Aplikasi Berita Tips dan Trik

Selain Kartu Kredit, Bayar Uber Bisa Pakai Kartu Debit Mandiri. Bagaimana Caranya ?

Uber

Uber merupakan salah satu layanan transportasi yang mengandalkan aplikasi dan mobil mewah. Nantinya pelanggan Uber dapat memesan kendaraan menggunakan aplikasi Uber. Berbeda dengan GrabTaxi, Uber menyediakan mobil-mobil dari partner perusahaan tersebut untuk dapat mengantarkan penumpangnya.

Untuk pembayarannya sendiri, Uber menggunakan kartu kredit sehingga memudahkan penumpangnya membayar secara tanpa uang tunai dan hanya menarik ongkosnya langsung dari kartu kredit. Namun dengan hal tersebut, bagi penumpang yang ingin mencoba menggunakan Uber tanpa kartu kredit menjadi sulit dan tidak dapat dilakukan.

Seiring berjalannya waktu sepertinya Uber mulai memikirkan dampak yang ditimbulkan dengan hanya pembayaran menggunakan kartu kredit saja. Dan dua hari lalu tepatnya tanggal 27 Januari 2016, hal tersebut mulai terealisasi dimana Uber membuka fitur baru untuk pembayaran menggunakan kartu debit Mandiri.

Tentu ini merupakan hal yang cukup gembira bagi pembaca maupun calon pengguna Uber yang memiliki kartu debit Mandiri dan tidak memiliki kartu kredit.

Dengan pengumuman itu, saya pun jadi penasaran dan mencoba untuk menggunakan kartu debit mandiri saya untuk mencoba layanan Uber. Selain itu, saya juga tidak memiliki kartu kredit sehingga ini merupakan momen yang cukup menarik untuk menggunakan Uber.

Karena saya memiliki smartphone berbasis Android, maka langkah awal yang saya lakukan adalah mengunduh terlebih dahulu aplikasi Uber di Google Play Store.

Setelah saya berhasil menginstal aplikasi Uber di smartphone Android saya, maka langkah selanjutnya adalah mendaftarkan diri saya pada aplikasi dengan menekan tombol Register.

Register Uber

Pada halaman Register akan ditampilkan beberapa kolom untuk mengisikan informasi biodata yang terdiri dari nama pertama, nama terakhir, email, nomor HP, dan password. Atau pembaca dapat juga mengambil informasi biodata dengan menekan tombol akun Google atau Facebook yang tersedia di halaman ini.

Biodata Uber

Ketika saya selesai mengisikan informasi biodata maka selanjutnya menekan tombol Next dan secara otomatis aplikasi Uber akan memverifikasi informasi biodata.

Verifikasi Uber

Setelah verifikasi beres maka akan ditampilkan halaman pilihan untuk pembayaran Uber dan saya masih melihat hanya menu Credit Card. Namun jangan khawatir karena data kartu debit Mandiri dapat dimasukkan ke dalam informasi menu Credit Card.

Credit Card Uber

Pada halaman menu Credit Card, saya memasukkan 14 digit angka yang tertera di kartu debit Mandiri pada kolom Credit Card Number. Sementara untuk kolom bulan dan tahun dapat diisi dari data Valid Thru yang terdapat di kartu debit Mandiri. Untuk kolom CVV dapat diisi dengan 3 digit angka terakhir setelah 14 digit angka yang tertera di Authorized Signature pada belakang kartu debit Mandiri. Selain itu, pilih negara Indonesia.

Informasi Debit Mandiri

Setelah pengisian informasi di halaman menu Credit Card beres, maka saya langsung menekan tombol Register dan secara otomatis akan diverifikasi oleh aplikasi Uber.

Uber Location

Ketika semua proses berjalan lancar dan verifikasi berhasil maka akan ditunjukkan halaman untuk melakukan pemesan Uber yang terlihat dengan peta lokasi tempat berada yang terlihat dengan beberapa mobil hitam apabila memang terdapat mobil Uber di area sekitar.

Uber Menu

Uber Code Promotion

Selain itu, pembaca dapat juga mencoba beberapa menu lainnya yang telah disediakan oleh Uber ini seperti untuk memasukkan kode referal dari pengguna lain dengan mengakses menu Promotion dan selanjutnya masukkan kode referal tersebut. Namun sayangnya kode referal dari pengguna lain hanya bisa dimasukan sekali ketika pertama kali baru menggunakan Uber. Selain itu, pada menu Promotion ini pengguna juga dapat memasukan kode promosi lainnya dari Uber selama periode berlangsung.

Uber Referal

Untuk mengetahui kode referal Uber yang dimiliki, pembaca dapat mengaksesnya melalui menu Free Rides dan akan munculnya kode referal besar berwarna biru dengan keterangan akan memberikan kredit 75 ribu Rupiah apabila pengguna lain memakai kode referal kita.

Nah, bagaimana? mudah bukan ? mendaftarkan diri di Uber dengan menggunakan kartu debit Mandiri dan selamat mencoba. Jika merasa bingung maka dapat langsung menghubungi saya lewat email [email protected] atau bisa berkomentar pada kolom di bawah ini.

Sebagai catatan, apabila kartu debit Mandiri pembaca belum bisa terdaftar menggunakan langkah tersebut. Sepertinya 3DSecure dan VBV (Verified By Visa) belum diaktifkan oleh pihak Bank Mandiri sehingga pembaca dapat mengaktifkannya terlebih dahulu melalui Customer Service di Bank Mandiri atau melalui Mandiri Call dengan menghubungi nomor 14000.

Leave a Comment

2 Comments

    • aman atau engga tergantung kita sendiri gimana ngejaga informasi yang ada di kartu dan kartu debit itu engga ada notifikasi pas digunakan
      kalau informasi angka yang ada kartu (14 digit + 3 digit) ada yang tahu, mending tutup kartunya minta ganti baru