Feature Phone

Review Wiko Robby – Cuma Rp 1,5 Jutaan Tapi WOW Sebagai Pusat Hiburan

Wiko Robby secara resmi telah dirilis di Indonesia pada bulan Juni 2016 lalu dan dijual melalui flash sale di Lazada. Melihat perbandingan harga dan spesifikasi yang diusung oleh Wiko Robby tidak heran memang menjadi salah satu yang dipertimbangkan untuk membeli smartphone satu ini.

Dengan harga berada pada kisaran Rp 1,5 juta apa saja yang mampu ditawarkan oleh Wiko Robby? Biar ga pusing, berikut review Wiko Robby dari Gadgetren. Kamu juga dapat menyaksikan video review Wiko Robby di atas biar lebih tahu lagi gimana dia beraksi.

 Desain

Hal pertama yang wajib dibahas ketika memegang dan memegang sebuah smartphone, yakni pada bagian desain pastinya untuk melihat apakah dia kokoh atau tidak.

Review Wiko Robby Depan

Wiko Robby yang saya review ini mempunyai  warna coklat yang bagus memberikan kesan premium ditambah bahan metal halus yang membuatnya terasa lebih kokoh. Bagian pinggiran dan sudutnya didesain secara membulat sehingga nyaman dipegang dan tidak mudah lepas di tangan. Logo Wiko pada bagian belakang juga menambah daya tarik perangkat satu ini.

Review Wiko Robby Belakang

Yang menarik dari desain Wiko Robby ini terdapatnya dual speaker dan microphone pada bagian depan atas dan bawah sehingga kamu tidak perlu harus menyesuaikanm orientasi perangkat ketika menerima telepon. Kamu bisa menerima telepon dengan jelas walaupun keadaan telepon terbalik sekalipun, asal bukan menggunakan bagian belakang yah.

Selain dual speaker, Wiko Robby terbilang cukup besar dengan mengusung layar berukuran 5,5 inci dan bezel tebal. Walaupun begitu, buat kamu yang terbiasa menggunakan smartphone dengan ukuran seperti ini tidak akan memenemukan kendala.

Multimedia Entertainment

Untuk menunjang konten hiburan tentu harus memiliki layar yang mampu menghasilkan gambar berkualitas. Wiko Robby sendiri dengan layar berukuran 5,5 inci menawarkan resolusi HD 1280 x 720 pixels dengan kepadatan 267 ppi pada panel berteknologi IPS. Lalu bagaimana dengan kualitas gambarnya?

Review Wiko Robby Layar

Layar dari Wiko Robby bisa dikatakan tidak terlalu memukau atau standar saja. Ketajaman maupun kontras waran masih terasa kurang. Sebenarnya ini memang hal yang wajar pada perangkat 5,5 inci dengan resolusi HD, intip saja ASUS Zenfone Max yang telah diulas sebelumnya juga menawarkan kualitas yang tidak terlalu jauh berbeda.

Selain kualitas gambar tentu juga harus ditemani oleh audio yang tidak kalah juga. Nah Wiko Robby ini selain ada dual speaker juga mempunyai sebuah teknologi bernama Auro 3D yang dapat mensimulasikan efek 3D. Jadi ketika kamu sedang menonton film terutama menggunakan headset akan mendengarkan suara dari segala arah seperti sebagaimana harusnya.

Review Wiko Robby Speaker

Buat kamu yang lebih senang untuk menonton film atau mendengarkan musik akan puas dengan pengalaman yang ditawarkan oleh Wiko Robby dengan layar cukup besar dan kualitas audio menawan.

Spesifikasi & Performa

Membahas sebuah smartphone tentu tidak lepas dari spesifikasi yang dibawa. Dari segi spefikasi Wiko Robby termasuk ke dalam kelas menengah. Chipest yang digunakan merupakan MediaTek MT6580 dengan CPU berkecepatan 1.3 GHz dan GPU Mali-400 MP. Selain itu, terdapat RAM sebesar 2GB dengan untuk mendukung aktivitas multitasking.

