Smartphone

OPPO F3 Plus vs Vivo V5 Plus. Mana Smartphone Dua Kamera Selfie Paling Bagus?

OPPO F3 Plus vs Vivo V5 Plus Header

Kini tren selfie di Indonesia semakin meningkat. Hal ini terbukti dengan laris manisnya penjualan smartphone dengan kamera depan beresolusi tinggi untuk melakukan selfie.

Dua perusahaan yang gencar dengan smartphone kamera depan beresolusi tinggi adalah OPPO dan Vivo. Untuk OPPO menjuluki smartphone kamera depan untuk selfie dengan nama Selfie Expert dan Vivo menjuluki smartphone kamera depan untuk selfie dengan nama Perfect Selfie.

Baru-baru ini, OPPO meluncurkan tandingan Vivo V5 Plus yang bernama OPPO F3 Plus. Kedua smartphone ini sama-sama bersaing pada dual-camera bagian depannya yang bisa dibilang memiliki resolusi tinggi dan keunikan.

OPPO F3 Plus vs Vivo V5 Plus

Dual-Camera depan Unik

OPPO F3 Plus dibekali dengan dual-camera depan yang memiliki kombinasi 16 MP + 8 MP yang memiliki kemampuan untuk mengambil foto selfie atau wefie dengan wide-angle yang luas.

Sedangkan Vivo V5 Plus memiliki dual-camera depan dengan kombinasi 20 MP + 8 MP yang memiliki kemampuan untuk mengambil foto selfie dengan efek bokeh (background blur yang instan).

Memang konsep dual-camera depan OPPO F3 Plus dan Vivo V5 Plus berbeda, namun OPPO F3 Plus juga bisa menghasilkan foto selfie bokeh meskipun tidak sedramatis Vivo V5 Plus.

Kamera Utama

Vivo V5 Plus dibekali dengan kamera utama beresolusi 16 MP dengan aperture f/2.0, PDAF, dan LED Flash. Sementara OPPO F3 Plus dibekali dengan kamera utama beresolusi 16 MP dengan aperture f/1.7, PDAF, OIS, dan Dual-LED Flash. Dalam hal ini OPPO F3 Plus lebih unggul

Baterai

OPPO F3 Plus memiliki baterai berkapasitas 4.000 mAh dan Vivo V5 Plus dibekali dengan baterai 3.160 mAh. Meskipun Vivo V5 Plus lebih efisien dalam mengonsumsi baterai, namun OPPO F3 Plus memiliki baterai berkapasitas besar yang membuatnya bisa bertahan lama.

Layar

Kedua smartphone ini sama-sama memiliki layar beresolusi Full HD (1.920 x 1.080 piksel), berteknologi IPS, dan dilindungi kaca anti gores Corning Gorilla Glass 5. Hal yang membedakannya pada ukuran layar OPPO F3 Plus dengan lebar 6 inci dan Vivo V5 Plus dengan layar 5,5 inci. Kalau soal ukuran, Vivo V5 Plus lebih unggul.

Spesifikasi Hardware

OPPO F3 Plus dibekali dengan prosesor Qualcomm Snapdragon 653 Octa-core 1,95 GHz, RAM 4 GB, dan penyimpanan internal 64 GB yang dapat ditambahkan microSD. Sedangkan Vivo V5 Plus memiliki prosesor Qualcomm Snapdragon 625 Octa-core 2 GHz, RAM 4 GB, dan penyimpanan internal 64 GB yang tidak dapat ditambahkan microSD. Dari sisi performa, OPPO F3 Plus lebih unggul dibandingkan Vivo V5 Plus.

Fitur Lainnya

Keduanya sama-sama telah dibekali dengan sensor fingerprint pada tombol home fisik dan dukungan dua kartu SIM dengan jaringan 4G-LTE. Untuk OPPO F3 Plus memiliki ColorOS 3.0 berbasiskan Android 6.0 Marshmallow dan Vivo V5 Plus dengan FunTouch OS 3.0 berbasiskan Android 6.0 Marshmallow.

Harga

Dari sisi harga, OPPO F3 Plus dibanderol dengan harga Rp 6,5 juta yang lebih mahal dibandingkan Vivo V5 Plus dengan harga Rp 5,5 juta.

Kesimpulan

Dari segi performa, spesifikasi hardware, dan daya tahan baterai maka OPPO F3 Plus juaranya. Namun apabila dilihat dari sisi harganya yang terjangkau maka Vivo V5 Plus.

Sebagai tambahan, OPPO F3 Plus cocok bagi Kamu yang menyukai foto selfie atau wefie dengan sudut yang luas. Sementara Vivo V5 Plus cocok bagi Kamu yang menyukai foto selfie dengan menarik, terutama dengan efek bokeh.

Leave a Comment