Berita Tablet

Nokia N1, Tablet Android Lollipop Pertama Nokia Berprosesor Intel 64 bit

Beberapa hari lalu, Nokia secara resmi memperkenalkan merilis tablet Android perdananya, Nokia N1. Hal ini cukup mengejutkan karena pasalnya handset Nokia telah diakuisisi oleh Microsoft.

Nokia N1 ini dipersenjatai dengan prosesor Intel Z3580 Atom 2.3 GHz 64 bit yang bisa dibilang merupakan teknologi yang lebih efisien dibandingkan teknologi 32 bit sehingga aplikasi dan sistem operasi akan mulus ketika dijalankan.

Untuk mengimbanginya kemampuan prosesor tersebut, Nokia menggunakan RAM sebesar 2 GB yang telah berteknologi LPDDR3.  Dengan RAM ini akan memperlancar aplikasi yang dijalankan secara bersamaan dan yang sedang berjalan di latar belakang.

Tablet ini memiliki layar sebesar 7.9 inci beresolusi 2048×1538 dengan kerapatan pixel sebesar 324 ppi yang membuat gambar yang dihasilkan cukup jernih. Untuk teknologi layarnya menggunakan IPS yang memungkinkan penggunanya dapat melihat gambar jelas hingga sudut kemiringan 178 derajat dan teknologi Zero Air Gap yang meminimalisir pantulan cahaya atau cahaya matahari sehingga penggunanya dapat melihat gambar pada layar dengan jelas meskipun dalam kondisi terang.

Selain itu, layar dari Nokia N1 ini telah dilindungi oleh Corning Gorilla Glass 3 sehingga dapat menahan layar dari goresan.

  • Untuk mengetahui spesifikasi lengkap dari Nokia N1 ini pembaca dapat melihat informasi yang saya sajikan sebagai berikut :
  • Layar 7.9″ 2048×1536 IPS Zero Air Gap
  • Prosesor Intel Z3580 Atom 2.3 GHz 64 bit
  • RAM 2 GB LPDDR3
  • Kamera depan 5 MP dan kamera belakang 8 MP
  • Konektivitas Bluetooth 4.0, Wi-Fi, dan USB 2.0 Type C Reversible
  • Kapastas Penyimpanan Internal 32 GB
  • Baterai 5300 mAh lithium polymer
  • Sistem Operasi Android v 5.0 Lollipop dengan Z launcher

Menariknya tablet ini mengusung teknologi konektor USB-Type C yang memiliki bentuk yang lebih ramping. Konektor jenis ini didesain agar dapat reversible (bolak-balik) agar pengguna tablet ini tidak bingung dengan orientasi kabel mana yang akan dihubungkan.

Sistem operasi dari tablet ini dipercayakan kepada Android Lollipop terbaru dan untuk tampilan antarmukanya menggunakan Z launcher yang merupakan karya Nokia sendiri. Z launcher ini memiliki tampilan yang sederhana dan memiliki fitur menarik.

Untuk desain casing-nya tampak terlihat seperti iPad Mini besutan Apple dan casingnya dilapisi dengan Aluminium yang memberikan nuansa cantik pada tablet ini.

Nokia N1 akan dijual perdana di negeri tirai bambu pada tanggal 19 Februari 2015 yang sekaligus menyambut tahun baru tiongkok. Harga yang dibanderol saat penjualannya nanti sebesar US$ 250 atau sekitar 3 juta Rupiah. Selain itu, belum ada kabar dari pihak Nokia mengenai kapan rilisnya di Indonesia.


Mau belanja online lebih murah? Cek aja kode diskon toko online di sini

About the author

Adhitya Wibawa Putra

Adhitya Wibawa Putra

Lead Editor di Gadgetren