Berita

Manakah yang Lebih Banyak di Dunia, Smartphone Android atau iOS?

iphone-vs-android-header

[Sumber gambar: flickr]

Saat ini hanya ada dua sistem operasi mobile yang paling populer digunakan di dunia, apalagi kalau bukan iOS dari Apple dan Android milik Google. Keduanya sama-sama memiliki ‘pendukung’ tersendiri serta ditunjang oleh banyak pengembang aplikasi smartphone. Namun, manakah yang lebih banyak digunakan di dunia?

Data terbaru dari perusahaan Strategy Analytics mengungkapkan dalam tiga bulan terakhir sebanyak 87% pasar smartphone di dunia dikuasai oleh Android per September 2016. Dengan kata lain, hampir 9 dari 10 smartphone di dunia menjalankan OS besutan Google ini. Angka pengiriman perangkat Android ternyata juga naik 10,3% dari tahun ke tahun hingga menyentuh angka 328.600.000 unit.

Jumlah tersebut berbanding terbalik dengan pengiriman iPhone yang menurun 5,2%, yakni 45.500.000 unit. Padahal pada periode yang sama di tahun sebelumnya, angka tersebut mencapai 48 juta. Bisa dikatakan penjualan iPhone telah menurun untuk kuartal ketiga secara berturut-turut.

Bisa jadi bermunculannya smartphone murah berbasis Android menjadi salah satu sebab Google memenangkan persaingan. Apalagi iPhone menjadi satu-satunya perangkat Apple yang menggunakan iOS sedangkan OS Android banyak dikembangkan oleh brand ternama, seperti Xiaomi, Samsung, LG, Sony, Huawei, dan bahkan Google sendiri juga meluncurkan Google Pixel Phone.

Data tahun lalu juga tercatat 60% jumlah pengguna yang mengunduh aplikasi pada Google Play Store pun lebih banyak daripada pengguna yang mengunduh pada Apple App Store. Nah, Gadgeter sendiri lebih suka pakai iOS atau Android nih?

[Sumber: cnbc]

 


Mau belanja online lebih murah? Cek aja kode diskon toko online di sini

About the author

Desy Yuliastuti

Writer, Editor, Coffee Addict.