Smartphone

Perbedaan iPhone 6s dan 6 Plus. Mana yang Layak Dibeli?

iPhone 6s Header Leak

Gadgetren – Meskipun Apple telah meluncurkan smartphone terbarunya di dunia yang bernama iPhone XS, iPhone XS Plus, dan iPhone XR, namun ternyata masih banyak orang Indonesia yang penasaran dengan iPhone 6s dan iPhone 6 Plus.

Bisa dibilang banyak orang menjadi penasaran dengan kedua iPhone karena secara otomatis harganya menjadi sangat murah akibat yang sudah jauh generasinya dibandingkan ketiga iPhone terbarunya.

Untuk itu, bagi Gadgeter yang mungkin ingin membelinya maka dapat melihat perbandingan antara iPhone 6s dan 6 Plus sebagai berikut ini :

Tahun rilis

Kita ketahui bersama bahwa iPhone 6 Plus diluncurkan pada tahun 2014 yang lebih dahulu dibandingkan iPhone 6s pada tahun 2015 sehingga dari segi fitur, spesifikasi, hardware, dan desain iPhone 6s lebih unggul dibandingkan dengan iPhone 6 Plus.

Spesifikasi Hardware

iPhone 6s memiliki spesifikasi hardware yang lebih tinggi dibandingkan dengan iPhone 6 Plus. Hal ini terlihat dari penggunaan chipset Apple A9 dan RAM 2 GB pada iPhone 6s lebih bagus dibandingkan iPhone 6 Plus yang hanya menggunakan Apple A8 dan RAM 1 GB.

Layar

Lebar layar iPhone 6 Plus ini sudah kekinian karena mencapai 5,5 inci dengan resolusi Full HD+ dan berteknologi IPS. Sementara iPhone 6s masih menggunakan layar 4,7 inci dengan resolusi 1334 x 720 piksel dan IPS. Tentu saja ukuran lebar ini tergantung selera dari penggunanya. Bahkan iPhone 6s sendiri sudah canggih karena menggunakan fitur 3D Touch.

Kamera

iPhone 6s ini memiliki kamera belakang 12 MP dan kamera depan 5 MP yang dapat menghasilkan foto bagus. Sudah jelas, kamera iPhone 6 Plus kalah bersaing karena teknologi lama dan mempunyai resolusi 8 MP untuk kamera belakang dan resolusi 1,2 MP untuk kamera depannya.

Baterai

iPhone 6 Plus ini memiliki baterai dengan kapasitas 2915 mAh yang lebih besar dibandingkan iPhone 6s dengan kapasitas 1715 mAh. Berdasarkan pengujian iPhone 6 Plus mampu bertahan selama 380 jam ketika stand-by di jaringan 3G dan iPhone 6s mampu bertahan selama 240 jam ketika stand-by di jaringan 3G.

Fitur Lainnya

Kedua smartphone ini sama-sama dibekali dengan sensor fingerprint pada bagian depan, Apple Paly, port Lightning, Bluetooth, GPS, Wi-Fi, dan iOS yang dapat ditingkatkan hingga versi 12.1.

Harga

Kini harga iPhone 6s di Indonesia dimulai dari Rp 3,5 juta untuk varian terendah. Sementara iPhone 6 Plus dimulai dari Rp 2,9 juta untuk varian terendah. Harga murah ini wajar mengingat dukungan sistem operasi untuk keduanya akan segera berakhir.

Kesimpulan

Apabila dilihat dari performa, spesifikasi hardware, dukungan sistem operasi, kamera belakang, kamera depan, dan tahun rilisnya maka iPhone 6s menjadi pilihan menarik. Sementara jika dilihat dari harga, daya tahan baterai, dan lebarnya layar maka iPhone 6 Plus menjadi pilihan yang menarik.

Tinggalkan Komentar