ASUS Vivobook S 14 OLED S5406
Tips dan Trik Handphone

Ini Cara Lihat IMEI HP OPPO Untuk Cek Kedua Slot SIM

Gadgetren – Pada ponsel OPPO terdapat IMEI atau International Mobile Equipment Identity yang merupakan nomor internasional sebanyak 15 digit sebagai identitas dari setiap perangkat.

Apabila ponsel OPPO mempunyai dua slot kartu SIM, maka secara otomatis terdapat juga dua nomor IMEI. Dengan begitu Pemerintah Indonesia dapat menerapkan sistem blokir untuk ponsel-ponsel yang dibawa secara ilegal ke Indonesia.

Untuk mengetahui nomor IMEI dari ponsel OPPO yang kamu gunakan, ada beberapa metode yang bisa dipilih tergantung opsi yang tersedia.

1. Cek Dus dan Stiker Ponsel Jika Masih Ada

Bagian belakang dari dus ponsel OPPO yang dimiliki akan memperlihatkan IMEI untuk masing-masing slot kartu SIM jika tersedia dua slot. Selain IMEI, kamu juga dapat melihat serial nomor yang dimiliki oleh perangkat OPPO tersebut.

Selain di dus kemasan, nomor IMEI yang biasanya juga akan tersemat pada stiker yang ada di dalam dus maupun belakang ponsel jika masih tertempel. Nomor IMEI di dus dan stiker seharusnya sama jika keduanya masih bawaan pabrik.

2. Gunakan Kode

  • Buka aplikasi Phone.
  • Ketik Kode *#06#.
  • Selanjutnya, nomor IMEI akan ditampilkan.

Jika kamu sudah tidak memiliki lagi dus dari ponsel OPPO, kamu bisa coba memasukkan kode tersebut di aplikasi telepon yang mana seharusnya sama untuk berbagai ponsel Android.

3. Lihat dari About Device

Tidak hanya menggunakan kode melalui aplikasi Phone, kamu juga dapat melihat IMEI dari ponsel OPPO melalui halaman Status yang tersedia.

Kamu tinggal membuka aplikasi  Settings lalu mengunjungi menu About device. Nantinya pada bagian Status diperlihatkan nomor IMEI 1 dan IMEI 2 yang dimiliki ponsel.

Setelah berhasil mendapatkan nomor IMEI, kamu pun dapat memeriksa apakah ponsel OPPO tersebut bergaransi resmi Indonesia atau tidak melalui situs resmi Garansi OPPO.

Setelah memasukkan nomor IMEI pada kolom yang tersedia, kamu akan diperlihatkan halaman Pemeriksaan yang menampilkan waktu aktivasi dan tanggal kadaluwarsa garansi

Selain itu, halaman Hasil Pemeriksaan juga akan memperlihatkan IMEI atau Serial Nomor beserta warna dari ponsel OPPO terkait. Untuk Waktu aktivasi merupakan tanggal kapan ponsel OPPO tersebut diaktifkan sementara tanggal kadaluarsa memperlihatkan tangga masa garansi berakhir.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar