Berita Laptop PC Smartphone

Rekomendasi 7 Penyimpanan Cloud Gratis Yang Bisa Jadi Pilihan

Gambar Header Cloud Storage

Penyimpanan cloud pada era ini sudah menjadi salah satu pilihan untuk menyimpan data agar lebih mudah diakses kapan pun dan di mana saja. Bahkan tanpa diketahui kita sudah memiliki penyimpanan cloud dengan menggunakan akun Google atau sejenisnya.

Pada tips dan trik kali ini Gadgetren akan memberikan beberapa rekomendasi bagi para pembaca yang ingin menggunakan penyimpanan cloud sebagai tempat backup maupun lainnya.

Mega

Gambar Logo Mega

Mega merupakan penyimpanan cloud favorit saya untuk melakukan backup data. Mega menawarkan kapasitas penyimpanan dasar cukup besar yakni 50GB secara gratis, tentu jika kurang bisa membeli kapasitas yang lebih besar. Mega juga terbilang sangat mudah untuk berbagai ke sesama pengguna.

Salah satu kelebihannya adalah seluruh proses akan melewati enkripsi dan Mega sendiri tidak memiliki kuncinya hanya sang pemilik akun saja. Mega dapat di akses melalui berbagai jenis perangkat mulai dari Windows, Linux, Android, hingga Blackberry.


Google Drive

Gambar Logo Google Drive

Bagi pengguna yang selalu berkecimpung dengan Google, maka akan lebih mengandalkan Google Drive sebagai penyimpanan umum. Google Drive menawarkan kapasitas penyimpanan dasar 15GB secara gratis yang tergabung dalam seluruh akun Google.

Seperti penyimpanan cloud pada umumnya dengan memiliki berkas local yang terhubung dan diduplikasi ke penyimpanan cloud. Google Drive juga bisa melakukan pemilihan berkas secara selektif agar bisa memilih apa saja yang ingin disinkronisasi.


OneDrive

Gambar Logo Microsoft OneDrive

Tidak jauh berbeda dengan Google Drive, Microsoft One Drive sangat cocok bagi para pengguna produk Microsoft. Kapasitas yang ditawarkan oleh One Drive sebesar 5GB secara gratis dan bagi pengguna Office 365 akan mendapatkan tambahan sebesar 1TB.

Kelebihan dari OneDrive adalah desainnya yang terbilang bersih dengan menggunakan Modern UI. Selain itu, OneDrive juga langsung terintegrasi dengan sistem operasi Windows dan aplikasi Microsoft lainnya.


Dropbox

Gambar Logo Dropbox

Dropbox merupakan layanan yang cukup bisa diandalkan dalam hal penyimpanan cloud. Dropbox menawarkan kapasitas penyimpanan dasar sebesar 2GB secara gratis yang dapat ditambah 250 MB jika mengikuti tur Dropbox dan 3GB jika mengaktifkan fitur kamera upload.

Dropbox juga menyimpan segala jenis perubahan file selama 30 hari, sehingga jika bisa mengembalikan kembali file yang terhapus dan ingin tersimpan lagi.


ADrive

Gambar Logo ADrive

ADrive bisa menjadi alternatif penyimpanan cloud dengan mewarkan penyimpanan yang besar. Kapasitas dasar yang ditawarkan sebesar 50 GB secara gratis seperti Mega. Namun, ADrive mempunyai batas besaran file yang di-upload yakni sebesar 2GB.


SugarSync

Gambar Logo SugarSync

SugarSync sedikit berbeda dengan penyimpanan cloud biasanya. SugarSync mampu untuk melakukan backup seluruh isi komputer atau laptop. Kapasitas penyimpanan dasar yang ditawarkan sebesar 5GB secara gratis.

Kelebihan dari SugarSync adalah kemampuannya untuk memberikan hak akses Admin dan Staff, sehingga cocok untuk digunakan kalangan bisnis. Selain itu juga mampu melakukan sinkronisasi terhadap berkas apapun.


SpiderOak

Gambar Logo SpiderOak

Bagi para pengguna yang sangat paranoid terhadap keamanan bisa menggunakan SpiderOak. Kapasitas yang ditawarkan secara gratis hanya 2GB saja. Namun, SpiderOak melakukan enkripsi pada segala kegiatan. SpiderOak bahkan tidak menyimpan kata sandi akun sekalipun, sehingga jika hilang tidak akan bisa didapatkan lagi.


Mau belanja online lebih murah? Cek aja kode diskon toko online di sini

About the author

Fauzi Rasyad

Fauzi Rasyad

Seorang gamer akut dan pecinta kucing yang juga selalu memantau perkembangan teknologi terbaru terutama yang berhubungan dengan gaming

Writer di Gadgetren

  • Wisnu Wijayanto

    mediafire nggak ada ?

    • mediafire udah ga rekomended semenjak tahun 2011, ada batas file ga aktif dan lain2

      • Wisnu Wijayanto

        keterangan disana sih menyebutkan, mohon koreksi jika saya salah, yang inactive itu user nya yang nggak login lebih dari satu tahun , tapi tidak disebutkan file yang inactive, dan lain2nya apa ya kalo boleh share . terima kasih 🙂

        • oh berarti peraturan inactive files nya udah diapus, terimas kasih koreksinya
          1. Script heavy, jadi kalo pake plugin yang blokir2 suka ada yang ga beres
          2. US Server, bisa kena delete tanpa notifikasi apalagi kalo nyimpen copyright (walopun punya asli) dan bisa diintip2
          3. Lambat, kadang down/upspeed naik turun
          4. Captcha
          5. Batch Limit, cuma buat premium dan itu pun masih ada batasnya
          6. File Limit 200 MB(?)
          7. Ads

          itu aja kayanya, udah lama juga ga nyobain Mediafire secara pribadi karena kapok. Pengalaman punya 2 akun Mediafire, files banyak yang didelete (kekurangan paling penting ini) padahal niat untuk backup.
          Mungkin bakal coba lagi kalo reputasinya udah sebagus dulu

          • Wisnu Wijayanto

            banyak juga ya minusnya 🙂 terima kasih untuk sharing info nya

          • yup sama2

          • yup sama2

          • Wisnu Wijayanto

            banyak juga ya minusnya 🙂 terima kasih untuk sharing info nya

  • Yohanes Jeremy

    makasih gan atas artikelnya 🙂
    sangat membantu gan…. hehe
    kalau butuh software full version atau games – games seru untuk pc dari berbagai genre….
    main gan ke website ane
    http://www.filegaleri.com
    gak ribet downloadnya 🙂