ASUS Vivobook S 14 OLED S5406
Aplikasi

Ini 5 Aplikasi Kesehatan, Bisa Pesan Obat hingga Konsultasi

Gadgetren – Aktivitas sehari-hari yang padat di kehidupan perkotaan membuat sebagian besar orang melupakan untuk berolahraga agar dapat menjaga kebugaran.

Oleh karenanya di tengah masyarakat urban kini semakin marak penggunaan asisten kebugaran yang menjelma dalam beragam perangkat pintar termasuk smartwatch, ponsel pintar, hingga aplikasi kesehatan.

Hal inilah yang membuat banyak pengembang berlomba-lomba menghadirkan aplikasi kesehatan dalam membantu ingat soal tubuhnya hanya dalam genggaman tangan. Saat ini ada beragam aplikasi kesehatan yang dirancang untuk membantu pengguna memantau dan meningkatkan kesehatan.

1. SATUSEHAT Mobile

SATUSEHAT

Aplikasi resmi dari Kementerian Kesehatan Indonesia ini bertujuan untuk mengintegrasikan berbagai data kesehatan masyarakat. Mulanya SATUSEHAT dihadirkan karena adanya pandemi di mana pengguna harus melakukan pemindaian ketika akan masuk melalui area publik.

Dengan SATUSEHAT, kamu bisa merekam data kesehatan seperti tekanan darah, gula darah, berat badan, dan lainnya. Kemudian juga dapat mengkses rekam medis seperti melihat riwayat penyakit dan pengobatan. Tak banyak orang yang tahu SATUSEHAT juga menyediakan konsultasi dengan dokter secara online dan mendapatkan informasi terbaru tentang kesehatan.

2. JKN Mobile

JKN-mobile

Aplikasi ini khusus untuk peserta JKN-KIS (Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat). Dengan JKN Mobile, kamu bisa cek status kepesertaan untuk melihat apakah kamu masih aktif sebagai peserta JKN-KIS. Kemudian kamu juga bisa mencari rumah sakit atau puskesmas terdekat dan melakukan cek tagihan dan riwayat tagihan serta pembayaran.

3. Alodokter

Alodokter

Aplikasi ini menyediakan informasi kesehatan yang sangat lengkap dan mudah dipahami. Pada saat pandemi melanda, Alodokter menjadi rujukan pembelian obat untuk penyembuhan gejala maupun pasien yang sudah terpapar. Pengguna juga dapat berkonsultasi dengan dokter sesuai dengan penyakit yang dideritanya.

Alodokter juga memiliki komunitas yang cukup aktif sehingga pengguna dapat saling berbagi pengalaman dan informasi. Selain itu memiliki fasilitas pemeriksaan lab yang bisa dilakukan di rumah dan layanan darurat seperti untuk panggilan ambulans dan pengiriman obat cepat.

4. Halodoc

Aplikasi-Halodoc-Android

Halodoc adalah salah satu aplikasi kesehatan yang menawarkan berbagai fitur untuk memudahkan akses terhadap layanan kesehatan yang juga memiliki rujukan berbagai layanan kesehatan. Beberapa fitur utama yang ditawarkan oleh Halodoc seperti konsultasi dokter spesialis berbagai bidang melalui chat, video call, atau telepon.

Dengan begitu berguna untuk mendapatkan diagnosis awal atau konsultasi terkait kondisi kesehatan. Kemudian memungkinkan pengguna dapat memesan obat-obatan bebas maupun resep melalui aplikasi yang nantinya diantar langsung ke rumah dalam waktu yang relatif singkat.

Melalui Halodoc, pengguna juga bisa melakukan Penjadwalan untuk pemeriksaan, rawat inap, dan berbagai layanan kesehatan lainnya di rumah sakit rekanan. Halodoc juga memiliki fitur darurat medis untuk menghubungi ambulans atau mendapatkan bantuan medis lainnya dengan cepat. Selain itu tersedia fitur lainnya seperti pengingat minum obat, kalender menstruasi, dan artikel kesehatan.

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.

Tinggalkan Komentar