Berita Featured Smartphone

Microsoft Resmi Rilis Lumia 950 dan 950 XL, Duo Lumia Flagship Pertama Dengan Windows 10 Mobile

Lumia 950 dan 950 XL header

Malam kemarin waktu Indonesia, secara resmi Microsoft mengadakan acara Windows 10 Device untuk mengumumkan kehadiran berbagai perangkat baru Microsoft untuk sistem operasi Windows 10.

Tentunya, salah satu yang paling ditunggu adalah smartphone dari Microsoft yang akan diluncurkan dalam acara tersebut. Setelah beberapa waktu, menunggu jalannya acara maka pada kesempatan tersebut akhirnya Microsoft merilis dua smartphone kelas atasnya yang menggunakan sistem operasi Windows 10 Mobile yakni Lumia 950 dan Lumia 950 XL.

Secara spesifikasi, kedua smartphone ini dibekali dengan hardware yang gahar seperti telah ditanamkannya prosesor Qualcomm Snapdragon 808 hexa-core 64-bit pada Lumia 950 dan Qualcomm Snapdragon 810 octa-core 64-bit.

Selain itu, kedua smartphone ini telah memiliki resolusi layar yang tinggi yakni 2560 x 1440 pixel (Quad HD). Untuk layar Lumia 950 memiliki ukuran layar sebesar 5,2 inci dengan kerapatan pixel 564 ppi (pixel per inci) dan Lumia 950 XL memiliki ukuran layar sebesar 5,7 inci dengan kerapatan pixel 518 ppi.

Teknologi layar diusung smartphone ini menggunakan AMOLED sehingga memungkinkan gambar pada layar memiliki warna dan ketajaman yang cerah. Sementara itu, layarnya telah dilindungi Gorilla Glass 3 untuk Lumia 950 dan Gorilla Glass 4 untuk Lumia 950 XL.

Bagi pembaca yang penasaran dengan spesifikasi lengkap dari kedua smartphone ini maka dapat melihat informasi yang saya sajikan sebagai berikut.

Lumia 950

  • Layar sentuh AMOLED 5,2 inci beresolusi 2560 x 1440 pixel (Quad HD) dilindungi Corning Gorilla Glass 3
  • Prosesor Qualcomm Snapdragon 808 hexa-core 64-bit
  • RAM 3 GB
  • Penyimpanan internal 32 GB yang dapat ditambahkan microSD hingga 200 GB
  • Kamera belakang 20 MP Pureview, 5th Gen OIS, optik Carl Zeiss, aperture f/1.9 dan tiga lampu LED
  • Kamera depan 5 MP wide-angle
  • Baterai 3000 mAh
  • Konektivitas USB Type C, WI-Fi, Bluetooth 4.1, dan NFC
  • Sistem operasi Windows 10 Mobile

Terlihat bahwa Lumia 950 mempercayakan kamera belakang 20 MP menggunakan teknologi Pureview untuk menghasilkan foto-foto yang sangat bagus. Tak ketinggalan, aperture yang diusung adalah f/1.9 sehingga dapat menghasilkan foto bokeh yang maksimal.

Selain itu, tak ketinggalan teknologi 5 th Gen OIS yang dapat membantu kestabilan dari hasil foto yang diambil agar jelas dan bebas dari blur. Tersemat juga, tiga lampu LED yang akan membantu pencahayaan yang optimal ketika melakukan foto pada tempat yang gelap maupun kurang intensitas cahayanya.

Untuk kamera depannya, Microsoft menyematkan kamera beresolusi 5 MP dengan kemampuan wide-angle sehingga memungkinkan penggunanya dapat mengambil foto dengan area yang luas.

Baterai yang diusung memiliki kapasitas sebesar 3000 mAh yang dibantu dengan fitur fast charging yang akan membuat daya baterai smartphone dapat diisi ulang dengan sangt cepat. Sementara itu, Lumia 950 juga disematkan fitur wireless charging untuk membantu pengisi daya baterai tanpa perlu menggunakan kabel.

About the author

Adhitya Wibawa Putra

Pengguna OnePlus yang suka dengan dunia Gadget dan IT. Sekarang jadi Lead Editor di Gadgetren. Instagram : @awpwebanimator

Leave a Comment

1 Comment