ASUS Zenbook DUO UX8406
Berita Wearable

Xiaomi – Vendor dari Tiongkok yang Berhasil Menjadi Peringkat 3 Dunia Pada Perangkat Wearable

Xiaomi

Xiaomi merupakan salah satu vendor asal Tiongkok yang telah berhasil melabuhkan produk-produknya di berbagai negara. Perusahaan ini sendiri telah menciptakan smartphone, smartband, tablet, air purifier, televisi, speaker, headset, bahkan skuter listrik seperti Ninebot Mini.

Bisa dibilang produk yang dijual Xiaomi memiliki spesifikasi yang bagus namun dengan harga terjangkau. Hal inilah yang menjadi salah satu faktor kepopuler Xiaomi di masyarakat.

Baru – baru ini IDC merilis tabel data mengenai peringkat vendor yang berhasil menjual perangkat wearable paling banyak di dunia. Menariknya, data yang dirilis ini memperlihatkan juga perbandingan penjualan perangkat wearable dari Quarter 3 tahun 2014 yang memiliki volume penjualan 7,1 juta perangkat dan Quarter 3 tahun 2015 yang memiliki volume penjualan 21 juta perangkat.

Hal ini memperlihatkan peningkatan total yang sangat signifikan dalam setahun yakni 197,6 %. Perusahaan – perusahaan yang berhasil menduduki peringkat 5 besar terdiri dari Fitbit, Apple, Xiaomi, Garmin, dan BBK.

Bagi pembaca yang penasaran dengan seberapa besar jumlah perangkat wearable yang berhasil dijual oleh berbagai vendor pada Quarter 3 tahun 2015 ini maka dapat melihat pada tabel yang saya sajikan sebagai berikut :

Tabel peringkat perangkat wearable[sumber : IDC]

Terlihat bahwa Fitbit masih menjadi pemegang kekuasaan sebagai penjual perangkat wearable terbanyak di dunia dari tahun sebelumnya. Terlihat penjualan Fitbit pada tahun Quarter 3 tahun 2014 hanya 2,3 juta perangkat yang meningkat pesat menjadi 4,7 perangkat pada Quarter 3 tahun 2015.

Apple langsung menanjak menjadi peringkat 2 dengan berhasil menjual 3,9 juta perangkat pada Quarter 3 tahun 2015 ini hal ini menarik karena pasalnya Apple tahun lalu belum menjual perangkat wearable.

Selanjutnya, yang cukup mengejutkan adalah vendor asal Tiongkok, Xiaomi, berhasil menjadi peringkat 3 dunia pada perangkat wearable dengan berhasil menjual 3,7 juta perangkat di Quarter 3 tahun 2015.

Xiaomi juga berhasil mengalahkan Garmin yang posisinya lebih tinggi 1 peringkat pada Quarter 3 tahun 2014. Kalau Xiaomi sendiri bisa dibilang perkembangan penjualannya sangat eksponensial sebesar 815,4 % dimana pada Quarter 3 tahun 2014 hanya bisa menjual 0,4 juta perangkat menjadi 3,7 juta perangkat pada Quarter 3 tahun 2015.

Bisa dibilang ini merupakan prestasi tersendiri karena berhasil mengalahkan vendor Asia bahkan dunia sebagai peringkat 3 di Quarter 3 tahun 2015. Selain itu, tidak terlihat juga perusahaan yang menjual perangkat wearable menggunakan sistem operasi Android Wear di posisi 5 besar.

Selamat untuk Xiaomi.

[via IDC]

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar