ASUS TUF Gaming FX507
Review Aksesoris

SanDisk Ultra Dual Drive Go 256GB, Bentuk Mungil Tapi Kapasitas Besar

SanDisk Dual Drive Go 256GB (1)

Gadgetren – Nama SanDisk tentunya sudah tidak asing lagi di telinga para pengguna perangkat elektronik, khususnya yang pernah menggunakan flash drive.

SanDisk bahkan mempunyai lini Ultra Dual Drive Go berkapasitas 256GB yang dihargai Rp350 ribu di SanDisk Official Tokopedia buat kamu yang perlu memindahkan data berukuran besar secara fleksibel dari laptop ke ponsel maupun sebaliknya.

Hingga saat ini flash drive masih sering digunakan berkat kemudahan dalam memindahkan data antar perangkat dengan tingkat kecepatan yang relatif masih memadai sehingga kehadiran flash drive dari SanDisk ini bisa menjadi solusi yang dibutuhkan.

SanDisk Ultra Dual Drive Go apalagi mempunyai dimensi yang sangat kecil sekali untuk kapasitas besar yang dibawanya. Ukurannya secara keseluruhan tidak lebih besar dari ibu jari orang dewasa.

SanDisk Dual Drive Go 256GB (3)

Bodinya menggunakan material plastik yang tergolong cukup tipis karena dapat melentur ketika ditekan oleh jari. Tersedia pula banyak pilihan warna seperti hitam, hijau, ungu, pink, hingga biru yang bisa dipilih sesuai selera.

Flashdrive ini mendukung dua jenis konektivitas meliputi USB Type-C dan USB Type-A yang mendukung antarmuka USB 3.2 Gen 1 untuk kecepatan Baca maksimal hingga 400 MB/s. Tentunya kecepatan yang didapat akan tergantung pada perangkat yang terhubung.

SanDisk Ultra Dual Drive Go sesuai namanya juga mendukung fitur OTG melalui USB Type-C yang mana memungkinkan perangkat Android dapat mengakses data yang ada di dalamnya secara langsung.

SanDisk Dual Drive Go 256GB (2)

Untuk kemampuannya sendiri, SanDisk Ultra Dual Drive Go diuji menggunakan aplikasi CrystalDiskMark dan terhubung ke laptop melalui port Thunderbolt 4 untuk memastikan performa yang didapat optimal.

Hasilnya memperlihatkan bahwa flash drive ini memiliki kinerja sekuensial Baca hingga 347,86 MB/s dan Tulis hingga 76,92 MB/s. Kemampuan bacanya cukup mendekati apa yang diklaim oleh SanDisk yang mana maksimal 400 MB/s.

Oleh karena itu tidak masalah jika ingin mengakses berkas berukuran besar secara langsung tanpa perlu disalin ke perangkat terlebih dahulu. Misalnya saja menonton video berkualitas tinggi dapat berjalan secara lancar, termasuk saat berpindah ke titik waktu tertentu.

SanDisk Dual Drive Go 256GB CrystalDiskMark

Tidak hanya soal mengakses saja, memindahkan data dari ponsel ke flash drive pun tergolong cukup cepat. Pasalnya untuk berkas berukuran 2,8GB membutuhkan waktu hanya sekitar 20 detik saja untuk disalin.

SanDisk Ultra Dual Drive Go secara bawaan sudah menggunakan format exFAT yang mana berarti bisa langsung digunakan transfer data berukuran besar ke berbagai jenis perangkat, termasuk Windows maupun MacOS yang didukung.

Untuk semakin memudahkan dalam mengatur data yang tersimpan di dalamnya, SanDisk menyediakan aplikasi bernama SanDisk Memory Zone yang bisa diunduh langsung dari Google Play Store untuk ponsel Android.

SanDisk Dual Drive Go 256GB Memory Zone

Aplikasi ini dapat mendeteksi secara otomatis jenis berkas sehingga lebih praktis jika ingin menemukan berkas tertentu. Selain itu, tersedia juga fitur Backup untuk mencadangkan daya seluruh ponsel ke dalam flash drive.

Di samping fitur yang secara khusus untuk flash drive, aplikasi SanDisk Memory Zone juga memiliki fitur lainnya yang dapat membantu mengorganisir berkas hingga membersihkan ruang penyimpanan dengan menghapus berkas yang tidak dibutuhkan.

SanDisk Ultra Dual Drive Go secara keseluruhan merupakan evolusi flash drive di masa kini akibat kebutuhan penyimpanan yang semakin besar. Harganya pun tidak jauh berbeda dengan microSD sehingga bisa menjadi solusi alternatif sebagai penyimpanan tambahan ponsel untuk berkas berukuran besar.

Ukurannya yang sangat mini juga membuatnya sangat mudah untuk disimpan dan dibawa. SanDisk memberikan garansi selama 5 tahun yang bisa diklaim dengan syarat packing dan nota pembelian untuk kemudian ditukarkan dengan produk baru jika masih ada.

Tentang penulis

Fauzi Rasyad

Editor Gadgetren yang telah berkecimpung sebagai penulis seputar teknologi sejak tahun 2015. Dunia komputer hingga smartphone sudah cukup lama ia geluti karena memang tertarik melihat perkembangan teknologi yang semakin canggih dari tahun ke tahun.

Tinggalkan Komentar