Aplikasi Berita Tips dan Trik

Cara Dapatkan Tambahan Kapasitas 2 GB Gratis di Google Drive

Google Drive Logo

Google Drive merupakan layanan penyimpanan cloud dari Google yang terkenal. Google Drive sendiri telah dipaketkan dengan akun GMail sehingga apabila pembaca melakukan registrasi untuk mendapatkan akun Google atau GMail maka mendapatkan juga akses dan kapasitas untuk Google Drive.

Setiap pengguna yang telah mendaftarkan akun Google atau GMail akan mendapatkan kapasitas Google Drive sebesar 15 GB. Kapasitas 15 GB ini sendiri digunakan bersama dengan email yang terdapat di GMail, dokumen yang terdapat di Google Docs, dan berkas yang terdapat pada Google Drive.

Menariknya, hari ini tepatnya tanggal 9 Februari 2016 secara resmi Google mengumumkan akan menambahkan kapasitas 2 GB lagi untuk Google Drive sebagai bentuk memperingati Safer Internet Day (SID).

Safer Internet Day sendiri diselenggarakan oleh Insafe setiap bulan Februari untuk mempromosikan penggunaan teknologi online dan perangkat mobile yang lebih aman serta bertanggung jawab, terutama di kalangan anak-anak maupun anak muda di seluruh dunia.

check recovery information

Cara untuk mendapatkan tambahan kapasitas 2 GB di Google Drive ini cukup mudah, pertama pembaca dapat mengunjungi halaman resmi Google Security Checkup. Selanjutnya pembaca akan ditanyakan terlebih dahulu mengenai Informasi Pemulihan (Check your recovery Information) GMail mulai dari nomor telepon pemulihan, email untuk pemulihan, dan pertanyaan keamanan lupa kata sandi. Jika pembaca yakin bahwa data yang ditampilkan telah benar maka tinggal menekan tombol Done.

check perangkat google drive

Setelah itu, akan dimunculkan Informasi perangkat yang terhubung (Check your connected devices) dengan akun Google atau GMail yang dimiliki pembaca baik itu laptop, PC, maupun smartphone. Pemeriksaan informasi perangkat ini dimaksudkan agar pembaca dapat mengetahui bahwa perangkat yang benar-benar terhubung dengan akun Google atau GMail pembaca merupakan yang terpercaya. Jika sudah yakin bahwa semua perangkat tersebut terpercaya maka pembaca tinggal menekan tombol Looks good.

check account information

Setelah itu akan muncul mengenai Informasi Perizinan Akses (Check your account permissions) mengenai website atau aplikasi apa saja yang meminta izin akses terhadap akun Google atau GMail pembaca. Setelah pembaca yakin bahwa website atau aplikasi yang meminta izin tidak bermasalah maka dapat langsung menekan tombol Done.

Finish

Terakhir, pembaca akan melihat ucapan selamat Google yang memberitahukan bahwa semua keamanan telah diatur dan mendapatkn 3 checklist hijau pada 3 pengecekan keamanan. Pembaca dapat melanjutkan pengaturan keamanan yang lebih rinci apabila menekan tombol Continue to account settings, membuka halaman Safer Internet Day apabila memilih tautan Safer Internet Day 2016, atau membuka halaman total kapasitas Google Drive yang telah bertambah apabila memilih tautan Free Drive storage.

Google Drive Space 2GB

Bagi yang tertarik untuk menambahkan kapasitas 2 GB secara gratis di Google Drive maka dapat langsung mengunjungi halaman resmi Google Security Checkup.


Mau belanja online lebih murah? Cek aja kode diskon toko online di sini

About the author

Adhitya Wibawa Putra

Adhitya Wibawa Putra

Lead Editor di Gadgetren