Berita Smartphone

OnePlus 2 Resmi Tidak Masuk Indonesia, Ini Penyebabnya ?

OnePlus 2 tidak masuk Indonesia

Pada akhir bulan Juli 2015 lalu secara resmi OnePlus meluncurkan OnePlus 2 di Indonesia melalui acara bertajuk OnePlus Pop Up Experience. Bisa dibilang OnePlus 2 ini merupakan smartphone flagship generasi terbaru dari OnePlus 2 dengan spesifikasi hardware yang mumpuni.

Pihak OnePlus menjanjikan akan mendatangkan OnePlus 2 ke Indonesia pada kuartal 4 tahun 2015 yang diumumkan ketika acara OnePlus Pop Up Experience. Namun sayangnya harapan OnePlus 2 datang ke Indonesia harus pupus kini.

Hal ini dikarenakan, pihak OnePlus melalui Shinta Hawa Thandari selaku Community Manager OnePlus mengatakan bahwa OnePlus 2 tidak akan hadir di Indonesia. Kabar ini disampaikan melalui di thread [Open FGD] Status OnePlus 2 di Indonesia yang dapat diakses melalui forum resmi OnePlus.

Shinta menjelaskan bahwa alasan utama tidak dapat hadirnya OnePlus 2 di Indonesia adalah karena masalah regulasi Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) di Indonesia yang cukup menyita waktu dan biaya.

Sebagai tambahan, Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) ini adalah nilai kadar komponen dalam negeri. Di Indonesia sendiri TKDN yang dimiliki smartphone harus sebesar 20% dan selanjutnya angka ini akan semakin besar hingga 40% di tahun 2017 mendatang.

Selanjutnya shinta juga menyatakan bahwa pihak OnePlus telah mencari beberapa cara alternatif untuk membawa OnePlus 2 kepada teman – teman di Indonesia seperti mengajukan sertifikasi TKDN. Namun pengajuan TKDN bukan proses yang mudah dan akan memakan waktu yang lama.

Selain itu, pihak OnePlus juga telah melihat jalur lain yakni mematikan kekuatan 4G/LTE dan mendatangkan ponsel sebagai perangkat 3G. Hal ini terdengar mudah untuk dilakukan, namun untuk mematikan kekuatan 4G membutuhkan pengelolaan software yang baru dan kuantitas produksi yang sangat banyak. Hal ini hanya akan memakan biaya yang sangat besar.

Setelah pihak OnePlus banyak berdiskusi dengan beberapa partner kerja, ternyata belum menemukan titik terang untuk mendatangkan OnePlus 2 ke Indonesia. Jika pihak OnePlus tetap mempertahankan OnePlus 2 untuk masuk ke Indonesia, hal ini hanya akan membebankan teman – teman karena harga yang sangat tinggi.

Dengan demikian, akhirnya dengan berat hati pihak OnePlus menyampaikan bahwa tidak dapat mendatangkan OnePlus 2 ke teman – teman di Indonesia. Untuk itu, pihak OnePlus minta maaf sedalam – dalamnya atas ketidaknyamanan ini dan mereka sadar bahwa telah mengecewakan teman – teman di Indonesia.

Dengan berat hati pihak OnePlus menyampaikan bahwa tidak dapat mendatangkan OnePlus 2 ke teman – teman di Indonesia

Sementara itu, OnePlus ingin menebus kesalahannya dan kekecewaan teman – teman di Indonesia dengan mendatangkan OnePlus X.  Pihak OnePlus tidak ingin terlalu banyak mengumbar janji kapan OnePlus X akan hadir ke Indonesia. Namun, pihak OnePlus mengatakan telah belajar dari kesalahannya ini dan berusaha memberikan yang terbaik untuk teman – teman di Indonesia.

Mungkin, bagi pembaca yang masih tertarik memiliki OnePlus 2 ini masih dapat membelinya dengan mengimpor langsung dari luar negeri atau membeli OnePlus 2 di toko online Indonesia meskipun bukan garansi resmi Indonesia.

[sumber : Forum Resmi OnePlus]


Mau belanja online lebih murah? Cek aja kode diskon toko online di sini

About the author

Adhitya Wibawa Putra

Adhitya Wibawa Putra

Pengguna OnePlus yang suka dengan dunia Gadget dan IT. Sekarang jadi Lead Editor di Gadgetren. Instagram : @awpwebanimator