Berita Smartphone Unik

5 Hal Menarik dari Nokia X

Pada tanggal 12-13 April 2014 smartphone Nokia X telah dijual resmi di Indonesia.  Dikabarkan dalam dua hari  tersebut, Nokia X dijual dengan harga sekitar 1,2 juta (harga normal 1,6 juta) dan telah terjual habis. Tentu saja ini merupakan berita yang baik bagi Nokia karena baru pertama kali meluncurkan ponsel dengan sistem Android dan terjual habis.

compare

Dalam smartphone Nokia X ini ternyata terdapat beberapa hal menarik yang membuatnya berbeda dengan smartphone Android lainnya. Untuk mengetahui apa saja hal menarik yang dimiliki smartphone ini dapat melihat informasi yang saya sajikan sebagai berikut :

  • Tampilan Antarmuka Mirip Windows Phone

Walaupun Nokia X menggunakan Android sebagai sistem operasinya, namun smartphone ini menggunakan antarmuka yang berbeda dibandingkan dengan smartphone Android lainnya. Nokia X memilih FastLane UI yang berbentuk kotak-kotak mirip dengan tampilan Modern UI milik Windows Phone

  • Tidak Adanya Google Service

Smartphone Nokia X ini berbeda dengan ponsel Android lainnya karena tidak menggunakan layanan dari Google melainkan menggunakan layanan bawaan dari Nokia dan Microsoft seperti MixRadio untuk layanan musik, HERE untuk layanan peta, OneDrive untuk layanan penyimpanan awan, Outlook untuk layanan email, dan Skype untuk layanan percakapan.

  • Nama Sistem Operasi Android yang Berbeda

Kalau penamaan pada sistem operasi Android umumnya menggunakan nama makanan seperti Donut, Frozen Yoghurt, Gengar Bread, Honey Comb, Ice Cream Sandwich,  Jelly Bean, hingga Kitkat. Nokia memberikan nama yang berbeda pada Nokia X dengan menggunakan nama Nokia Software Platform.

  • Toko Aplikasi bukan dari Google Play

Bagi pembaca yang menggunakan smartphone Nokia selain Lumia pastinya merasakan toko aplikasi bernama Nokia Store. Untuk Nokia X ini, pihak Nokia kembali mempercayakan Nokia Store dan tidak menggunakan Google Play sama sekali. Selain Nokia Store, pengguna Nokia X dapat menginstal aplikasi Androidnya dengan menginstal mentahan aplikasi sendiri secara side load atau dari toko online dari pihak ketiga seperti Yandex, Mobango, SlideMe dan lainnya.

  • Dukungan Aplikasi Buatan Pengembang Aplikasi Lokal yang Banyak

Nokia X yang hadir di Indonesia ini telah memiliki ratusan aplikasi buatan pengembang aplikasi lokal. Hal ini dapat terjadi berkat Nokia Indonesia yang mengadakan program DVLUP Porting Day yang memberikan kesempatan kepada pengembang aplikasi lokal untuk menunggah aplikasinya di Nokia Store.

Informasi di atas merupakan hal menarik yang berhasil saya rangkum dari Nokia X. Bagi pembaca yang ingin menambahkan hal menarik mengenai Nokia X ini dapat memberikan informasinya di kolom komentar.

 


Mau belanja online lebih murah? Cek aja kode diskon toko online di sini

About the author

Adhitya Wibawa Putra

Adhitya Wibawa Putra

Lead Editor di Gadgetren