Berita

Teknopolis 2017 Resmi Dibuka, Hadirkan Beragam Produk Teknologi Terbaru

TEKNOPOLIS 2017 Header

Hari ini secara resmi Erajaya bekerja sama dengan Traya membuka ajang bergengsi Teknopolis 2017 di Hall A, Jakarta Convention Center. Sponsor utama dalam acara ini adalah BCA.

Teknopolis 2017 akan diselenggarakan secara resmi mulai dari tanggal 9-11 Juli 2017 jam 11.00-22.00 WIB. Dalam acara ini, pengunjungnya akan disuguhkan seminar dan pameran produk teknologi dari berbagai brand.

Selain itu, Teknologi Internet of Things yang saat ini sedang berkembang akan turut dihadirkan dalam acara yang satu ini. Untuk pembukaan pertama diawali dengan sambutan dari Hasan Aula selaku Presiden Direktur Erajaya.

Hasan Aula bersama Erajaya selaku panitia bersama mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah karena telah mendukung diadakannya pameran teknologi ini. Menurut Aula, Teknopolis 2017 dapat menjadi wadah untuk memamerkan berbagai teknologi yang saat ini sedang berkembang, baik smartphone, televisi, wearable, smartband, smarwatch, drone, peralatan rumah, hingga perangkat Internet of Things.

Teknopolis opening

Pertumbuhan perangkat teknologi Internet of Things sangat pesat untuk saat ini sehingga dapat memberika lapangan pekerjaan baru dan meningkatkan perekonomian negara Indonesia.

Aula mengatakan Teknopolis 2017 merupakan tanggung jawab Erajaya dalam memberikan pengetahuan perkembangan teknologi terbaru kepada semua orang dalam pameran.

Selanjutnya Santoso selaku Direktur BCA mengatakan bahwa telah melihar bagaimana masyarakat perlu mengawal Internet of Things karena teknologi ini sedang berkembang dan bisa menambah efisiensi untuk masyarakat yang berujung pada pertumbuhan ekonomi yg lebih baik.

Santoso pun mengatakan bahwa masyarakat Indonesia atau pengunjung Teknopolis 2017 bisa menyaksikan inovasi-inovasi dari pelopor nama besar produk. Selanjutnya, Santoso mengatakan “BCA memiliki visi besar terhadap layanan perbankan berbasis teknologi, karenanya ajang pameran teknologi seperti TEKNOPOLIS ini sangat sesuai dengan visi BCA tersebut”

BCA ingin memberikan kemudahan layanan transaksi perbankan yang lebih efektif dan efisien kepada tiap nasabah kami, dan di Teknopolis ini nasabah bisa secara langsung mengalami hal itu.  Bahkan BCA pun telah melakukan inovasi terhadap layanan eBanking miliknya secara virtual yang juga menggunakan teknologi Kecerdasan Buatan agar bisa melayani masyarakat dengan lebih baik.

Teknopolis Rudiantara

Sementara itu, Rudiantara selaku Menteri Komunikasi dan Informatika RI  mengemukakan perlunya inovasi dalam menyambut era Internet of Things (IoT), agar Indonesia tidak tertinggal dari perkembangan global. “Internet of Things tidak semata-mata bergantung pada perangkat, namun juga perlu adanya ekosistem dan connectivity. Saat ini konektivitas 4G di Indonesia sudah congest atau terlalu penuh. Untuk itu perlu penataan ulang alokasi frekuensi dari para operator di Indonesia. Content juga menjadi ekosistem yang penting dalam perkembangan IoT, terutama di social media.”

Indonesia akan memiliki puncak bonus demogtrafi pada tahun 2028-2032. Artinya pada masa-masa itulah generasi usia produktif jumlahnya dua kali lipat dari jumlah usia non-produktif. Pada tahun 2030, ekonomi Indonesia akan setara dengan 2,5 kali ekonomi pada tahun 2016 lalu. Selanjutnya tinggal bagaimana cara bangsa Indonesia untuk mempersiapkan bonus demografi tersebut sehingga bisa menjadi pemenang dengan memanfaatkan perkembangan teknnologi.

“Semoga pameran Teknopolis ini tidak sekadar tempat jual-beli, melainkan juga menjadi tempat pendidikan/ literasi level bagi masyarakat Indonesia mengenai Internet of Things (IoT). Saya berharap nantinya pameran seperti ini akan ada di kota-kota di luar Jawa,” imbuh Rudiantara.

Diharapkan dengan terselenggaranya Teknopolis 2017 bertema “Technology in Your Hand : That Change The Way We Live, Work, and Play” dapat memberikan wawasan terbaru mengenai dunia perkembangan teknologi saat ini di tanah air maupun dunia.

Bagi Gadgeter yang merupakan penggemar teknologi dan ingin melihat secara langsung beragam teknologi terbaru yang hadir di Indonesia, jangan lewatkan Teknopolis 2017 pada tanggal 9-11 Juni 2017 di Hall A Jakarta Convention Center.

*Disclosure : Gadgetren merupakan salah satu media partner Teknopolis 2017

Leave a Comment