Featured Review Tablet

Review ASUS ZenPad 7 Z370CG, Berkat Audio Cover Hadirkan Pengalaman Multimedia Menarik

ZenPad 7 Header

ASUS merupakan salah satu vendor ponsel pintar dan tablet yang telah banyak merilis berbagai produknya mulai dari Zenfone, Padfone, hingga ZenPad. Bisa dibilang produk-produk ini menawarkan spesifikasi menarik dengan harga yang terjangkau.

Dalam memanjakan pengguna yang menyukai konten multimedia, ASUS telah meluncurkan ZenPad 7 Theater. Produk ini merupakan gabungan dari tablet ASUS ZenPad 7 Z370CG dengan Audio Cover.

Kali ini saya memiliki kesempatan untuk mencoba langsung produk ZenPad 7 Theater ini secara langsung. Untuk itu, mari kita simak ulasannya mulai dari fitur, spesifikasi, hingga harga yang ditawarkannya melalui review ini.

Desain Tablet

Audio Cover

ASUS ZenPad 7 Z370CG ini desain bodi yang terbilang menawan dengan balutan warna putih. Dalam paket penjualannya sendiri, ASUS telah menyediakan casing standar dan Audio Cover.

Apabila kita menggunakan casing Audio Cover maka suara yang dihasilkan tablet bisa menjadi lebih bagus dan keras. Hal ini dikarenakan pada Audio Cover sendiri telah disematkan teknologi DTS-HD Premium Sound dan SonicMaster.

Untuk tombol volume dan power dari tablet ini terdapat pada bagian sisi kanan yang memudahkan saya dalam melakukan kombinasi untuk mengambil screenshot tampilan antarmuka maupun aplikasi yang sedang berjalan.

Sementara untuk tombol navigasinya berbentuk virtual layaknya tablet lainnya yang telah  menggunakan sistem operasi Android Lollipop 5.0.2. Seperti biasa, tombol navigasi virtual ini terdiri dari Back, Home, dan Recent.

Selain itu, pada bagian atasnya telah disematkan port Audio Jack 3,5 mm yang digunakan untuk menancapkan colokan headphone atau earphone dan bagian bawahnya telah disematkan port microUSB yang dapat digunakan untuk mentransfer data atau mengisi daya baterai.

Terakhir, tablet ini didukung kamera belakang 8 MP dan kamera depan 2 MP. Bisa dibilang kedua kamera ini memiliki kualitas yang standar, namun jika untuk mengambil gambar maupun melakukan video call sudah dirasa cukup.

Audio Cover

Audio Cover booth

ASUS menawarkan ZenPad 7 Theater yang terdiri dari ASUS ZenPad 7 Z370CG dengan Audio Cover. Perangkat Audio Cover sendiri merupakan speaker tambahan yang dapat dipasang menyatu layaknya casing bawaan dari tablet.

Audio Cover ini memiliki desain yang menutup layar smartphone layaknya sebuah casing yang memiliki cover. Pada bagian yang menutup layar ini terdiri dari baterai dan 5.1 channel speaker  yang dipisahkan dengan lengkungan.

Pada lengkungan ini ZenPad 7 Z370CG dapat diposisikan berdiri sehingga mudah diakses ketika ingin menikmati konten multimedia, seperti video, musiik, gambar, dan lainnya. Suara yang dihasilkan oleh Audio Cover ini bisa dibilang besar karena memiliki teknologi DTS-HD Premium Sound dan SonicMaster.

Untuk mengisi daya baterai pada Audio Cover dapat dilakukan dengan beberapa cara, seperti melakukan pengisian daya baterai langsung pada cover atau pengisian daya ketika telah tersemat pada tablet.

Performa

ASUS ZenPad 7 Z370CG  ini memiliki prosesor Intel Atom x3-C3230 Quad-Core 64-bit. Untuk mengimbangi kemampuan prosesornya, Zenfone menyematkan RAM berkapasitas 2 GB pada tablet ini. Sementara, untuk penyimpanan internalnya memiliki kapasitas sebesar 16 GB yang dapat ditambahkan microSD.

Untuk menguji proses multitasking, saya mencoba untuk menjalankan sekaligus aplikasi, seperti email, SMS, browser, utilitas, dan telepon pada menu tabulasi yang berada di menu Recent, bisa dibilang tablet ini menjalankannya dengan agak lambat. Sementara itu, sistem operasi yang digunakan adalah Android 5.0.2 Lollipop dengan tampilan antarmuka buatan ASUS sendiri yang bernama ZenUI.

Selanjutnya  saya mencoba menjalankan game ringan dan santai pada tablet ini dan memiliki performa yang baik. Namun ketika saya kemampuannya pada game berat, seperti Need For Speed No Limits Hasilnya performa game yang ditampilkan tidak dapat berjalan dengan lancar alias patah-patah.

Pada bagian akhir, saya menguji nilai Antutu Benchmark 6.1.2  yang dimiliki oleh ASUS ZenPad 7 Z370CG  dan berhasil mendapatkan skor sebesar 19948. Bisa dibilang hasil skor tidak terlalu tinggi, namun sudah lumayan dengan spesifikasi hardware yang disematkan.

