Tips dan Trik

Cara Menambahkan Watermark Foto dengan Cepat dan Mudah di Huawei P9

Kini mengunggah foto ke media sosial, website, maupun blog pribadi merupakan sesuatu hal yang biasa. Sayangnya banyak orang tidak bertanggung jawab yang mengunduh foto orang lain tanpa izin dan mengunggahnya kembali ke media sosial, website, maupun blognya dengan mengakui milikinya sendiri.

Untuk itu, sekarang banyak orang yang mengunggah foto hasil buatannya sendiri dengan menggunakan sebuah tanda berupa tulisan, logo, maupun keterangan lainnya yang diberi nama watermark. Biasanya pengguna media sosial banyak yang membubuhkan nama, inisialnya, bahkan akun media sosialnya sebagai watermark.

Biasanya untuk menyematkan watermark pada hasil foto yang telah diambil, Gadgeter harus mengeditnya menggunakan aplikasi edit foto yang dapat diunduh di toko aplikasi atau software pengedit foto di komputer, seperti Photoshop, GIMP, dan masih banyak lagi.

Namun ada beberapa smartphone juga yang memiliki fitur edit foto yang lengkap telah ditanamkan pada aplikasi Gallery bawaannya, seperti Huawei P9. Smartphone yang satu ini memiliki fitur edit foto yang bermacam-macam, mulai dari penambahan efek-efek hingga watermark pada foto. Selain itu, dalam smartphone ini terdapat beberapa jenis watermark yang terdiri dari nama pengguna, tempat serta waktu, dan tanda Huawei P9 Leica Dual Camera.

Penambahan watermark nama pengguna

Untuk mulai bisa menambahkan watermark ini penggunanya dapat membuka aplikasi Gallery bawaan Huawei P9 dan memilih foto yang diinginkan. Selanjutnya, pilih menu Edit dan menu Label. Selanjutnya, penggunanya akan dihadapkan pada menu Label yang memiliki berbagai label yang dapat dipilih. Untuk menyisipkannnya nama saja, penggunanya cukup memiliki lambang lingkaran yang dicoret dan dapat langsung mengetikkan nama yang diinginkan.

Sementara itu, pada menu Text akan diberikan pilihan untuk menentukan warna tulisan dan efeknya, seperti tebal, miring, serta bayangan. Setelah semuanya sesuai keinginan, maka penggunanya dapat langsung menyimpannya di smartphone dan dapat dibagikan ke jejaring sosial lengkap dengan watermark nama penggunanya.

Penambahan watermark tempat dan waktu

Untuk watermark yang satu ini dapat dilakukan dengan dua cara, pertama penggunanya dapat membuka aplikasi kamera bawaan Huawei P9 dan menyapu layar dari kiri kanan. Pada menu mode, penggunanya dapat memiliki watermark.

Selanjutnya, pengguna smartphone ini dapat mengambil foto secara langsung dengan watermark tempat dan waktu. Bentuk watermark ini sendiri beraneka ragam sehingga penggunanya dapat memilih menu More ketika sedang melakukan foto. Hasilnya akan langsung disimpan di smartphone.

Metode lainnya, memilih foto pada aplikasi Gallery dan memilih menu Edit. Kemudian, penggunanya dapat memilih menu Watermark dan menentuk jenis watermark yang diinginkan. Setelah kreasinya dirasa cukup maka dapat langsung menyimpannya di smartphone.

Penambahan watermark Huawei P9 Leica Dual Camera

Salah satu keunikan yang dimiliki smartphone flagship Huawei P9 adalah dua kamera utama yang merupakan hasil kerja sama antara Huawei dan Leica. Bisa dibilang hasil foto dari kamera yang dimilikinya terbilang unik dan bagus.

Penggunanya bisa memasukkan watermark yang bertuliskan Huawei P9 Leica Dual Camera pada hasil foto dari smartphone ini sehingga hasilnya akan tampak gagah.

Untuk bisa mengaktifkannya, penggunanya cukup membuka aplikasi kamera dan membuka menu Settings dengan menyapu layar dari kanan ke kiri. Nantinya pengguna Huawei P9 dapat langsung mengaktifkan menu Automatically add watermarks. Setelah menu tersebut aktif maka setiap kali penggunanya mengambil foto akan tersemat watermark bertuliskan Huawei P9 Leica Dual Camera.

Leave a Comment

2 Comments