Berita

Mau Baterai Smartphone Hemat? Cukup Uninstall Aplikasi Facebook

facebook-mobile-header

[Sumber gambar: flickr]

Mungkin kita sering merasa baterai smartphone cepat habis atau boros sehingga haris dicas berkali-kali dalam sehari-hari. Ternyata aplikasi Facebook mobile menjadi salah satu penyebab baterai perangkat Android atau iOS terkuras. Kok bisa?

Tech World zone baru-baru ini menguji aplikasi Facebook mobile pada Nexus 6P. Hasil tes menunjukkan bahwa setelah satu minggu menghapus aplikasi Facebook mobile, daya tahan baterai meningkat 20%. Selain memperbaiki masalah baterai yang terkuras, ternyata menghapus aplikasi juga bisa meningkatkan kinerja ponsel Android.

Tanpa disadari aplikasi Facebook mobile sebenarnya terus aktif meskipun tidak digunakan. Aplikasi terpopuler ini berjalan di belakang (background) dan memberikan notifikasi secara instan. Inilah alasan utama mengapa Facebook mobile membutuhkan konsumsi baterai besar.

Menanggapi hal ini pihak Facebook telah mengeluarkan pernyataan mengenai isu kinerja ponsel dan tablet Android yang dipasangi aplikasi Facebook mobile

“Kami telah mendengar laporan dari beberapa orang yang mengalami masalah performa yang disebabkan aplikasi Android kami. Saat ini kami sedang menyelidiki dan akan terus memberikan update sesering mungkin. Kami akan fokus pada penanganan dan perkembangan masalah ini,” kata juru bicara Facebook.

Setelah menghapus aplikasi, alternatifnya kita bisa mengakses Facebook mobile via Google Chrome di Android atau Safari di iOS. Tampilannya tak banyak berbeda dan notifikasi pun akan tetap ada. Dengan begitu, baterai smartphone akan bertahan lebih lama.

[ Sumber: phonearena]


Mau belanja online lebih murah? Cek aja kode diskon toko online di sini

About the author

Desy Yuliastuti

Writer, Editor, Coffee Addict.