Aplikasi Smartphone

Ini Dia 7 Aplikasi Smartphone yang Bikin Kuliahmu Jadi Lebih Mudah

Smartphone dan Buku

[Sumber gambar: pixabay]

Dengan berkembangnya teknologi smartphone sekarang, banyak hal yang bisa Gadgeter lakukan lebih dari sekadar berkomunikasi via telepon, membuka media sosial, dan chatting. Kita bisa memaksimalkan smartphone berfitur canggih untuk membantu kegiatan sehari-hari termasuk saat perkuliahan.

Dengan memanfaatkan beberapa aplikasi berikut, bukan tak mungkin aktivitas belajar akan terbantu dan nilai IP juga bisa naik. Nah, berikut beberapa aplikasi gratis yang Gadgetren rangkum untuk memudahkan dan membantumu menjalani hidup sebagai mahasiswa.

WPS Office (Kingsoft Office), Membantumu Mengerjakan Tugas di Mana Saja

WPS Office

Aplikasi WPS Office (Kingsoft Office) merupakan aplikasi pengolah data yang cukup lengkap. Fitur di dalamnya kurang lebih sama dengan Microsoft Office di laptop. Ukuran file instalasinya juga kecil, hanya 50 MB saja sehingga tak perlu khawatir menghabiskan memori smartphone. Dalam Aplikasi WPS Office terdapat tiga program, yaitu Writer, Presentation, dan Spreadsheet (WPS). Tak hanya bisa membuka dokumen saja, tetapi kita juga bisa mengeditnya. WPS Office mendukung format dokumen (Docx), presentasi, excel, pdf, dan ada fitur mengonversi dokumen Office ke PDF.

Dengan aplikasi ini, tugas kuliah bisa dikerjakan di mana saja atau jika Gadgeter lupa membawa laptop aplikasi ini bisa diandalkan. Ada juga beberapa aplikasi sejenis yang bisa dicoba, yaitu Microsoft Office Mobile, dan Polaris Office + PDF. Kamu mengunduh gratis aplikasi ini di Google Play Store atau Itunes Store.

CamScanner, Mengubah Smartphone Menjadi Scanner

CamScanner

Aplikasi Android yang satu ini keren banget! Dengan CamScanner kita bisa melakukan scan dokumen atau gambar dari smartphone tanpa bantuan alat scanner manual. Kamu hanya tinggal mengarahkan objek yang akan di-scan dengan kamera smartphone. Hasilnya otomatis jadi dan scan foto atau dokumen bisa langsung diubah ke format PDF.

Aplikasi ini juga menyediakan fitur share PDF dan JPG. Setelah selesai scan, kita bisa langsung mengirim hasilnya melalui email. Whatsapp, BBM, Bluetooth, atau menyimpannya di Cloud. Cocok banget buat kamu yang butuh scanner dadakan atau perlu mengirim dokumen ke dosen dengan cepat. Praktis, kan? Alternatif aplikasi lain yang bisa dicoba, yaitu Google Drive, Tiny Scan, dan Office Lens. Unduh aplikasinya di Google Play Store atau Itunes Store.

Wunderlist: To-Do List & Tasks, Membantumu Mengingat Tugas dan Jadwal Kuliah

Wunderlist

Sebagai mahasiswa tentu pernah menghadapi jadwal kuliah yang padat, belum lagi tugas yang menumpuk, dan setelah itu kita harus membawi waktu dengan kegiatan organisasi di kampus.Dengan segudang aktivitas, tentu harus bisa mengatur waktu sebaik mungkin agar semua berjalan lancar.

Nah, aplikasi ini pas untuk membantu agar aktivitasmu sehari-hari menjadi lebih teratur dengan mencatat semua kegiatan yang diperlukan. Gadgeter juga bisa membagi daftar kegiatan dengan teman, melampirkan foto, file presentasi, dan masih banyak lagi. Menariknya, Gadgeter dapat menyetel reminder dan memastikan tidak akan lupa. Aplikasi ini bisa diunduh gratis di Google Play Store atau Itunes Store.

