Berita Smartphone

LG G4 – Smartphone Pertama yang Berprosesor Snapdragon 808 Hexa-Core di Dunia

LG G4

LG G4 merupakan smartphone kelas atas terbaru dari LG. Beberapa waktu lalu, LG G4 secara resmi telah diperkenalkan ke dunia. Selain itu, LG juga telah memaparkan spesifikasi hardware lengkap dari LG G4.

LG G4 ini cukup menarik karena smartphone yang pertama kali menggunakan prosesor Snapdragon 808 besutan dari Qualcomm. Prosesor ini memiliki inti yang terbilang unik yaitu Hexa-core yang terdiri dari Dual-core 1.8 GHz Cortex-A57 & quad-core 1.44 GHz Cortex-A53. Namun belum dijelaskan secara resmi oleh LG mengapa memiliki prosesor ini ketimbang Snapdragon 810 yang banyak digunakan smartphone kelas atas saat ini.

Untuk mengimbangi kemampuan prosesornya, LG menyematkan RAM sebesar 3 GB. Selain itu, smartphone ini menggunakan penyimpanan internal sebesar 32 GB yang dapat ditambahkan microSD hingga 128 GB. Bagi pembaca yang ingin mengetahui spesifikasi hardware lengkap dari smartphone ini dapat langsung melihat informasi yang tim Gadgetren sajikan sebagai berikut.

  • Layar sentuh kapasitif IPS LCD 5,5″ 2560 x 1440 pixels Corning Gorilla Glass 4
  • Prosesor Qualcomm MSM8992 Snapdragon 808 Hexa-core (Dual-core 1.8 GHz Cortex-A57 & quad-core 1.44 GHz Cortex-A53)
  • RAM sebesar 3 GB
  • Penyimpanan internal 32 GB yang dapat ditambahkan microSD hingga 128 GB
  • Kamera belakang 16 MP dan kamera depan 8 MP
  • Konektivitas microUSB, Bluetooth, NFC, dan Wi-Fi
  • Sistem operasi Android v 5.1 Lollipop

Layar sentuh yang digunakan LG G4 memiliki ukuran 5,5 inci beresolusi 2560×1440 yang memiliki kerapatan 538 ppi dan dilindungi Corning Gorilla Glass 4. Untuk teknologi layarnya, LG mempercayakan IPS LCD yang memungkinkan penggunanya masih dapat melihat gambar pada layar dengan jelas hingga sudut kemiringan 178 derajat.

Untuk kameranya, LG mempercayakan kamera belakang beresolusi 16 MP dengan aperture mencapai f/1.8 dengan tambahan Optical Image Stabilization generasi kedua yang membuat gambar yang dihasilkan jelas dan bagus. Dalam LG G4 juga penggunanya dapat melakukan pengaturan secara manual untuk menghasilkan foto dengan format mentah (RAW)

Sedangkan kamera belakangnya, LG G4 memiliki kamera depan beresolusi 8 MP yang mengalami peningkatan kendali gerakan dan dapat mengambil banyak foto selfie sekaligus. Tentu saja dengan resolusi sebesar ini penggunanya dapat mengambil foto selfie dengan hasil yang maksimal.

LG G4 ini dilengkapi dengan X10 LTE pada prosesor Snapdragon 808 yang mendukung teknologi jaringan 4G-LTE Cat6 yang memiliki kecepatan unduh hingga 300 Mbps dan unggah hingga 50 Mbps. Baterai yang diusung oleh smartphone ini memiliki kapasitas 3000 mAh dan berteknologi Li-ion. Smartphone ini memiliki kemampuan Quick Charge yang dapat mengisi daya baterai dengan cepat.

Sistem operasi yang diusung telah menggunakan Android v.5.1 Lollipop terbaru dengan tampilan antarmuka LG Optimus UX 4.0 UI yang dibuat khusus oleh LG sendiri. Nantinya ketika penggunanya membeli LG G4 ini maka akan mendapatkan kapasitas penyimpanan gratis sebesar 100 GB di Google Drive selama dua tahun.

LG G4 ini akan hadir awal di Seoul, New York, London, Paris, Istanbul, dan Singapura.

Leave a Comment