Tips dan Trik

Layar Ponselmu Tergores? 5 Cara Ini Bisa Membantu Membuat Layar Jadi Seperti Baru

Layar smartphone tergores-header

[Sumber gambar: creativecommons]

Smartphone kini menjadi benda wajib yang dibawa ke mana pun. Tak lengkap rasanya kalau pergi tanpa membawa smartphone karena fungsinya yang membantu segala urusan. Bahkan kadang kita tidak sadar kalau tiap 5–10 menit sekali memeriksa smartphone untuk membuka media sosial atau aplikasi lain.

Agar lebih mudah dijangkau sering kali smartphone disimpan di sembarang tempat atau dalam saku. Akibatnya, muncul baret-baret halus pada layar smartphone karena gesekan dengan uang koin atau kunci. Selain gak enak dilihat, adanya goresan tentu mengganggu saat kita menggunakan layar sentuh

Walaupun sudah banyak teknologi pelindung layar, namun tak semua smartphone memiliki teknologi tersebut. Bagaimana kalau layar smartphone Gadgeter tergores atau baret? Nah, untuk menghilangkannya, Gadgeter bisa mencoba cara sederhana berikut ini.

1. Cukup dioleskan saja, pasta gigi ternyata bisa menyamarkan goresan tipis pada layar

pasta gigi[Sumber gambar: wikimedia]

Tak banyak yang tahu bahwa pasta gigi memiliki fungsi untuk menyamarkan bahkan menghilangkan goresan tipis pada layar smartphone. Gadgeter bisa mencoba mengoleskan pasta gigi berbagai merk, tetapi bukan dalam bentuk gel. Bagaimana caranya?

Pasta gigi cukup dioles sedikit pada bagian layar yang tergores kemudian diratakan dan diamkan 2–3 menit. Selanjutnya, lap layar dengan kain halus yang dibasahi dengan air. Cara ini juga bisa dipakai untuk hasil kamera yang buram karena baret pada casing belakang.

2. Bedak bayi cukup ampuh menghilangkan goresan dan bikin layar smartphone mulus lagi

baby powder

[Sumber gambar: flickr]

Bedak bayi tak ternyata tak hanya bisa menghaluskan kulit bayi, tapi juga bisa membuat layar smartphone jadi mulus seperti baru. Caranya dengan menyampurkan bedak bayi dengan air hingga membentuk adonan seperti pasta. Selanjutnya, usapkan pasta bedak bayi pada layar dengan gerakan memutar. Setelah goresan hilang, bersihkan layar dengan kain lembut.

3. Mudah didapat dan murah, coba hilangkan goresan layar smartphone pakai minyak sayur

minyak sayur

[Sumber gambar: pixabay]

Gadgeter juga bisa memanfaatkan barang-barang di dapur, seperti minyak sayur. Cukup menggunakan satu tetes minyak sayur kemudian usap-usap layar yang tergores dengan tisu. Jangan lupa bersihkan layar smartphone agar tak ada sisa minyak yang menempel.

4. Campuran soda kue dan air juga dapat berfungsi menghilangkan goresan di layar smartphone

soda kue

[Sumber gambar: pixabay]

Selain untuk membuat kue, soda kue dapat berfungsi untuk menyamarkan goresan pada layar ponsel. Cara menggunakannya kurang lebih sama dengan bedak bayi. Pasta soda kue dioleskan pada layar smartphone yang tergores kemudian usap merata. Setelah itu, bersihkan sisa soda kue yang menempel dengan kain dan sedikit air.

5. Selain masuk angin, goresan layar smartphone juga bisa hilang dengan minyak kayu putih

Cara penggunaan minyak kayu putih hampir sama dengan cara menggunakan minyak sayusr. Namun, sebaiknya tidak diteteskan langsung. Gunakan kapas yang sudah ditetesi 2–3 tetes minyak kayu putih kemudian gosok perlahan di bagian yang tergores. Setelah itu, bersihkan minyak kayu putih dengan tisu. Praktis kan?

Bagaimana Gadgeter, tertarik mencoba salah satu cara di atas untuk menghilangkangkan goresan pada layar smartphone? Nah, meskipun cara tersebut efektif dan mudah dilakukan, tapi cara paling baik mencegah goresan, yakni memasang antigores atau tempered glass pada layar ponsel Gadgeter. Selamat mencoba!

Leave a Comment