Wiko Robby ini sudah menjalankan sistem operasi Android 6.0 Marshmallow dengan tampilan antar muka racikan Wiko sendiri. Sebagai pembuka, saya melakukan benchmark dengan aplikasi Geekbench 4 dan PCMark yang sudah sangat terkenal.

Wiko Robby Chipset

Wiko Robby Layar RAM

(klik untuk perbesar)

Benchmark CPU dari Geekbench 4 memberikan nilai 409 untuk single-core dan 1167 untuk multi-core. Seperti biasa, hasil multi-core untuk chipset MediaTek terbilang cukup tinggi dan rendah untuk single-core. Oleh karena itu, untuk kinerja secara keseluruhan sudah terbilang sangat mumpuni terutama untuk kegiatan biasa seperti browsing.

Wiko Robby Geekbench

(klik untuk perbesar)

Walaupun begitu, nilai benchmark hanya untuk jadi acuan saja karena yang terpenting merupakan performa ketika digunakan secara nyata. Jadi aslinya gimana? Wiko Robby ini lancar dan minim lag ketika digunakan baik itu untuk navigasi menu atau berpindah dari satu aplikasi ke aplikasi lain. Ketika banyak aplikasi yang berjalan sekalipun masih mulus, namun memang sistem cukup sering menutup aplikasi yang berjalan di belakang karena kapasitas RAM yang tidak terlalu besar.

Untuk semakin tahu kemampuan dari Wiko Robby saya langsung menjajalnya denga bermain game seperti Asphalt 8 dan Modern Combat 5 yang dikenal cukup berat dari sisi komputasi maupun grafis. Hasilnya Wiko Robby cukup mampu untuk menjalankannya secara lancar, namun memang terdapat penurunan grafis yang nampak.

Wiko Robby Aspalt 8

(klik untuk perbesar)

Tidak lupa soal sensor karena belakang ini sudah mulai banyak yang melirik hal ini ketika membeli sebuah smartphone. Wiko Robby memiliki sensor yang cukup lengkap, namun sayangnya untuk Gyroscope tidak hadir. Jadi buat kamu yang ingin menikmati konten Virtual Reality (VR) maupun Video 360 tidak bisa seperti seharusnya.

Wiko Robby Sensor

Kesimpulannya Wiko Robby mempunyai kinerja yang cukup untuk menunjang kegiatan sehari-hari tanpa hambatan bahkan diajak bermain game sekalipun masih sanggup. Namun, buat kamu yang menginginkan smartphone dengan kinerja lebih akan merasa kurang puas.

Fitur & Aplikasi

Wiko Robby hadir dengan beberapa fitur menarik yang bisa digunakan. Salah satunya yang cukup menarik perhatian saya, yakni Smart Gesture. Seperti pada umumnya, Gesture ini bisa digunakan untuk membuat sebuah jalan pintas untuk meluncurkan aplikasi dengan cara menuliskan pola tertentu pada layar. Gesture dapat dibuat sesuai keiinginan tanpa harus mengikuti pola khusus.

Kelebihan dari Smart Gesture ini bisa digunakan di mana saja bukan pada saat layar dalam keadaan mati saja. Sayangnya Smart Gesture ini sangat sensitif sehingga jika pola yang dituliskan cukup berbeda maka tidak akan diterima.

Wiko Robby Phone Assist

Selain fitur tersebut, Wiko Robby mempunyai sebuah aplikasi bernama Phone Assist. Aplikasi ini merupakan tempat utama jika ingin melakukan optimasi terhadap smartphone seperti membebaskan RAM, mengatur notifikasi, hingga modus hemat daya.

Untungnya Wiko Robby tidak meluncur dengan segudang aplikasi pabrikan sehingga ini menjadi nilai tambahan. Jadinya smartphone tidak dibebani oleh aplikasi yang kita sendiri juga belum tentu menggunakannya.

