Berita Perangkat Pintar Unik

Samsung Rilis SUHD TV, Televisi Pintar Berteknologi Layar Quantum Dot

SUHD TV

Samsung baru saja mengadakan acara Samsung Consumer Electronics Press Conference 2016 di Jakarta. Dalam kesempatan tersebut Samsung merilis berbagai produk terbarunya, mulai dari SUHD TV, lemari es dua pintu Twin Cooling Plus, mesin cuci Addwash, dan AC Triangle Design. Salah satu produk yang paling menarik dalam acara ini adalah SUHD TV yang memiliki panel 10-bit yang dipadukan dengan teknologi layar Quantum Dot.

Teknologi layar Quantum Dot ini memberikan keragaman warna secara mendetail dan menjadikan gambar seperti obyek nyata. Partikel Quantum Dot akan memancarkan keragaman ekspresi warna yang sangat akurat seperti warna aslinya. Dengan dot (titik layar) yang lebih kecil, televisi dapat menghasilkan akurasi yang lebih optimal.

Quantum Dot ini sendiri merupakan generasi keempat dari teknologi layar setelah OLED, LED, dan LCD. Teknologi ini memiliki warna dan tingkat kecerahan yang paling baik dibandingkan teknologi layar sebelumnya.

Petinggi Samsung dan Dian Sastro Wardoyo

Tak ketinggalan, SUHD TV menyematkan teknologi High Dynamic Range (HDR) dengan minimum 1.000 nit HDR untuk tingkat kontras yang lebih tinggi antara gambar gelap dan terang. Selain itu, teknologi New Ultra Black yang dibenamkan dalam televisi ini dapat mengurangi pantulan cahaya secara signifikan yang lebih jauh lagi dapat memperkuat kualitas gambar dengan silau cahaya yang sedikit.

SUHD TV ini memiliki desain layar lengkung (curve screen) yang dirancang dengan tingkat kelengkungan yang disesuaikan mata manusia sehingga membuat kenyamanan saat menonton serta memberikan efek seolah-olah Gadgeter turut berada di dalam tayangan (efek 3D).

Desain lengkung ini juga untuk menambah nilai estetika yang menghadirkan nuansa modern minimalis sehingga membuat TV dapat terlihat elegan dari berbagai sisi. Menariknya, salah satu SUHD TV ada yang dirancang tanpa menggunakan rangka luar (bezel) agar penggunanya dapat fokus kepada hal yang paling penting ketika sedang menonton seakan-akan tidak ada jarak antara gambar dengan penggunanya.

SUHD TV Super tipis

Televisi pintar ini dibangun dengan menggunakan sistem operasi Tizen dan telah didukung Smart Hub yang dapat memberikan penggunanya sebuah kemudahan akses menuju konten favorit dalam satu tempat, seperti Live TV, film, Over The Top (OTT), game, aplikasi, dan menu yang disajikan diĀ home screen.

Sementara itu, SUHD TV ini memiliki satu remote control yang dapat difungsikan untuk mengakses secara otomatis set-top box, konsolĀ game, OTT box atau sistem Home Theater yang disambungkan melalui TV. Hal ini memudahkan penggunanya untuk mengendalikan bebeagai perangkat yang terhubung dengan TV hanya dengan menggunakan satu remote control saja tanpa perlu berganti-ganti remote control.

Selanjutnya, fitur Smart View dalam SUHD TV yang memudahkan penggunanya dapat berbagi konten dari perangkat mobile ke Televisi dengan mudah.

Tizen OS SUHD TV

Untuk itu, penggunanya cukup menginstal dan menggunakan aplikasi Samsung SmartView di perangkat mobile yang dimilikinya. Fitur ini juga dapat berfungsi pada smartphone selain Samsung yang menggunakan sistem operasi Android dan iOS.

Menurut Ubay Bayanudin selaku Head of Product Marketing TV/AV Samsung, dengan adanya sistem operasi Tizen pada televisi pintar ini membuat TV dapat melakukan booting hanya dalam waktu 1,8 detik dan screen mirroring dalam waktu 1,6 detik saja. Hal ini membuat SUHD TV menjadi lebih cepat 2 kali lipat dibandingkan TV digital pada umumnya.

Untuk melengkapi kemampuan dari televisinya, Samsung juga menyediakan perangkat tambahan audio, seperti Soundbar dan Wireless Audio 360. Soundbar merupakan speaker yang memiliki desain lengkung dan panjang yang disesuaikan dengan lengkungan SUHD TV.

Dengan desain seperti itu membuat Soundbar dapat menghasilkan suara surround yang jernih dan lebih hidup. Soundbar dapat dihubungkan ke televisi maupun smartphone dengan menggunakan teknologi Bluetooth.

Soundbar

Sementara Wireless Audio 360 memiliki desain berbentuk silinder yang dapat menjangkau sudut 360 derajat sehingga suara Surround dapat terdengar merata ke seluruh ruangan.

Dalam perangkat ini terdapat fitur akses untuk “play”, “pause”, dan berganti “track” hanya dengan melakukan tap & swipe pada bagian atas speaker. Untuk menghubungkan Wireless Audio 360 dengan SUHD TV atau smartphone dapat menggunakan teknologi Wi-Fi, Bluetooth, atau TV SoundConnect.

Terakhir, SUHD TV ini tersedia dengan 4 seri dan 4 ukuran mulai dari 55 inci hingga 88 inci. Televisi pintar ini telah tersedia mulai bulan Mei 2016, namun Samsung sendiri belum mengumumkan harga yang dibanderolnya.

About the author

Adhitya Wibawa Putra

Pengguna OnePlus yang suka dengan dunia Gadget dan IT. Sekarang jadi Lead Editor di Gadgetren. Instagram : @awpwebanimator

Leave a Comment