Berita Smartphone

Asus Zenfone Max vs Lenovo Vibe P1. Smartphone Baterai 5000 mAh Mana yang Jadi Juara ?

Zenfone Max VS Vibe P1

Kini banyak smartphone yang telah mengandalkan baterai ukuran jumbo untuk memberikan ketahanan yang lebih lama-lama. Baru-baru ini dua vendor besar dunia yakni Asus dan Lenovo secara resmi memperkenalkan smartphone denga baterai 5000 mAh.

Dua smartphone dengan baterai besar ini terdiri dari Asus Zenfone Max dan Lenovo Vibe P1. Keduanya sama-sama memiliki keunggulan masing-masing. Untuk melihatnya perbandingan dari spesifikasi teknis tersebut maka pembaca dapat melihat informasi yang disajikan sebagai berikut :

Tabel Zenfone Max vs Vibe S1 baterai 5000 mAh

Terlihat bahwa layar yang dimiliki Lenovo Vibe P1 memiliki resolusi yang lebih tinggi daripada Asus Zenfone Max. Gambar yang ditampilkan pada layar Lenovo Vibe P1 akan terlihat lebih jernih. Namun sayangnya dengan semakin besarnya resolusi dari smartphone akan membebani prosesor dan baterai lebih besar.

Untuk anti gores layarnya, Asus menyematkan Corning Gorilla Glass 4 pada Zenfone Max yang lebih baru dibandingkan Lenovo Vibe P1 yang menggunakan Corning Gorilla Glass 3. Meskipun begitu, resiko pecah tentu masih ada pada kedua smartphone sehingga pembaca dapat menambahkan kaca anti gores tambahan seperti Tempered Glass agar lebih kuat.

Prosesor yang dimiliki oleh Lenovo Vibe P1 adalah Snapdragon 615 Octa-core yang lebih cepat dan bertenaga dibandingkan prosesor Snapdragon 410 Quad-core yang dimiliki Asus Zenfone Max. Namun semakin bertenaga prosesornya akan membuat baterai yang dikonsumsi pun menjadi lebih besar.

RAM yang ditanamkan pada Lenovo Vibe P1 lebih tinggi dibandingkan Zenfone Max yang tentu saja berpengaruh pada performa menjalankan aplikasi. Sementara untuk penyimpanan internalnya, Lenovo Vibe P1 memiliki kapasitas 32 GB yang lebih besar dibandingkan Zenfone Max. Keduanya juga dapat ditambahkan microSD hingga 128 GB.

Kamera belakang dan depan dari Zenfone Max dan Vibe P1 sama-sama bersaing dengan 13 MP serta 5 MP. Sedangkan sistem operasinya Zenfone Max baru menggunakan Android 5.0 Lollipop dan Vibe P1 telah menggunakan Android 5.1 Lollipop.

Untuk harga yang dibanderol pada Zenfone Max adalah seharga  Rp 2.799.000 dan Vibe P1 adalah seharga Rp 3.293.000.

Secara keseluruhan, spesifikasi hardware yang dimiliki oleh Vibe P1 lebih tinggi dari Zenfone Max sehingga bagi pembaca yang mencari berdasarkan performa maka Vibe P1 yang diunggulkan.

Sedangkan berdasarkan daya tahan baterai yang lebih lama sebaiknya memilih Zenfone Max karena memiliki spesifikasi hardware yang membebankan daya lebih rendah dibandingkan Vibe P1. Sementara dari harga, Zenfone Max pun lebih murah dibandingkan Vibe P1.

Leave a Comment