ASUS TUF Gaming FX507
Tips dan Trik

Cara Menampilkan Persentase Baterai di Android dan iOS Agar Lebih Akurat

Cara Menampilkan Persentase Baterai Header

Gadgetren – Baterai merupakan salah satu komponen paling penting yang berada dalam smartphone atau HP karena dengan adanya energi dari baterai memungkinkan penggunanya dapat membuat smartphone secara portabel kemanapun dan kapanpun.

Untuk itulah, sangat penting untuk melakukan cas baterai dalam keadaan yang tepat. Biasanya smartphone akan menyarankan untuk mengisi daya baterai pada saat kondisi kritis 15% hingga 20%. Namun yang sangat dianjurkan adalah mengecas pada kondisi 25% ke atas.

Namun terkadang persentase baterai tidak terlihat pada menu status bar di bagian paling atas smartphone. Padahal dengan hadirnya persentase ini dapat membuat penggunanya tidak khawatir ketika sedang bepergian karena akan mengetahui waktu yang tepat untuk melakukan cas daya baterai.

Cara Menampilkan Persentase Baterai Android

  1. Pertama, pastikan smartphone Gadgeter dalam keadaan menyala
  2. Selanjutnya, Gadgeter masuk ke menu atau aplikasi Settings
  3. Pada halaman Settings, Gadgeter dapat memilih menu Notification & Status Bar
  4. Pada halaman Notification & Status Bar, Gadgeter dapat mengaktifkan Battery Percentage dengan slide tombol hingga berwarna hijau
  5. Nantinya persentase baterai akan secara otomatis muncul di status bar

Cara Menampilkan Persentase Baterai iOS

  1. Buka Settings atau Pengaturan
  2. Gulir ke bawah untuk menu Battery
  3. Dari pilihan menu yang ada, aktifkan Battery Percentage
  4. Atau kamu juga bisa mengaktifkan Low Power Mode untuk memunculkannya
  5. Fitur ini juga akan aktif otomatis saat baterai di bawah 20%

Bisa dibilang cara ini yang paling umum digunakan untuk menampilkan persentase baterai di smartphone. Selain caranya mudah, memang smartphone biasanya sudah memberikan fitur ini secara bawaan karena pastinya pengguna akan melihat persentase baterai untuk berjaga-jaga.

Apabila cara ini tidak bekerja dengan baik maka Gadgeter dapat mengunduh dan menginstal aplikasi manajemen baterai pihak ketiga. Biasanya aplikasi manajemen baterai tidak hanya menampilkan status persentase baterai saja, melainkan fitur untuk menghemat baterai atau mengecas daya baterai yang baik.

Biasanya fitur menghemat baterai ini akan memerintahkan pengguna smartphone dalam mematikan aplikasi yang berjalan di latar belakang, namun sedang tidak digunakan. Selain itu, aplikasi juga akan mengatakan beberapa hal yang tidak diperlukan agar baterai lebih hemat.

Sementara itu, fitur mengecas daya baterai akan memberitahukan cara mengecas terbaik untuk smartphone agar baterai tidak cepat jebol karena dengan cas daya baterai yang baik maka akan membuat baterai dapat bertahan lama.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar