Gadget Smartphone Tips dan Trik

Tips : Cara Membuka dan Mematikan Layar Android Tanpa Menekan Tombol Power

Cara Membuka Locksreen Layar Android Header

Cara Membuka Locksreen Layar Android Tanpa Tombol Power

Belakangan ini semakin banyak smartphone yang menghadirkan fitur double tap untuk menghidupkan layer dari keadaan mati. Namun, tidak semua smartphone sudah menghadirkan fitur tersebut terutama untuk yang keluaran lama atau kelas murah.

Keuntungan dengan menggunakan teknik ini tentu dapat sebagai pengganti tombol Power dan membuatnya lebih awet karena tidak terlalu sering digunakan. Ditambah lagi itu juga terlihat lebih keren dibandingkan dengan menekan tombol Power seperti biasa.

Nah oleh karena itu Gadgetren memberikan tips bagaimana cara membuka dan mematikan lockscreen Android tanpa menekan tombol Power.

Knock Lock

Cara yang pertama ini hanya dapat mematikan layar saja, namun sangat dapat diandalkan. Aplikasi bernama Knock Lock yang ada di Play Store (download di sini) ini membuat sebuah kotak kecil tak terlihat yang bisa kamu ketuk dua kali agar layar mati.

Untuk menggunakannya kamu harus mengaktifkan aplikasi terlebih dahulu hingga berubah menjadi warna hijau. Selanjutnya pilih Knock Settings untuk mengatur letak wilayah ketukan (kotak K merah), lalu pilih logo Roda Gigi untuk mengatur besar wilayah dan letak kotak merah, kemudian pilih Save Setting jika sudah selesai.

Aplikasi Wave Unlock

Cukup dengan begitu saja, kamu dapat mematikan layar dengan mengetuk layar pada wilayah kotak K merah tadi sebanyak dua kali.

Wave Unlock

Yang kedua dalam cara membuka dan mematikan layar Android tanpa menekan tombol Power dengan menggunakan aplikasi Wave Unlock dari Power Fix di Play Store.

Aplikasi Wave Unlock mengandalkan Proximity Sensor yang terletak pada bagian atas smartphone. Dengan menggunakan aplikasi ini kamu bahkan bisa mematikan atau menyalakan layar tanpa menyentuh, cukup dengan melambaikan tangan ke dekat smartphone.

Gambar Proximity Sensor Infinix Zero 2

Untuk menggunakannya pilih logo Roda Gigi terlebih dahulu untuk mengatur hal – hal seperti sensitifitas sensor,  fitur mengunci layar, dan lainnya. Setelah itu kamu cukup menutup bagian Proximity Sensor untuk membuka atau mengunci layar.

Proximity Sensor Wave Unlock

Ada beberapa hal yang perlu harus kamu perhatikan dalam menggunakan aplikasi ini. Pertama kamu harus memasukkan aplikasi Wave Unlock ke daftar pengecualian jika kamu menggunakan aplikasi pembersih memory atau penghemat baterai. Kedua, sensor ini cukup sensitif sehingga jika kamu mengaktifkan fitur lockscreen kamu harus berhati-hati meletakkan jari ketika menggunakan.


Mau belanja online lebih murah? Cek aja kode diskon toko online di sini

About the author

Fauzi Rasyad

Fauzi Rasyad

Seorang gamer akut yang suka memantau perkembangan teknologi

Writer di Gadgetren

  • Irwanto Widyatri

    ini ngabisin batre gak gan?

    • Untuk Knock Lock ga ngabisin baterai karena dia cuma naro area transparan, Wave Unlock sedikit nguras baterai (katanya sih ga banyak) karena proximity sensor nyala terus