Tips dan Trik

Cara Mengembalikan WhatsApp ke Versi Lama di Smartphone Android

Cara Mengembalikan WhatsApp ke Versi Lama

Kini WhatsApp menjadi aplikasi messaging nomor satu di dunia. Bisa dibilang layanan dan aplikasi yang dimiliki Facebook menjadi 3 besar dunia, seperti Facebook, Instagram, dan WhatsApp.

Secara bertahap ketiga layanan tersebut bisa saling terintegrasi sehingga memberikan pengalaman baru bagi penggunanya. Beberapa waktu lalu, secara resmi Facebook melakukan update yang cukup besar terhadap WhatsApp dengan menampilkan fitur status baru yang mirip dengan Instagram Story, bahkan banyak yang menyebutnya WhatsApp Story.

Namun ternyata banyak orang yang agak risih dengan update dari WhatsApp terbaru ini karena status yang terlalu dinamis dan menu Contacts yang telah berada di menu Calls. Nah, bagi Gadgeter yang ingin mengembalikan WhatsApp ke versi lama atau downgrade versi WhatsApp maka dapat melihat langkah-langkah yang saya sajikan sebagai berikut ini.

Cara Mengembalikan WhatsApp ke Versi Lama

  1. Sebelum melakukan downgrade, sebaiknya kamu melakukan backup chat terlebih dahulu dengan cara menu berlambang tiga titik di pojok kanan atas WhatsApp dan selanjutnya memilih menu Settings.
  2. Gadgeter dapat memilih menu Chats dan langsung memilih menu Chat Backup. Nantinya akan dihadapkan pada halaman status Backup dan bisa langsung menekan tombol BACK UP untuk menyimpanan data chat di Google Drive.
  3. Setelah backup selesai maka kamu dapat langsung melakukan uninstall aplikasi WhatsApp pada smartphone Android atau iPhone.
  4. Selanjutnya, download APK WhatsApp langsung dari sini
  5. Setelah APK berhasil diunduh maka langsung lakukan proses instalasi, biasanya Gadgeter akan mendapatkan pesan bahwa aplikasi dari sumber tidak dikenal atau Unknown Source, untuk bisa melewati peringatan ini maka dapat melakukan pengaturan di Settings > Security > Unknown Source atau sumber tidak dikenal.
  6. Nantinya Unknown Source atau sumber tidak dikenal harus Gadgeter centang agar bisa mengizinkan aplikasi dari APK diinstal.
  7. Setelah semua tahap di atas selesai dikerjakan maka aplikasi akan terinstal dan Gadgeter dapat menikmati WhatsApp versi lama. Selamat mencoba.

About the author

Adhitya Wibawa Putra

Pengguna OnePlus yang suka dengan dunia Gadget dan IT. Sekarang jadi Lead Editor di Gadgetren. Instagram : @awpwebanimator

Leave a Comment

4 Comments