Aplikasi Berita

Cara Asik Belajar Astronomi Lewat Game Pippo: Belajar Rasi Bintang

pippo-belajar-rasi-bintang-header

Belajar sambil bermain memang menjadi cara termudah dan menyenangkan untuk mengajarkan anak-anak. Salah satunya melalui game dan aplikasi edukasi lainnya yang dipasang di smartphone atau tablet. Banyak jenis permainan yang bisa diunduh, salah satu game edukasi ‘Pippo: Belajar Rasi Bintang’ yang dirilis Arsa Kids pada pertengahan Oktober 2016.

Sesuai namanya,’Pippo: Belajar Rasi Bintang’ dibuat untuk memperkenalkan rasi bintang sekaligus melatih daya imajinasi anak-anak, khususnya usia prasekolah. Pilihan mode permainan sengaja dibuat untuk menggugah rasa penasaran anak terhadap pengetahuan luar angkasa. Dalam permainan, anak-anak dapat mengenal rasi bintang yang berupa kumpulan titik-titik bintang yang terlihat dari langit dengan  komposisi yang berbeda di setiap pergantian bulan.

pippo-belajar-rasi-bintang-header2

Pada zaman dahulu kala, kumpulan-kumpulan titik bintang ini  menjadi alat navigasi tradisional manusia pertama untuk menentukan direksi, terutama untuk para pelaut, penjelajah dan pedagang. Perubahan komposisi bintang juga sering dijadikan penanda waktu yang penting untuk masa bercocok tanam. Manusia pun mengimajinasikan berbagai kumpulan titik-titik bintang tersebut menjadi suatu imajinasi objek/bentuk agar mudah dikenali, yang kemudian disebut rasi bintang.

Terinspirasi dari rasi bintang, game ini pun dibuat menyenangkan dan mudah karena cukup menyambung titik-titik bintang ditambah dengan aktivitas menggambar dengan menyambung titik  yang populer di banyak buku belajar menggambar anak-anak.  Aktivitas menyambung titik ini jika sering dilakukan dapat bermanfaat untuk mengembangkan daya kognitif anak terutama kemampuan mengolah pola,  kecerdasan visual spasial, pengetahuan  arah-letak-posisi dan mengenal beragam objek.

pippo-belajar-rasi-bintang-header3

‘Pippo: Belajar Rasi Bintang’ akan membawa anak untuk mengolah 3 mode permainan mengolah titik, garis, dan puzzle untuk menemukan ilustrasi rasi bintang menarik yang tersembunyi. Ilustrasi rasi bintang tersebut diambil dari 88 rasi bintang aktual dalam ilmu astronomi.

Ada 3 mode permainan, yaitu Sambung Bintang, Garis Bintang, dan Puzzle Bintang:
1. Sambung Bintang : anak-anak akan ditugaskan untuk menarik garis dari satu titik bintang ke titik bintang lain sampai semua titik bintang terhubung untuk membentuk pola rasi bintang yang diminta.

2. Garis Bintang : Jika di mode game pertama fokus pada permainan titik, mode kedua Garis Bintang akan mengajak anak-anak untuk memutar-mutar garis bintang yang sudah tersedia. Garis-garis ini masih mengarah pada direksi yang salah dan tidak menyambungkan titik-titik bintang. Tugasnya adalah untuk mengoreksi arah garis tersebut agar titik-titik bintang saling terhubung dengan benar.

3. Puzzle Bintang : Setelah selesai dengan mengolah titik dan garis, di mode kali ini anak-anak akan diminta untuk bermain puzzle, mengoreksi gambar rasi bintang yang teracak. Kemampuan untuk menyusun pola dan mengenali bentuk akan dilatih di mode permainan ini.

puzzle-bintang

‘Pippo: Belajar Rasi Bintang’ juga dilengkapi  fitur koleksi bintang, galeri yang berisi kumpulan-kumpulan
ilustrasi rasi bintang yang sudah ditemukan anak dari mode bermain.  Koleksi bintang juga dilengkapi trivia dongeng pendek tentang kisah-kisah dibalik masing-masing rasi bintang.

koleksi-bintang

trivia-rasi-bintang

Nah, bagaimana Gadgeter, menarik bukan? Kita juga bisa dengan mudah mengajarkan rasi bintang kepada
anak, adik, atau keponakan sambil mendampinginya bermain game edukasi ini. Buat yang penasaran
gimana asiknya game ‘Pippo: Belajar Rasi Bintang’, langsung saja unduh
secara gratis untuk platform Android di Google Play Store. Selamat bermain!


Mau belanja online lebih murah? Cek aja kode diskon toko online di sini

About the author

Desy Yuliastuti

Writer, Editor, Coffee Addict.