Berita

AMD Ryzen 5 Hadir di Indonesia Dengan Performa Tinggi, Harga Rendah

Ryzen 5 Launch Header

GADGETREN – Advance Micro Device .Inc atau yang lebih dikenal dengan nama AMD secara resmi telah memboyong seri prosesor anyar mereka ke Indonesia, yakni Ryzen 5.

Pada bulan lalu AMD telah meluncurkan Ryzen 7 yang cukup menggemparkan hingga membuat banyak mata fokus ke produk mereka tersebut karena bersaing dengan Intel Core i7 untuk para antusias dengan harga yang lebih terjangkau.

AMD tidak mau berhenti di situ saja dan ingin merebut segmen kelas menengah melalui produk Ryzen 5 ini. Seperti yang diketahui, banyak gamer yang lebih memilih prosesor dengah harga di bawah Rp 3.500.000 dibandingkan kelas antusias. Nah, AMD menghadirkan model 1600X, 1600, 1500X, dan 1400X yang bisa kamu pilih sesuai dengan ketersediaan dana.

AMD Ryzen 5 1600X dan 1600 hadir untuk memenuhi kamu yang ingin bermain game dengan lancar sekaligus melakukan streaming kepada para pengikut atau sekedar ingin berbagi. Prosesor yang memiliki 6-core dan 12-thread ini memberikan keunggulan di sisi penggunaan daya rendah, namun tetap memiliki kemampuan proses multi-core yang cukup tinggi.

Seperti yang kita ketahui, segmen streamer atau penyiar game semakin banyak khususnya untuk E-Sport yang semakin menjadi tren. Dengan adanya prosesor ini, kamu sekarang tidak harus merakit komputer dengan harga yang sangat mahal untuk bisa bergabung menjadi salah satu streamer. Ryzen 5 1600X memungkinkan kamu untuk menikmati game dalam 60FPS di resolusi Full HD 1080p sekaligus melalukan streaming secara bersamaan.

Ryzen 5 Demo

Versi di bawahnya ada AMD Ryzen 5 1500X dan 1400X yang diperuntukan bagi para gamer yang ingin kinerja tinggi dengan harga yang lebih terjangkau dibandingkan kompetitor. Prosesor dengan 4-core dan 8-thread ini juga dilengkapi dengan teknologi AMD SenseMI yang dapat menganalisa dan mempelajari bagaimana kamu menggunakan sebuah aplikasi agar bisa memberikan kinerja lebih.

Tidak lupa juga dengan teknologi XFR (Extended Frequency Range) atau perpanjangan rentan frekuensi. Mudahnya, XFR ini menyesuaikan kecepatan dengan pendinginkan CPU sehinggan memungkinkan kamu mendapatkan tambahan kecepatan secara cuma-cuma. Jadi kamu seperti melakukan overclocking otomatis dengan hanya mengganti sistem pendingin yang lebih baik.

Menariknya Ryzen ini bisa dipasangkan ke berbagai motherboard dengan infrastruktur AM generasi sebelumnya. Tentu saja akan ada beberapa fitur yang berjalan secara default dan tidak bisa kamu otak-atik. Oleh karena itu sangat disarangkan kamu menggunakan motherboard AM4 terbaru walaupun memang tidak wajib.

Buat kamu yang bingung dan tidak terlalu kenal dengan ekosistem prosesor AMD, Ryzen 5 bersaing secara langsung dengan prosesor Intel Core i5 generasi ke-7 atau Kaby Lake yang merupakan generasi terbaru. Ryzen 5 1500X dapat langsung disandingkan bersama dengan Core i5 7500K sedangkan untuk 1600X dapat disandingkan dengan Core i5 7600K. Memang Ryzen 5 tidak unggul secara signifikan, namun dengan harga yang ditawarkan membuatnya sangat menawan.

Harga Ryzen 5 sendiri di Indonesia sangat kompetitif dan bisa menggoyahkan iman kamu yang sudah menjadi fans di tim lain. Ryzen 5 model 1400X dihargai Rp2.350.000, 1500X dihargai Rp2.650.000, 1600 dihargai Rp2.999.000 dan 1600X dihargai Rp3.490.000. Jauh lebih terjangkau dibandingkan prosesor beberapa tahun belakangan ini bukan?

Ryzen 5 Harga

About the author

Fauzi Rasyad

Seorang gamer akut dan pecinta kucing yang juga selalu memantau perkembangan teknologi terbaru terutama yang berhubungan dengan gaming

Writer di Gadgetren

Leave a Comment