Multimedia

Audio Cover ZenPad 7

Salah satu hal yang menjadi diunggulkan oleh ASUS pada ZenPad 7 Theater ini merupakan kemampuannya untuk menjalankan konten multimedia, seperti video ataupun musik dengan dukungan Audio Cover.

Dalam hal ini saya melakukan pengujian terhadap video berkualitas HD dan Full HD selama beberapa waktu. Hasilnya, perangkat ini mampu menjalankan video dengan baik, terutama memiliki suara yang bagus dan keras dari Audio Cover yang disematkan.

Suara yang bagus dan keras  ini bisa dihasilkan berkat adanya teknologi DTS-HD Premium Sound dan SonicMaster yang telah disematkan ASUS pada Audio Cover ini. Selain itu, hasil suara yang keluar pun sama baiknya ketika saya mendengarkan musik atau bermain game.

Lainnya

Layar

Tablet ini memiliki layar sentuh dengan lebar 7 inci yang memiliki resolusi 1280 x 800 piksel dan kerapatan piksel mencapai 216 ppi (pixel-per-inch). Selain itu, dilengkapi dengan teknologi IPS LCD dan Tru2Life.

Dengan resolusi dan teknologi yang disematkan pada layarnya dapat membuat saya nyaman ketika menjalankan ZenPad 7 ini. Selain itu, tablet ini memiliki kecerahan yang baik berkat adanya  teknologi Tru2Life yang disematkan.

Tak ketinggalan, teknologi IPS LCD dapat memungkinkan pengguna dari tablet ini masih bisa melihat gambar pada layar dengan jelas hingga sudut kemiringan 178 derajat. Hal ini cukup membantu ketika saya melihat layar ZenPad 7 dari samping.

Selanjutnya, apabila pembaca ingin melindungi kaca dan layar tablet dari terjadinya retakan atau pecah maka sebaiknya menyematkan kaca anti gores Tempered Glass. Dengan mengeluarkan dana mulai dari 150 hingga 250 ribu rupiah, saya rasa pembaca bisa mendapatkan Tempered Glass dengan kualitas yang bagus.

Daya Tahan Baterai

Baterai yang disematkan pada ASUS ZenPad 7 Z370CG ini berkapasitas 3450 mAh. Selanjutnya, untuk menguji kemampuan daya tahan baterai dari tablet ini saya mencoba menjalankan konten multimedia dan menjalankan aplikasi secara rutin dalam waktu beberapa minggu.

Hasilnya cukup lumayan mencapai rata-rata sekitar 7 jam 10 menit Ketika saya menjalankan konten multimedia pada tablet ini lengkap dengan Audio Cover. Setelah itu, pada satu minggu berikutnya saya mencoba menjalankan beberapa aplikasi sehari-hari.

Aplikasi yang saya uji untuk pemakaian sehari-hari ini terdiri dari Twitter, Facebook, Instagram, Path, LINE, email, dan browser. Hasil pengujian yang bisa saya dapatkan ketika pengujian ini adalah ZenPad 7 dapat bertahan dengan waktu rata-rata sekitar 6 jam 20 menit.

Spesifikasi Teknis

Layar : Layar sentuh IPS LCD 7  inci beresolusi 1280 x 800 piksel, kerapatan piksel 216 ppi

Prosesor : Intel Atom x3-C3230 Quad-Core 64-bit

Memori : RAM sebesar 2 GB, Penyimpanan internal 16  GB (hanya 11,07  GB yang dapat digunakan oleh pengguna) yang dapat ditambah microSD hingga 128 GB

SIM : Satu kartu SIM

Kamera : Kamera belakang 8 MP dan kamera depan 2 MP

Baterai : Berkapasitas 3.450 mAh

Jaringan Seluler : 2G, 3G

Lainnya :  microUSB, Bluetooth, dan Wi-Fi

Kesimpulan

Berdasarkan pemakaian tablet ASUS ZenPad 7 Z370CG selama beberapa minggu, bisa dibilang tablet yang satu ini bisa memanjakan penggunanya dalam menikmati konten multimedia, seperti video maupun musik.  Meskipun performa yang dihasilkan oleh tablet ASUS ZenPad 7 Z370CG tidak terlalu luar biasa.

Salah satu yang memberikan dukungan dalam menikmati konten multimedia menjadi lebih menarik karena terdapat dukungan dari Audio Cover yang memiliki teknologi DTS-HD Premium Sound dan SonicMaster.

Bagi pembaca yang mencari tablet dengan kemampuan menjalankan konten multimedia yang bagus di kisaran harga Rp 2.899.000, ASUS ZenPad 7 Z370CG bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat. Terlebih dengan Audio Cover.

Sementara itu, tablet ini telah dijual di toko yang bermitra dengan ASUS dan toko online resmi ASUS Store Indonesia.


About the author

Adhitya Wibawa Putra

Pengguna OnePlus yang suka dengan dunia Gadget dan IT. Sekarang jadi Lead Editor di Gadgetren. Instagram : @awpwebanimator

Leave a Comment