WiFi Finder, Melacak Hotspot WiFi Gratisan di Sekitar Kita

WiFi Finder

Internet ibaratnya sudah menjadi kebutuhan hidup sehari-hari yang tak terpisahkan. Dengan adanya internet tentu kita lebih mudah mencari informasi, mengirim tugas ke dosen, dan banyak lagi. Nah, bagaimana solusinya kalau paket data habis?

Aplikasi WiFi Finder ini bisa membantu Gadgeter mencari akses wifi terdekat dengan bantuan GPS. Cukup menginstal aplikasi ini di smartphone dan WiFi Finder akan membantu mencari lokasi terdekat mana saja yang punya fasilitas WiFi. Aplikasi ini bisa menjadi solusi bagi fakir WiFi yang butuh koneksi internet. Nggak ada alasan lagi buat absen mengerjakan tugas, kan? Gadgeter bisa mencoba aplikasi ini dengan mengunduhnya di Google Play Store.

Spin Me, Alarm Antibangun Siang

Spin Me

Bagi mahasiswa, bangun kesiangan sudah menjadi kebiasaan. Entah karena lupa pasang alarm, nggak ada yang membangunkan, atau alarm yang dipasang sudah tidak mempan lagi. Nah, aplikasi Spin Me bisa jadi solusi buat kamu yang sering terlambat kuliah karena bangun kesiangan.

Spin Me bukan alarm biasa yang bisa mati kalau kita pencet opsi dismiss. Alarm Spin Me cuma bisa dimatikan kalau Gadgeter mengikuti petunjuk di layar smartphone, seperti berdiri atau berputar-putar. Lebih efektif lagi kalau smartphone kamu diletakkan jauh dari kasur, di atas lemari misalnya. Dijamin nggak akan bangun kesiangan lagi! Alarm unik ini bisa dicoba dengan mengunduhnya di Google Play Store atau Itunes Store.

Duolingo, Membantu Menguasai Bahasa Asing dengan Mudah

Duolingo

 

Kadang perkuliahan sulit dipahami karena tidak mengerti isi diktat berbahasa asing atau dosen menyuruh kita mengutip sumber dari luar negeri. Terus bagaimana kalau kita tiba-tiba diminta presentasi menggunakaan bahasa Inggris? Sekarang tidak perlu kahawatir lagi, Duolingo bisa membantu Gadgeter menguasai berbagai bahasa asing.

Duolingo memudahkan belajar bahasa asing mulai dari tingkat pemula hingga tingkat mahir. Cara belajarnya pun tak membosankan karena bukan hanya membaca, tapi diajarkan bagaimana cara mengucapkan sebuah kata. Kemampuan berbahasamu akan meningkat kalau sering-sering latihan. Aplikasi kece ini bisa dicari dengan mudah di Google Play Store atau Itunes Store.

Google Drive, Menyimpan Materi Kuliah Tanpa Memakan Memori

Google Drive

Banyaknya materi kuliah kadang membuat memori smartphone menjadi penuh. Solusinya, Gadgeter bisa menggunakan Google Drive. Selain tidak menyita banyak memori, aplikasi ini juga dapat dikoneksikan dengan laptop atau tablet.

Google Drive juga bisa membantu kita belajar dengan waktu yang fleksibel, misalnya saat dalam perjalanan. Cukup menyimpan rangkuman materi kuliah atau eBook di Google Drive, kita bisa belajar di mana saja. Alternatif aplikasi sejenis yang dapat dicoba, yaitu OneDrive dan Dropbox. Kamu mengunduhnya aplikasi ini secara gratis di Google Play Store atau Itunes Store.

About the author

Desy Yuliastuti

Pengguna Sony Xperia C4 dan penikmat Kopi. Sekarang jadi Penulis di Gadgetren.

Leave a Comment