Berita

Hidup Lebih Mudah Dengan 9 Perintah Baru Google Now Untuk Android

Gambar Perintah Google Now

Perang asisten virtual semakin sengit dengan adanya Google Now di Android, Cortana di perangkat Microsoft, dan Siri di perangkat Apple. Perusahaan teknologi raksasa tersebut terus melakukan perkembangan agar lebih canggih.

Oleh karena itu, Google telah memberikan sembilan perintah suara terbaru untuk Google Now versi Android yang bisa digunakan para pengguna. Digabungkan perintah “OK Google”, maka pengguna bisa melakukan aktivitas tanpa perlu memegang perangkat.

Perintah – perintah baru ini dipastikan akan cukup membantu pengguna dikemudian hari. Salah satunya adalah bagi yang sedang berkendara akan lebih mudah untuk melakukan panggilan telepon atau lainnya.

Berikut sembilan perintah suara terbaru untuk Google Now versi Android.

  1. WiFi dan Bluetooth

Google Now sekarang bisa mengubah keadaan WiFi dan Bluetooh menjadi mati atau hidup. Pengguna cukup dengan mengatakan “turn wifi on” atau “turn wifi off” dan perintah akan langsung dijalankan.

  1. Lampu Flash

Pengguna juga bisa langsung menyalakan lampu flash pada smartphone dengan cukup mengatakan “turn flashlight on”. Untuk mematikannya maka tinggal mengatakan “turn flashlight off”.

  1. Baca SMS

Google Now kini mampu membacakan hingga lima SMS terbaru melalui perintah “read my messages” dan pengguna juga bisa langsung membalas pesan dengan suara. Selain itu terdapat perintah “show my messages” untuk menampilkan lima pesan terbaru.

  1. Menjalankan Aplikasi

Daripada repot mencari aplikasi dahulu, Google Now juga bisa langsung membuka aplikasi dengan hanya memerintahkan “open [nama aplikasi]”.

  1. Memainkan Musik

Melalui perintah “play music”, Google Play Music akan langsung memberikan playlist musik sesuai dengan riwayat yang pernah didengarkan. Pengguna juga bisa menggunakan perintah “play music in [nama aplikasi]” untuk memainkan musik di aplikasi berbeda.

  1. Panggilan Telepon dan Pesan

Mengatakan “call [nama]” atau “text [nama]” yang diikuti oleh nama salah satu kontak, Google Now akan langsung mehubungkan pengguna dengan orang tersebut. Pengguna bahkan bisa langsung menuliskan pesan dengan suara jika menginginkan.

  1. Alarm

Pengguna bisa membuat sebuah pengingat dengan memerintahkan “set an alarm” kepada Google Now. Namun, tentu saja jika ingin mengatur lebih lanjut harus melalui aplikasi jam yang disediakan.

  1. Volume dan Brightness

Perintah “mute volume” atau “lower brightness” ini terbilang masih belum sempurna dikarenakan Google Now hanya membuka halaman pengaturan saja dan pengguna tetap harus mengubahnya secara manual.

  1. Kamera dan Video

Google Now bisa mendapatkan perintah “open camera” untuk menjalankan aplikasi kamera, “record a video” untuk langsung menjalankan modus video, dan “take a photo” untuk memberikan daftar aplikasi kamera yang telah terpasang.

[via : Gizmodo]

Leave a Comment