ASUS Zenbook 14 OLED UM3406
Tips dan Trik Handphone

Cara Melacak HP realme yang Hilang Untuk Tahu Lokasi Terakhirnya

Cara Melacak HP realme yang Hilang Header

Gadgetren – realme UI berbasiskan Android akan mengaktifkan fitur Google Find My Device pada ponsel realme sejak pertama kali diaktifkan.

Goole Find My Device sendiri merupakan fitur besutan Google yang sudah disematkan secara bawaan untuk beragam ponsel dengan sistem operasi Android untuk memudahkan kamu dalam mencari lokasi perangkat ketika sedang hilang atau lupa ditaruh.

Nantinya kamu dapat mengakses pelacakan Google Find My Device melalui aplikasi ponsel atau halaman web. Apabila melalui aplikasi, maka kamu membutuhkan ponsel lain untuk bisa mengakses fitur Google Find My Device yang terhubung ke akun Google kamu.

Cara Melacak HP realme yang Hilang

  1. Unduh aplikasi Google Find My Device dari Google Play Store di ponsel lain.
  2. Atau bisa juga kamu kunjungi halaman https://www.google.com/android/find melalui browser.
  3. Kemudian, masuk ke akun Google utama sesuai yang terpasang di ponsel realme yang hilang.
  4. Kamu akan diperlihatkan halaman utama Google Find My Device.
  5. Pada bagian My Devices, pilih ponsel realme yang akan dilacak.
  6. Google Maps akan memperlihatkan keberadaan terakhir dari ponsel realme yang terdeteksi.

Agar fitur Google Find My Device bisa bekerja, ponsel realme yang hilang tersebut harus masih dalam kondisi aktif dan akun Google utama masih terpasang. Jadi sebaiknya kamu langsung menggunakan fitur ini secepat mungkin setelah menyadari bahwa ponsel realme kamu hilang.

Pada halaman Find My Device kamu bisa menemukan fitur Play Sound yang memungkinkan ponsel realme berbunyi dengan volume penuh selama 5 menit sehingga kamu mengikuti dan mencarinya ke sumber suara tersebut jika memang ponsel berada di sekitar.

Selain itu, kamu juga bisa menekan tombol Secure device untuk mengunci ponsel realme dan menambahkan pesan atau nomor telepon di kunci layar (Lock Screen) untuk meningkatkan keamanan dan memudahkan orang yang menemukannya untuk menghubungi kamu.

Apabila ponsel dipastikan sudah tidak kembali, mungkin kamu dapat memanfaatkan tombol Factory reset device untuk menghapus semua data ada di dalam ponsel realme.

Sayangnya apabila ponsel realme kamu dicuri, biasanya pelaku akan mematikan ponsel dan mengganti kartu SIM sehingga membuat fitur Find My Device tidak dapat melacak maupun memperlihatkan lokasi dari ponsel realme.

Oleh sebab itu, sebaiknya kamu selalu berhati-hati dan selalu waspada agar ponsel realme tidak tertinggal atau hilang karena akan tetap sulit untuk melacaknya walaupun sudah disediakan fitur secara bawaan.

ASUS Zenfone 11 Ultra

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.