Berita

Aplikasi Gratisan Ternyata Lebih Mahal Dibandingkan Berbayar, Kok Bisa?

Gambar Aplikasi Freemium Lebih Mahal

Siapa sih yang tidak suka gratisan? Oleh karena itu, banyak sekali developer yang merilis aplikasi mereka secara gratis. Tentu saja seperti yang diketahui aplikasi gratisan mempunyai kekurangan, salah satunya yang sering kita jumpai adalah iklan yang sangat menggangu.

Bagi yang tidak suka dengan iklan para developer biasanya menyediakan versi Pro berbayar yang menghilangkan iklan tersebut. Selain itu, pengguna juga mendapatkan kualitas aplikasi yang lebih baik ditambah beberapa fitur eksklusif.

Namun, masih banyak pengguna yang menggunakan aplikasi gratisan akibat berbagai alasan. Nah ternyata iklan selain menggangu juga dapat menjadi lebih mahal dibandingkan aplikasi berbayar. Apa penyebabnya? Berikut beberapa hal yang dapat terjadi dikutip dari AndroidAuthorithy.

Aplikasi Freemium Jauh Lebih Mahal

Gambar Iklan Berbayar Mengganggu

Apa itu aplikasi Freemium? Aplikasi yang dimaksud adalah aplikasi yang harus membayar jika ingin bermain secara terus menerus. Intip saja Candy Crush Saga yang menggunakan model serupa mampu mendapatkan keuntungan hingga lebih dari 1.3 Milyar dolar Amerika. Banyak sekali penggunanya yang kecanduan dan harus merogoh kocek hingga ratusan ribu rupiah ketika bermain dengan aplikasi model seperti ini.

Iklan Menguras Baterai

Gambar Smartphone Baterai Cepat Habis (credit : Martin Abegglen)

Tentu saja jika hanya satu atau dua aplikasi yang menyematkan iklan tidak akan terlalu terasa perbadaan. Namun jika aplikasi sejenis terbilang cukup banyak, maka setiap hari baterai dapat terkuras hingga 2,1 hingga 2,5 jam setiap harinya. Menurut penelitian yang dilakukan oleh berbagai universitas, aplikasi beriklan menggunakan daya 16% lebih banyak.

Smartphone Menjadi Lambat

Gambar Smartphone Menjadi Lebih Lambat

Pasti ada kala di mana pengguna merasa smartphone tidak secepat dulu ketika pertama kali didapatkan. Hal ini memang banyak penyebabnya, namun salah satu alasan hal tersebut adalah aplikasi beriklan. Menurut penelitian yang sama, aplikasi tersebut dapat menyebabkan kerja prosesor 48% lebih berat dan pengguna memori 22% lebih banyak.

Kuota Data Mudah Tersedot

Gambar Iklan Kuras Kuota Data internet

Aplikasi beriklan juga membutuhkan layanan jaringan internet dikarenakan setiap kali dibuka akan memberikan iklan yang berbeda. Sehingga jangan heran terkadang kuota data internet cepat sekali habis padahal tidak melakukan kegiatan yang cukup banyak. Hasil riset ternyata cukup mengejutkan, aplikasi beriklan mampu menguras kuota data 79% hingga 100% lebih banyak.

[via : AndroidAuthorithy]

About the author

Fauzi Rasyad

Seorang gamer akut dan pecinta kucing yang juga selalu memantau perkembangan teknologi terbaru terutama yang berhubungan dengan gaming

Writer di Gadgetren

Leave a Comment