Smartphone

Duel: iPhone 6s vs iPhone 7 – Apakah Setimpal Untuk Ikut Upgrade?

iPhone 6s vs iPhone 7 Header

Apple pada September 2016 resmi telah meluncurkan smartphone terbaru mereka, yakni iPhone 7. Cukup banyak orang yang menginginkannya terutama para fans produk Apple. Lalu bagaimana dengan kamu yang telah menggunakan perangkat iPhone satu generasi sebelumnya?

Oleh karena itu, dalam iPhone 6s vs iPhone 7 ini kita akan melihat apakah punya perbedaan yang setimpal untuk mengganti dengan perangkat terbaru dari Apple tersebut.

Baca Juga:

Sebagai pembuka mari kita lihat desain iPhone 6s vs iPhone 7. Secara keseluruhan tidak ada yang berbeda jauh dari keduanya, bahkan masih menggunakan desain unibody berbahan aluminium. Dari segi varian warna, iPhone 7 mempunyai pilihan baru dengan warna black dan jet black.

Perbedaan iPhone 6s dan iPhone 7 dari segi desain berupa digantinya tombol Home fisik menjadi touch dengan haptic feedback. Ketahanan iPhone 7 juga lebih unggul dikarenakan perangkat satu ini mempunyai sertifikat IP67 yang berarti tahan debu dan air hingga kedalaman 1 meter selama 30 menit.

Layar

Perbandingan iPhone 6s vs iPhone 7 yang kedua merupakan layar. Ukuran keduanya tetap sama dengan bentang 4,7 inci dan resolusi 1334 x 750 pixels. Namun dari segi keakuratan dan keindahan warna, iPhone 7 lebih unggul. iPhone 6S sudah mendukung 3D Touch dan begitu juga dengan iPhone 7, hanya saja untuk perangkat terbar dari Apple ini sudah menggunakan layar yang didesain secara khusus untuk mendukung teknologi 3D Touch.

Performa

iPhone 6s mengusung chipset A9 yang merupakan Dual-Core, sedangkan iPhone 7 menggunakan A10 Fusion terbaru dengan Quad-Core. Lalu antara iPhone 6s vs iPhone 7 siapa yang menang? Sebenarnya tidak perlu dipertanyakan lagi siapa pemenangnya, perangkat terbaru dari Apple tersebut lebih efisien dan dikatakan dua kali lebih cepat dibandingkan pendahulunya.

Kapasitas betari juga meningkat dari 1715 mAh menjadi 1950 mAh. Dengan menggunakan A10 maka perangkat dikatakan memiliki ketahanan daya tambahan hingga 2 jam lebih lama dikarenakan terdapat inti bertenaga rendah untuk menjalankan aplikasi latar. Untuk mendukung multitasking juga ditambahkan RAM sebesar 2GB yang lebih besar dibandingkan iPhone 6s.

iphone7-variant

Kamera

Walaupun iPhone 6s vs iPhone 7 sama-sama mempunyai kamera utama 12MP, namun iPhone 7 mampu menerima cahaya lebih baik. Selain itu juga iPhone 7 mempunyai empat LED Flash. Untuk menghasilkan pencahayaan lebih natural. Perbedaan paling mendasar terdapat pada teknologi Optical Image Stabilizer (OIS) yang sekarang tersemat pada perangkat terbaru besutan Apple tersebut.

Fitur

Perbedaan iPhone 6s vs iPhone 7 selanjutnya terdapat pada fitur konektivitas. iPhone 7 secara resmi menghilangkan 3.5mm audio jack yang sempat menjadi perbincangan panas. Kini perangkat terbaru Apple tersebut hanya menyediakan Lightning Port saja, namun hilangnya audio port tersebut digantikan oleh stereo speaker.

Harga

Kategori terakhir tentang iPhone 6s vs iPhone 7, yakni soal harga. Untuk iPhone 7 di Indonesia memiliki label harga mulai dari Rp 10 jutaan ke atas mulai dari varian penyimpanan internal 32GB. Untuk varian 128GB bisa mencapai harga sekitar Rp 12 jutaan.

[harga iphone 7]

Sedangkan untuk harga iPhone 6s mulai dari Rp 8 jutaan dengan varian 16GB. Perbedaannya tidak terlalu jauh memang apalagi untuk varian kapasitas penyimpanan internal 128GB keduanya cukup berdekatan.

[harga iphone 6s]

Kesimpulan

Setelah menjelaskan perbedaan iPhone 6s vs iPhone 7 tersebut, maka dapat dilihat bahwa iPhone 7 lebih tangguh dari sisi performa maupun ketahanan. Namun, apakah setimpal bila upgrade dari iPhone 6s?

Jika kamu sudah memiliki iPhone 6s sebaiknya ditahan saja untuk upgrade dan lebih menunggu generasi selanjutnya yang dipastikan akan memiliki perbedaan kinerja yang signifikan melihat dari performa yang dimiliki oleh iPhone 7.

Buat kamu yang ingin membeli iPhone untuk pertama kali atau upgrade dari iPhone 5 ke bawah maka sebaiknya membeli iPhone 7 saja. Walaupun kamu harus membayar sedikit lebih mahal, tetapi untuk membeli sebuah perangkat baru akan lebih sepadan karena teknologi dan fitur yang sudah lebih matang.

 

About the author

Fauzi Rasyad

Seorang gamer akut dan pecinta kucing yang juga selalu memantau perkembangan teknologi terbaru terutama yang berhubungan dengan gaming

Writer di Gadgetren

Leave a Comment