin bingung apa sih sebenarnya yang membedakan antara ketiganya, terutama iPhone 8 dan iPhone 8 Plus yang sekilas mirip dengan pendahulunya.

Dari sisi luar ada beberapa hal yang bisa langsung membedakan antara ketiga perangkat Apple tersebut. iPhone 8 Plus mempunyai ukuran paling besar dengan tinggi 158,4 mm sedangkan untuk iPhone X berada ditengahnya, yakni 143,6 mm dan iPhone 8 sebagai yang paling kecil memiliki tinggi 138,4 mm saja.

Bagian belakangnya juga sedikit berbeda walaupun sangat mirip. Hal yang membedakan dapat ditemukan pada area kamera sedikit menyembul tersebut. iPhone X mempunyai dual kamera dengan posisi menurun sedangkan iPhone 8 Plus posisinya menyamping. iPhone 8 berbeda sendiri karena dia hanya mempunya satu buah kamera belakang saja.

Selain itu layar dari iPhone X menutupi seluruh bagian depan sehingga kamu tidak akan menemukan tombol Home di mana pun. Berbeda dengan iPhone 8 dan 8 Plus yang masih memiliki tombol Home pada bagian bawah seperti pendahulunya.

Tampilan Depan

Ketiga smartphone ini menawarkan layar yang berbeda – beda. iPhone 8 dengan ukurannya yang kecil hanya memiliki resolusi 1334 x 750 piksel dalam bentang 4,7 inci sedangkan untuk iPhone 8 Plus memiliki bentang 5,5 inci dengan resolusi 1920 x 1080 piksel. Menariknya iPhone X dengan ukuran bodi lebih kecil memiliki bentang layar lebih besar, yakni 5,8 inci dengan resolusi lebih tinggi pada 2436 x 1125 piksel.

Sebagai iterasi iPhone terbaru, ketiganya tentu saja sudah memiliki teknologi 3D Touch yang sangat bermanfaat dan teknologi True Tone untuk memberikan gambar menyerupai aslinya. Namun, iPhone X mempunyai tambahan fitur lainnya, yakni dukungan HDR dan Dolby Vision.

Bentuk kamera

iPhone selalu terkenal memberikan hasil jepretan yang sangat baik bahkan sering kali berada di urutan paling atas. Begitu juga dengan ketiga smartphone ini, hanya saja ada beberapa hal perbedaan yang harus kamu ketahui.

iPhone 8 Plus dan iPhone X sama – sama menawarkan konfigurasi dual kamera belakang dengan kombinasi dua kamera 12MP, PDAF, 2x zoom optikal, dan empat lampu LED. Yang membedakan antara keduanya, iPhone X mengusung dua optic image stabilization (OIS) pada kameranya sedangkan iPhone 8 Plus hanya salah satu saja.

Kamera iPhone 8 sebenarnya mirip seperti apa yang ditawarkan iPhone 8 Plus, hanya saja satu buah kamera belakang 12MP saja. Pada bagian depan ketiga sama – sama menawarkan kamera 7MP.

Spesifikasi & Fitur

Spesifikasi antara iPhone X, iPhone 8 Plus, dan iPhone 8 tidak lah jauh berbeda dengan mengusung chipset Apple A11 Bionci terbaru. Ketiga smartphone ini nantinya akan tersedia dengan varian penyimpanan internal berkapasitas 64GB dan 256GB saja.

Satu hal yanga harus kamu perhatikan, iPhone X dan iPhone 8 Plus memiliki RAM sebesar 3GB sedangkan iPhone 8 hanya 2GB. Walaupun begitu kapasitas RAM 2GB sebenarnya sudah sangat mumpuni menjalankan sistem operasi iOS andalan Apple.

Selain itu tidak ada hal yang benar – benar membedakan, ketiganya memiliki fitur dan spesifikasi yang sama termasuk fitur wireless charging yang sebenarnya sudah ditunggu – tunggu dari lama.

Berkat hilangnya tombol Home di iPhone X, kamu diharuskan untuk melakukan gerakan atau gesture pada layar untuk melakukan perintah seperti kembali ke layar utama, kembali, memunculkan notifikasi, hingga menampilkan Siri Suggestion. Kamu juga tidak bisa menggunakan fitur TouchID dengan sidik jari seperti biasa dan harus digantikan dengan teknologi FaceID untuk memindai wajah.

iPhone X juga memiliki fitur baru bernama Animoji dengan mengandalkan teknologi FaceID yang cukup dibanggakan Apple. Denan Animoji, kamu bisa mengerimkan emoji bergerak mengikuti gerakan wajah yang direkam melalui kamera.

Harga

Tentu saja ketiga harga iPhone ini akan berbeda – beda dan bisa dikatakan cukup mahal. iPhone 8 nantinya akan dibandrol USD 699 atau sekitar Rp 9,2 juta, iPhone 8 Plus pada kisaran USD 799 atau Rp 10,5 juta, dan iPhone X sebagai yang paling mahal berada pada kisaran USD 999 atau sekitar Rp 13, 2 juta.

Spesifikasi iPhone X & iPhone 8 Plus & iPhone 8

Apple iPhone XApple iPhone 8 PlusApple iPhone 8
Layar5,8 inci, 2436 x 1125 pixels, 458ppi5,5 inci, 1920 x 1080 pixels, 401 ppi4,7 inci, 1334 x 750 pixels,326 ppi
Dimensi143.51×70.87×7.62 mm158.50×77.98×7.62 mm138.43×67.31×7.37 mm
Sistem OperasiiOS 11
Kamera UtamaDual 12MP phase detection autofocus, Dual OIS, 2x optical zoom, quad-LED (dual tone) flashDual 12MP, PDAF, OIS, 2x optical zoom, quad-LED (dual tone) flash12MP phase detection autofocus, OIS, 2x optical zoom, quad-LED (dual tone) flash
Kamera Depan7MP
ProsesorA11 Bionic chip, M11 motion coprocessor
Penyimpanan64GB, 256GB
RAM3GB3GB2GB
Sensor Pindai JariNoneHome button
Fitur LainnyaFace ID, wireless charging, tahan air dan debuWireless charging, tahan air dan debu

Tentang penulis

Fauzi Rasyad

Editor Gadgetren yang telah berkecimpung sebagai penulis seputar teknologi sejak tahun 2015. Dunia komputer hingga smartphone sudah cukup lama ia geluti karena memang tertarik melihat perkembangan teknologi yang semakin canggih dari tahun ke tahun.

Tinggalkan Komentar