Tips dan Trik

Ga Perlu Smartwatch, Kamu Bisa Lacak Kesehatan Pakai Huawei P9

smartphone jaga kesehatan

Kini banyak smartphone maupun perangkat wearable di dunia yang telah mendukung penggunanya agar selalu bugar ketika dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Biasanya pengguna smartphone atau perangkat wearable bisa menggunakan aplikasi mobile yang dapat memantau langkah penggunanya maupun mengatur aktivitas olahraga.

Salah satu smartphone yang mendukung penggunanya untuk selalu mengecek kesehatannya maupun melakukan aktivitas olahraga adalah Huawei P9. Dalam perangkat ini, Huawei telah mengintegrasikan aplikasi kesehatan bawaan yang bernama Health.

Ketika pengguna mengaksesnya maka akan dihadapkan pada halaman utama yang terdiri dari informasi jumlah langkah, kalori yang dibakar, jarak yang ditempuh, berat badan, dan tombol Start untuk memulai aktivitas olahraga.

Jumlah langkah sendiri akan terhitung secara otomatis ketika berjalan dan membawa smartphone. Sementara itu, kalori yang dibakar dan jarak tempuhnya akan diperhitungkan berdasarkan algoritma yang dimiliki oleh aplikasi Health. Sementara itu, data berat badan sendiri dapat dimasukkan oleh penggunannya.

Pengguna Huawei P9 juga dapat mengatur target atau Goal kesehatan yang diinginkan, mulai dari banyaknya langkah yang harus ditempu, berat badan yang ingin dicapai, dan kalori yang bisa dibakar. Untuk mengaturnya, pengguna smartphone ini dapat mengakses menu 3 garis yang berada di bagian kiri atas dan langsung memilih menu Goals.

Dalam halaman menu Goals, penggunanya dapat mengatur jumlah langkah yang ditempuh mulai dari 2.000 hingga 20.000 langkah per harinya pada menu Goal. Sementara itu, target berat badan idaman pun dapat dipilih pada menu Target Weight.

Nantinya jumlah langkah yang telah ditempuh penggunanya pun akan muncul di lock screen karena aplikasi Health telah terintegrasi dengan EMUI milik Huawei. Hal ini dimaksudkan agar penggunanya mengetahui jarak yang sudah ditambah dan membuatnya tambah semangat untuk mencapai target yang telah ditetapkan.

Selain itu, pengguna aplikasi ini juga dapat mencoba aktivitas olahraga dengan mengakses tombol Start dan memiliki jenis aktivitas olahraga yang akan dilakukan, mulai dari berlari, berjalan, hingga bersepeda. Tak ketinggalan, pengaturan target atau Goal aktivitas olahraga dapat dimasukkan yang terdiri dari jarak mulai dari 1 hingga 100 km, waktu mulai dari 10 menit hingga 4 jam, dan kalori yang terbakar mulai dari 100 kcal hingga 2000 kcal.

Apabila semuanya sudah ditentukan sesuai keinginan maka penggunanya dapat langsung menekan tombol Start. Selanjutnya, pengguna aplikasi ini akan dihadapkan pada peta koordinat titik awal hingga titik akhir melakukan olahraga, jarak yang berhasil ditempuh, kecepatan, dan kalori yang terbakar.

Ketika penggunanya telah menyelesaikan aktivitas olahraga maka dapat langsung menyapu tombol Slide to Pause dan memilih tombol Stop. Nantinya informasi hasil olahraga yang berupa data kecepatan, jarak yang ditempuh, waktu, dan kalori yang dibakar dapat langsung dibagi ke jejaring sosial. Tentunya dengan aplikasi kesehatan semacam ini dapat membuat Gadgeter bersemangat dalam berolahrga. Selamat mencoba.

Leave a Comment