ASUS Vivobook S 14 OLED S5406
Review Aksesoris

Review SanDisk GamePlay – MicroSD Jagoan Untuk Ponsel dan Handheld Gaming

Review SanDisk GamePlay Header

Review SanDisk GamePlay
  • Rating
4.5

Kesimpulan

SanDisk Gameplay memiliki kecepatan Baca dan Tulis tinggi dapat menjamin game berjalan lancar sambil merekam konten gameplay di resolusi 4K UHD

Yang Disukai

  • Harga cukup bersaing
  • Rating V30 dan A2
  • Kecepatan Baca Tulis cukup tinggi

Yang Tidak Disukai

Gadgetren – Memastikan seluruh komponen dapat bekerja maksimal tanpa ada yang menghalangi satu sama lain menjadi hal yang penting diperhatikan jika ingin mendapatkan pengalaman bermain game terbaik.

Begitu juga untuk komponen penyimpanan yang mana SanDisk GamePlay bisa menjadi solusinya buat kamu yang gemar bermain game. Kartu microSD yang memang dikhususkan untuk kebutuhan gaming ini menawarkan kecepatan tinggi serta  kapasitas penyimpanan yang besar.

Dihargai mulai Rp265.000 pada Official Store SanDisk di e-commerce, SanDisk GamePlay bisa menjadi pilihan buat kamu yang ingin memastikan kinerja terbaik selalu didapatkan.

SanDisk GamePlay membawa tampilan yang berbeda dibandingkan microSD buatan SanDisk pada umumnya. Jika biasanya hanya memiliki tampilan gabungan dua warna monoton, SanDisk GamePlay tampak lebih trendi dengan logo seperti tangan tengah memegang perangkat handheld.

Terdapat tulisan rating V30 dan A2 pada bagian depannya yang mana sebagai tanda dari kemampuannya. V30 mengartikan bahwa kartu ini memiliki kecepatan yang mendukung perekaman resolusi 4K UHD dengan lancar.

SanDisk GamePlay 2

Sementara A2 menandakan bahwa SanDisk GamePlay mampu menghadirkan 4.000 Baca IOPS dan 2.000 Tulis IOPS. Namun tentunya angka tersebut hanya perkiraan dan bervariasi tergantung bagaimana kartu digunakan.

Dalam paket penjualannya sendiri, SanDisk GamePlay diklaim mampu menghadirkan kecepatan Baca hingga 190 MB/s dan Tulis hingga 130 MB/s. Lebih tinggi tentunya dibandingkan kartu microSD class 10 pada umumnya yang hanya mencapai 100 MB/s saja untuk Baca.

Antarmuka yang digunakan sendiri merupakan microSDXC UHS-I sehingga kamu perlu memastikan perangkat gaming atau ponsel sudah mendukungnya untuk mendapatkan kemampuan maksimal yang ditawarkan oleh SanDisk GamePlay.

Untuk SanDisk GamePlay yang digunakan pada ulasan ini merupakan varian 256GB. Ketika diuji secara langsung, SanDisk GamePlay memperlihatkan kecepatan Baca 178,6 MB/s dan Tulis 129,88 MB/s pada CrystalDiskMark 8. Pengujian tersebut memperlihatkan bahwa kecepatan yang diklaim oleh SanDisk cukup sesuai atau setidaknya mendekati.

SanDisk Gameplay Crystal Disk Mark

Melakukan perekaman gameplay bahkan dalam resolusi 4K UHD langsung ke microSD tentunya dapat dilakukan dengan mudah tanpa penghambat jalannya permainan. Membuka file ukuran besar seperti video pun tergolong cepat, termasuk ketika berpindah-pindah durasi.

Lalu bagaimana dengan performanya ketika digunakan bermain game? SanDisk GamePlay diuji untuk menyimpan game pada ponsel Android. Tentunya tidak semua aplikasi dan game kini bisa dipindahkan akibat kebijakan Android.

Namun untuk game-game populer yang punya ukuran besar seperti Mobile Legends, Genshin Impact, maupun Wuthering Waves untungnya dapat dipindahkan ke penyimpanan eksternal yang mana dalam hal ini merupakan SanDisk GamePlay.

Hasilnya, tidak ada perbedaan yang signifikan antara waktu pemuatan menggunakan penyimpanan internal maupun SanDisk GamePlay dengan rata-rata hanya 2-3 detik saja. Sementara waktu yang dibutuhkan untuk memindahkan game dari penyimpanan internal ke SanDisk GamePlay sekitar 35 detik hingga 130 detik tergantung ukuran game.

SanDisk GamePlay Grafis

Dengan begitu jadinya tidak perlu khawatir untuk memainkan game langsung dari SanDisk GamePlay karena sudah terbilang setara dan tidak akan terasa ada perubahan. Penyimpanan internal pun bisa lebih lega karena game-game berukuran besar kini tersimpan di SanDisk GamePlay.

Kecepatan tinggi yang dimiliki oleh SanDisk GamePlay tentunya membuatnya dapat digunakan tidak hanya pada ponsel pintar saja melainkan juga gaming handheld lainnya seperti Nintendo Switch, SteamDeck, maupun perangkat lainnya yang mendukung microSD.

Bahkan kinerjanya lebih tinggi dari SanDisk microSDXC for Nintendo Switch yang telah diulas sebelumnya sehingga tidak perlu diragukan lagi dalam hal kemampuan baca dan tulis karena sudah tergolong cepat.

Varian kapasitas yang ditawarkan untuk SanDisk GamePlay meliputi 128GB, 256GB, 512GB, dan 1TB sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan dana yang tersedia. Harganya sendiri mulai dari Rp265.000 untuk kapasitas terendah hingga mencapai Rp2.899.000 untuk kapasitas tertinggi.

Tentunya SanDisk GamePlay memiliki masa garansi seumur hidup yang mana memperlihatkan keyakinan SanDisk terhadap microSD ini dan memberikan sedikit rasa aman.

Tentang penulis

Fauzi Rasyad

Editor Gadgetren yang telah berkecimpung sebagai penulis seputar teknologi sejak tahun 2015. Dunia komputer hingga smartphone sudah cukup lama ia geluti karena memang tertarik melihat perkembangan teknologi yang semakin canggih dari tahun ke tahun.

Tinggalkan Komentar