Smartphone Unik

5 Fitur Baru Menarik pada Windows Phone 8.1

Microsoft pada tanggal 14 April 2014 telah merilis Windows Phone 8.1 versi “Preview for Developer” yang hanya dapat diperbarui pada smartphone Windows Phone yang telah di-unlock untuk pengembangan aplikasi.

Untuk melakukan upgrade sistem operasi Windows Phone ini ada banyak cara yang dilakukan. Namun untuk kesempatan kali ini saya akan memberikan informasi mengenai beberapa fitur baru di Windows Phone 8.1 versi “Preview for Developer”.

Hari ini saya berhasil memperbarui sistem operasi di Nokia Lumia 820 dengan Windows Phone 8.1 “Preview for Developer” yang memakan waktu sekitar 1 jam lebih (tergantung koneksi internet).  Untuk mengetahui fitur baru yang telah hadir ini pembaca dapat melihat informasi yang saya sajikan berikut ini :

  • Tombol Screenshot yang beralih menjadi volume atas + power

Pada awal rilis smartphone bersistem operasi Windows Phone 8 untuk melakukan screenshot penggunanya akan menekan tombol power dan windows. Namun pada Windows Phone 8.1 kombinasi tombol screenshot berubah menjadi volume atas + power. 

4

Hal ini memberikan kemudahan pada pengguna Nokia Lumia untuk menggunakan satu tangan saja dalam melakukan screenshot karena tombol volume dan power berada di sisi yang sama. Selain itu, bagi pengguna yang baru meng-upgrade sistem operasinya ke Windows Phone 8.1 akan diberikan peringatan yang memberitahukan bahwa tombol fungsi berubah apabila menekan tombol screenshot yang lama.

  • Hadirnya Notification & Action Center

Dengan kehadiran fitur ini memberikan kemudahan jalan pintas untuk mengakses fungsi-fungsi yang biasanya digunakan oleh pengguna seperti mengaktifkan Wi-Fi, bluetooth, paket pata, mode pesawat dan masih banyak lagi. Selain itu, akan memudahkan untuk melihat kumpulan notifikasi dari jejaring sosial, telepon, hingga SMS hanya dengan menarik menu dari bagian atas layar.

3

  • Icon Tiles yang dapat diberikan gambar background

Ini merupakan salah satu hal yang menarik pada Windows Phone 8.1 dimana icon tiles yang berbentuk kotak ini tidak hanya menggunakan satu warna saja melainkan menggunakan gambar background pemandangan maupun momen dari pengguna. Selain itu, fitur ini akan membuat gambar background tampak seperti puzzle. Untuk mengakses fitur ini, pengguna cukup membuka menu setting > start + themes > pilih background.

17

  • Kolom Icon Tiles yang bertambah

Kalau di Windows Phone 8 untuk dapat menempatkan icon tiles pada halaman awal, maka hanya dapat menambahkan 2 kolom untuk icon tiles berukuran besar dan 4 kolom berukuran kecil. Kini di Windows Phone 8.1 icon tiles berukurang besar dapat ditempatkan 3 kolom dan berukuran kecil menjadi 6 kolom. Untuk mengakses fitur ini, pengguna cukup membuka menu setting > start + themes > pilih on untuk change size and number.

16

  • Hadirnya Cortana sebagai Asisten Pribadi

Kalau di iOS ada Siri dan Android ada Google Voice, maka di Windows Phone ada Cortana. Cortana ini merupakan asisten pribadi yang dapat diperintahkan dengan menggunakan suara. Selain itu, asisten ini pun tidak kaku dan memiliki interaksi yang cukup menarik. Bisa dibilang ini fitur yang paling menarik pada Windows Phone 8.1. Namun untuk versi “Preview for Developers”, penggunanya hanya dapat menggunakan region US atau beberapa negara eropa.

5 2

Menarik bukan dengan fitur baru yang dibawa Windows Phone 8.1 “Preview for Developer”. Ini merupakan beberapa fitur yang menurut saya menarik untuk dibahas dan apabila ada pembaca yang ingin menambahkan fitur baru menarik lainnya dapat mengisinya di kolom komentar.


Mau belanja online lebih murah? Cek aja kode diskon toko online di sini

About the author

Adhitya Wibawa Putra

Adhitya Wibawa Putra

Lead Editor di Gadgetren

  • ali

    Bagaimana cara meng upgret windos 8 ke 8,1 dari lumia 620..trim

    • kalau saya pake teknik instal aplikasi preview for developers… terus pake akun developer om baru bisa