ASUS Vivobook S 14 OLED S5406
Tips dan Trik Handphone

Cara Mematikan MSA Xiaomi Biar Iklan Hilang!

Cara Mematikan MSA di Xiaomi - Header

Gadgetren – Untuk menghilangkan berbagai tayangan iklan di ponsel buatan Xiaomi, kita salah satunya dapat menonaktifkan layanan bawaan mereka yang bernama MSA (MIUI System Ads).

Bagi kamu yang belum tahu, MSA merupakan layanan bawaan yang berperan penting dalam sistem manajemen iklan. Layanan inilah yang bertanggung jawab atas kemunculan iklan dan promosi di berbagai ponsel buatan Xiaomi.

Kita yang ingin membuat ponsel Xiaomi terbebas dari berbagai tayangan iklan makanya perlu mematikan layanan ini. Untuk melakukannya, kita kurang lebih hanya perlu mengikuti langkah-langkah sebagai berikut.

Cara Mematikan MSA Xiaomi

  • Masuk halaman Settings.
  • Buka bagian Fingerprints, face data, and screen lock atau Passwords and security tergantung versi antarmuka sistem yang digunakan.
  • Pilih menu pengaturan Authorization & revocation.
  • Matikan tombol sakelar di samping opsi MSA.
  • Ketuk tombol Revoke setelah aktif.

Sama seperti kebanyakan layanan bawaan ponsel Xiaomi, MSA tidak dapat dihapus dengan memakai fungsi dasar. Kita bahkan juga tidak dapat menemukan pengaturan untuk menonaktifkan layanan ini di menu pengelola aplikasi.

Oleh karena itu, kita dapat mencabut otorisasi untuk MSA sebagai alternatif untuk menonaktifkannya. Langkah tersebut setidaknya akan membuat layanan berhenti mengumpulkan data dan menghapus semua informasi yang berkaitan.

Dengan mencabut otorisasi MSA, layanan tidak akan berjalan sebagaimana mestinya. Iklan di ponsel buatan Xiaomi pun akan berkurang. Terutama berbagai tayangan yang biasanya muncul di aplikasi bawaan, pengaturan, maupun peramban.

Setelah setelan tersebut dinonaktifkan, rekomendasi yang umumnya muncul di dalam folder aplikasi juga akan ikut menghilang. Jadi nanti kita tidak perlu mematikan satu per satu opsi Today’s recommendation atau Promoted apps untuk setiap folder.

Sayangnya, kita kemungkinan memerlukan langkah-langkah yang sedikit berbeda untuk setiap model ponsel Xiaomi. Tampilan antarmuka perangkat mereka mulai dari penamaan hingga peletakan menunya sering berubah-ubah mengikuti pengembangan sistem.

Selain itu, mematikan MSA bukan satu-satunya hal yang bisa dilakukan untuk mengurangi tayangan iklan di ponsel Xiaomi. Kita juga masih perlu melakukan sejumlah hal seperti mencabut otorisasi layanan GetApps atau mengatur setelan rekomendasi pada setiap aplikasi.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar