Aplikasi Review

Serunya Belajar Planet dan Obyek Angkasa di Pippo Belajar Tata Surya

Pippo Belajar Tata Surya Header

Anak merupakan generasi penerus bangsa yang perlu dipupuk Ilmu Pengetahuan sedari dini. Untuk itulah, banyak startup dan perusahaan teknologi di Indonesia yang mengembangkan aplikasi atau game interaktif bagi anak-anak.

Salah satu perusahaan teknologi lokal yang konsentrasi dengan pendidikan anak-anak adalah Arsa Kids yang berada di bawah Arsanesia. Menariknya lagi, Arsa Kids ini juga telah memproduksi game untuk belajar planet di alam semesta dengan nama Pippo Belajar Tata Surya.

Game Pippo Belajar Tata Surya ini pun sudah dapat diunduh di Google Play Store. Pada halaman utama Pippo Belajar Tata Surya ini penggunanya akan dihadapkan pada Planet, Matahari, dan Pippo yang sedang bergerak.

Selain itu, terdapat beberapa menu yang terdiri dari menu permainan, orang tua, dan game lainnya. Untuk memulainya, Gadgeter dapat langsung membuka menu permainan dengan menekan tombol segitiga seperti logo Play.

Selanjutnya, aplikasi akan memberikan 3 pilihan permainan yang terdiri dari Jelajah Tata Surya, Tebak Planet, dan Susun Orbit. Untuk itu, sebaiknya Gadgeter mengajak anaknya untuk memilih menu Jelajah Tata Surya agar mengenal lebih dekat tentang Planet, Matahari, beserta isi lainnya.

Pada permulaannya, Gadgeter dan anaknya akan dihadapkan pada Matahari yang sedang berputar lengkap dengan keterangan, musik latar belakang, dan pengucapan keterangan. Nantinya apabila Gadgeter ingin melihat Planet atau obyek lain di angkasa maka dapat menggeser layar ke arah kanan.

rps20181026_121704

Pippo yang berada di bagian bawah dengan menggunakan pesawat luar angkasa pun akan ikut bergerak ke arah Planet dan obyek lain yang dituju. Setelah Matahari, tentunya Pippo akan mengunjungi Merkurius si Planet terdekat.

Dalam game ini pun, Bumi yang merupakan tempat tinggal kita berada di urutan Planet ketiga setelah Venus. Selain Matahari dan Planet, game ini pun memperkenalkan Planet Kerdil, Lubang Hitam, Komet, hingga Galaksi.

Setelah Gadgeter merasa anaknya sudah cukup pintar dalam mengetahui Matahari, Planet, dan obyek lainnya di Tata Surya maka dapat kembali ke halaman Permainan. Selanjutnya, Gadgeter dapat memilih permainan Tebak Planet.

Pada halaman Tebak Planet, anak-anak akan ditantang untuk mencocokkan 6 planet dengan namanya. Di sini, anak-anak dapat melakukan drag nama Planet di bagian bawah dan memasukkannya ke Planet yang dianggap benar.

Apabila berhasil mencocokkannya maka game akan mengatakan nama Planetnya dan membuat Planet menjadi bersinar. Sementara apabila gagal mencocokkan maka game akan menyebutkan Uuppss.

Pada saat anak-anak berhasil mencocokkan keenam nama dengan Planetnya maka akan muncul Pippo yang mengatakan bahwa kamu hebat. Namun salah satu yang sedikit risih ketika bermain game ini adalah iklan panjang yang berada di bagian bawah sehingga menutup nama dari Planet yang membuat sedikit kesulitan untuk mengambilnya.

Salah satu cara untuk menghilangkan iklan ini adalah Gadgeter dapat membelinya sehingga menjadi versi penuh dan iklan secara otomatis akan menghilang. Selain permainan menyocokkan nama Planet, Gadgeter pun dapat bermain menyusun orbit yang dapat diakses di halaman Permainan.

Untuk itu, Gadgeter dapat kembali ke halaman Permainan dan memilih menu Susun Orbit. Dalam permainan ini Gadgeter dan anaknya akan dihadapkan pada garis orbit di Tata Surya lengkap dengan Planet yang dapat dipilih di sebelah kanan.

Tugas dalam permainan ini adalah menyocokkan antara Planet dengan urutan garis Orbitnya. Sebenarnya permainan ini melatih penggunanya untuk mencocokkan angka dengan garisnya karena game akan memperlihatkan nama Planet lengkap dengan angka susunan garis Orbitnya.

Jika anak berhasil menyimpan Planet pada garis Orbit yang sesuai maka Planet akan bercahaya dan akan berputar di garis Orbit tersebut. Namun apabila gagal maka game akan mengatakan Coba lagi dan lainnya.

Apabila berhasil menyusun semua Planet sesuai Orbitnya maka game akan memberikan Reward dengan gambar Pippo lengkap dengan Planet dan tulisan Kamu Berhasil. Bisa dibilang Reward ini mampu memacu anak-anak untuk terus belajar dan bermain.

Secara keseluruhan, game Pippo Belajar Tata Surya ini memiliki desain karakter, obyek, dan latar belakang yang menarik. Bahkan animasi, musik latar, dan suara yang bisa dibilang interaktif. Namun menurutnya saya, sebaiknya Arsa Kids menambahkan galaksi lain maupun obyek angkasa lainnya untuk lebih menambah wawasan anak-anak.

Bagi Gadgeter dan anaknya yang ingin memainkan Pippo Belajar Tata Surya ini maka dapat langsung mengunduh aplikasi ini di Google Play Store. Selain itu, apabila ada Gadgeter yang telah bermain game ini mungkin dapat menceritakan pengalamannya pada kolom di bawah ini .

Tinggalkan Komentar