Kamera

Sebuah smartphone tidak lengkap jika tidak ada kamera. Wiko Robby sendiri menawarkan kamera belakang 8MP dan depan 5MP yang keduanya memiliki LED Flash. Dari sisi perangkat lunak, dia mempunyai cukup banyak pilihan seperti FaceBeauty, Professional Mode, hingga Night Shot.

Kualitas kamera belakang Wiko Robby menghasilkan gambar cukup bagus untuk suasana ruang terbuka walaupun terkadang gambar mempunyai tingkat keterangan sedikit lebih tinggi, sedangkan dalam keadaan lowlight sendiri masih cukup buram dan masih banyak terdapat noise. Untuk mengetahui secara lebih jelas kualitas gambar dari kamera Wiko Robby, berikut beberapa percobaan yang saya ambil (klik gambar untuk perbesar).

Wiko Robby Kamera Belakang 1

(kamera belakang HDR)

Wiko Robby Kamera Belakang 2

(kamera belakang normal)

Wiko Robby Kamera Depan

(kamera depan)

Wiko Rbby Low Light

(Kamera belakang lowlight)

Baterai

Berapa lama sebuah smartphone dapat menyala ketika digunakan merupakan salah satu hal penting yang bisa dijadikan pertimbangan ketika hendak membeli. Wiko Robby ini mempunyai baterai Li-Po berkapasitas 2500 mAh. Dikarenakan Geekbench 4 sudah tidak lagi memiliki tes baterai, maka saya menggunakan PCMark yang hasilnya tidak jauh berbeda.

Dari hasil benchmar PCMark, Wiko Robby mempunyai nilai di atas rata-rata dengan daya tahan selama 6 jam 16 menit jika digunakan secara terus menerus seperti browsing atau lainnya. Tidak jauh berbeda dengan LG G5 yang sedikit lebih tahan lama, yakni sekitar 6 jam 45 menit. Tentu jika digunakan untuk bermain game akan lebih cepat habis dari itu.

Wiko Robby Baterai

Ketika baterai sudah mau habis, Wiko Robby mempunyai modus Eco dan Optimized yang dapat membuatnya bertahan lebih lama. Modus Optimized tidak jauh berbeda dengan battery saver yang sudah dikenal luas, namun untuk Eco ada yang sedikit berbeda karena sebagian besar fitur akan dimatikan dan smartphone akan mirip dengan ponsel jadul yang hanya bisa telepon dan kirim pesan.

Kesimpulan

Harga Wiko Robby yang dijual di Indonesia pada kisaran Rp 1.599.000 ini punya desain yang kokoh dan mampu menawarkan sesuatu yang lebih bagi kamu yang suka hiburan dengan fitur dual speaker berteknologi Auro 3D. Layar maupun spesifikasinya tidak ada yang terlalu spesial, namun sudah bisa dikatakan cukup memenuhi kebutuhan, Daya tahan baterainya juga tergolong di atas rata-rata untuk pemakaian normal.

Buat kamu yang mencari smartphone pada kisaran harga Rp 1,5 juta bisa mempertimbangkan Wiko Robby, tapi buat kamu yang mencari smartphone dengan performa super untuk bermain game mungkin lebih baik mencari yang lain.


Spesifikasi Wiko Robby

LayarIPS 5.5 inci HD (1280 x 720)
Dimensi155 mm x 79 mm x 10 mm
Berat180 gram
ProsesorMediaTek MT6580 Quad-core 1.3GHz
GPUMali-400 MP
RAM2 GB
Penyimpanan internal16 GB
microSDup to 64 GB
Baterai2500 mAh
Kamera Utama8 MP Flash, FaceBeauty, HDR, Professionnal Mode
Kamera Depan5 MP Selfie flash
Sistem OperasiAndroid 6.0 Marshmallow
Antar MukaWiko UI
SensorAccelerometer, Proxomity, Magnetic, Light Sensor.
Kartu SIMDual-SIM
Jaringan2G, 3G,  WiFi, Bluetooth, microUSB
LainnyaDual Mic, USB OTG, Auro 3D

Leave a Comment